MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengubah Browser Default di iPhone dan iPad

DEC 18, 2020@16:30 WIB | 264 Views

Kita semua memiliki browser yang ingin kita gunakan. Beberapa diantara kita ada yang lebih menyukai Google Chrome, tapi mungkin beberapa lebih suka Firefox, atau juga lebih menyukai Safari.

Sangat mudah untuk mengubah browser default (browser bawaan) yang ingin kita gunakan, tetapi jika menggunakan iPhone atau iPad, mungkin akan sedikit rumit, atau setidaknya perlu membaca petunjuk cara-caranya terlebih dulu.

Sebelum iOS 14, Apple tidak mengizinkan pengguna untuk mengubah browser default(browser bawaan) di perangkat mereka. Artinya, meskipun pengguna dapat mengunduh browser pihak ketiga seperti Chrome atau Firefox, aplikasi yang membuka tautan di browser secara otomatis akan menggunakan Safari sebagai default. Meski demikian, pengguna dapat memilih untuk membukanya di browser lain, tetapi itu adalah langkah tambahan yang tidak terlalu sepadan dengan waktu dan tenaga.

Kabar baiknya, sekarang Apple mengizinkan pengguna untuk mengubah browser default di iPhone dan iPad mereka, dan ini sangat mudah dilakukan.

Mengubah Browser Default

1) Luncurkan Pengaturan

2) Gulir ke bawah dan cari aplikasi browser yang ingin dijadikan default

3) Ketuk di atasnya

4) Ketuk pada aplikasi browser default

5) Ketuk browser pilihan

6) Ulangi langkah-langkah di atas jika ingin kembali ke Safari atau beralih ke browser lain

Sekarang setiap kali ingin membuka tautan yang dikirim dalam email atau aplikasi obrolan, itu akan terbuka di Chrome (jika menggunakan Chrome), atau browser bawaan jika aplikasi tersebut menggunakan browser bawaannya sendiri.

Tak seluwes Android, iOS masih sangat terbatas dalam hal aplikasi default yang dapat diatur. Saat ini pengguna hanya dapat memilih pengaturan browser default atau aplikasi email, tetapi ada kemungkinan bahwa Apple akan membukanya ke lebih banyak aplikasi. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
browser default iphone,
#
tips,
#
tips iphone,
#
tips ipad