MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengubah Kecepatan Refresh Monitor di Windows 10

JAN 19, 2021@12:30 WIB | 258 Views

Sebagian besar monitor hadir dengan kecepatan refresh 60Hz. Akan tetapi ada beberapa hadir dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi seperti 144Hz. Hanya saja kecepatan penyegaran ini tidak harus diperbaiki secara default.

Faktanya, jika mau, pengguna sebenarnya dapat menurunkan kecepatan refresh monitor atau menaikkannya. Adapun caranya sebagai berikut:

1 Klik menu Start

2 Pilih Pengaturan> Sistem> Tampilan> Pengaturan tampilan lanjutan

3 Di bawah Refresh rate, pilih rate yang diinginkan. Jika tidak melihat opsi ini, lanjutkan mengikuti langkah-langkah di bawah ini

4 Klik "Tampilkan properti adaptor"

5 Pilih tab Monitor dan di bawah "Screen refresh rate", pilih refresh rate yang diinginkan

Oleh sebab itu perlu diketahui bahwa sebenarnya para pengguna tidak dapat meningkatkan kecepatan refresh monitor melebihi kemampuannya. Misalnya, jika monitor yang ada membatasi pada 60Hz, jadi tidak dapat mengubahnya menjadi 90Hz, 120Hz, atau 144Hz. Pengguna hanya bisa lebih rendah. Artinya, pengguna dengan tampilan 60Hz akan memiliki lebih sedikit pilihan untuk dipilih, tetapi 60Hz sebenarnya sangat layak dan pengguna dapat menjalankan game, menonton film, mengedit foto atau video tanpa masalah apa pun.

Apa Itu Refresh Rate?

Apa itu refresh rate dan mengapa terkadang itu penting? Kecepatan refresh monitor biasanya diukur dalam hertz (Hz) dan pada dasarnya mengacu pada berapa kali layar monitor diperbarui dengan gambar baru setiap detik. Gambar "baru" ini bisa berupa apa saja, mulai dari yang biasa seperti kursor teks yang berkedip di layar, hingga film yang diputar di mana setiap detik ada adegan baru.

Kecepatan refresh juga membantu menentukan tampilan animasi yang mulus pada tampilan, jadi misal pengguna memiliki kecepatan refresh rendah dan ketika pengguna mengklik menu Start, mungkin benar-benar terihat melihat bingkai animasi berbeda muncul saat menu diluncurkan, versus a tingkat penyegaran tinggi di mana animasi tampil seperti mentega halus.

Apakah Refresh Rate Penting?

Mungkin kedengarannya memiliki kecepatan refresh yang tinggi itu penting, tetapi mungkin tidak selalu demikian. Memiliki kecepatan refresh yang tinggi berarti pengguna memiliki lebih banyak pilihan jika ingin menurunkannya. Pada saat yang sama, pengguna perlu memahami bahwa ada hubungan antara kecepatan penyegaran monitor dan kemampuan PC untuk menangani.

Misal jika pengguna memiliki build di bawah standar yang mampu menghasilkan 30fps pada waktu terbaik dan pengguna menghabiskan $ 1.000 untuk monitor 144Hz, maka tidak ada bedanya. Meskipun frekuensi gambar dan kecepatan refresh berbeda satu sama lain, keduanya masih terhubung. Sebaliknya, jika Anda memiliki PC gaming seharga $ 5.000 tetapi monitor yang memiliki kecepatan refresh maksimal 60Hz, Anda tidak akan dapat benar-benar menghargai kemampuan rig Anda.

Dalam hal ini, pengguna mungkin benar-benar mengalami masalah seperti layar robek, di mana frekuensi gambar melebihi kecepatan refresh monitor, yang mengakibatkan "robekan" pada visual film atau game.

Refresh Rate VS Framerates

Seperti yang disebutkan, tingkat penyegaran mengacu pada berapa kali layar diperbarui dengan informasi baru per detik. Framerates mengacu pada berapa banyak frame yang dapat ditampilkan per detik. Kedengarannya hampir sama, tetapi ada perbedaan.

Kecepatan penyegaran ditentukan oleh monitor, yang berarti ini sangat bergantung pada kemampuan komputer. Pengguna bisa saja memiliki PC yang sangat buruk tetapi kecepatan refresh monitor tetap tidak berubah.

Di sisi lain, Framerate ditentukan komponen komputer dan seberapa kuatnya itu. Memiliki PC yang lebih bertenaga, lebih banyak RAM, dan GPU kelas atas akan memungkinkan pengguna mencapai framerate yang sangat tinggi, terkadang bahkan lebih tinggi dari kecepatan refresh monitor. [asl/timBX]

Tags :

#
windows 10,
#
kecepatan refresh monitor,
#
tips komuputer,
#
refresh rate