MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Menghapus dan Memulihkan Pesan Teks Pada Android

APR 03, 2021@09:00 WIB | 531 Views

Menghapus pesan teks biasanya merupakan hal yang mudah, tetapi beberapa orang mungkin bingung dan tidak mengetahui berbagai cara untuk memilih dan menghapus pesan teks di perangkat Android. Panduan ini akan menunjukkan caranya.

Petunjuk berikut mencakup aplikasi Google Android Messages dan aplikasi stok yang sudah terpasang sebelumnya di ponsel Samsung. Terdapat juga cara menghapus pesan SMS di Facebook Messenger jika Anda menyetelnya sebagai Default.

Semua instruksi yang tercantum di bawah ini menunjukkan cara menghapus satu dan beberapa pesan. Namun, jika Anda tidak sengaja menghapus pesan yang salah, ada cara untuk mendapatkannya kembali.

Menghapus satu pesan teks

Android Messages

Ini berlaku untuk aplikasi Google Messages. Ikon tersebut memiliki garis dalam gelembung percakapan.

Langkah 1: tap untuk membuka pesan

Langkah 2: tap dan tahan pesan yang ingin Anda hapus. Tap x di pojok kiri atas jika Anda menandai pesan yang salah atau tap pesan untuk batal memilih

Langkah 3: tap ikon tempat sampah yang terletak di sudut kanan atas

Langkah 4: tap Delete pada pilihan yang muncul untuk mengonfirmasi

Samsung Messages

Ini berlaku untuk aplikasi Samsung’s stock Messages yang terpasang di ponsel. Ikon memiliki titik-titik dalam gelembung percakapan.

Langkah 1: tap untuk membuka pesan

Langkah 2: tap dan tahan pesan yang ingin Anda hapus. Tap lagi untuk membatalkan pilihan jika Anda menandai pesan yang salah

Langkah 3: tap Delete yang terletak di menu geser ikon tempat sampah di bagian bawah

Langkah 4: tap Delete pada pilihan yang muncul untuk mengonfirmasi

Facebook Messenger

Jika Anda menggunakan aplikasi Facebook sebagai klein SMS default, Anda dapat memisahkan pesan pribadi Anda dengan mengetuk tombol SMS di bilah pencarian aplikasi, sehingga hanya pesan SMS yang terlihat. Tap lagi untuk menambahkan pesan Facebook kembali ke daftar.

Langkah 1: tap untuk membuat Facebook Messenger

Langkah 2: tap dan tahan pesan yang ingin Anda hapus

Langkah 3: tap Delete pada pilihan yang muncul

Sayangnya, tidak ada cara untuk menghapus banyak pesan sekaligus dari dalam aplikasi Messenger.

Menghapus Banyak Pesan Sekaligus

Android Messages

Ini berlaku untuk aplikasi Google Messages. Ikon tersebut memiliki garis dalam gelembung percakapan.

Langkah 1: tap untuk membuka pesan

Langkah 2: tap dan tahan pesan yang ingin Anda hapus. Tanda centang akan muncul di sebelah kirinya

Langkah 3: tap semua pesan lain yang ingin Anda hapus

Langkah 4: tap ikon tempat sampah yang terletak di bagian atas untuk menghapus semuanya

Langkah 5: tap Delete pada pilihan yang muncul untuk mengonfirmasi

Samsung Messages

Ini berlaku untuk aplikasi Samsung’s stock Messages yang terpasang di ponsel. Ikon memiliki titik-titik dalam gelembung percakapan.

Langkah 1: tap untuk membuka pesan

Langkah 2: tap dan tahan pesan yang ingin Anda hapus. Tanda centang akan muncul pada baigan kiri

Langkah 3: tap semua pesan yang ingin dihapus

Langkah 4: tap Delete muncul di bagian bawah

Langkah 5: tap Delete pada pilihan yang muncul untuk mengonfirmasi

Memulihkan Pesan Teks

Jika Anda tidak sengaja menghapus teks dan perlu memulihkannya, segara alihkan perangkat Android ke airplane mode. Ini mencegah perubahan lebih lanjut data lokal, dimana ponsel Anda dapat menimpa teks yang dihapus dengan yang baru. Jika begitu, ada beberapa cara untuk mendapatkannya kembali.

Gunakan Google Drive

Salah satu cara untuk memulihkan pesan yang dihapus adalah dengan mengatur ulang ponsel ke factory default dan kemudian mengembalikannya dengan backup yang disimpan di Google Drive. Namun, Anda perlu memeriksa backup ini terlebih dahulu dan memastikan tidak disimpan setelah Anda menghapus teks. Jika disimpan setelah penghapusan, tidak ada alasan untuk melakukan cara ini.

Langkah 1: tap untuk membuka Google Drive

Langkah 2: tap ikon “awan” tiga baris yang terletak di sudut kiri atas

Langkah 3: tap Backup yang terdaftar di menu peluncuran

Langkah 4: tap Backup yang terdaftar pada This Device

Pada layar Anda akan melihat entri SMS. jika bertanggal sebelum Anda menghapus teks, maka Anda dapat menggunakannya untuk memulihkan teks yang dihapus. Namun, ini adalah opsi ekstrem, tetapi satu-satunya di luar yang menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

Gunakan Software Pihak Ketiga

Android Data Recovery ($50)

Salah satu alat yang lebih populer dalam memulihkan data dari ponsel Android, termasuk pesan teks. Tersedia untuk Windows 10 dan MacOS, perangkat lunak desktop ini akan memindai semua item yang dihapus dan menampilkan daftar data yang dapat Anda pilih untuk dipulihkan. Ia akan mengambil foto, video, dan pesan yang dihapus yang dikirim melalui WhatsApp.

Wondershare Dr.Fone ($70+)

Alat ini mendukung perangkat Android paling modern. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi pada perangkat berbasis MacOS dan Windows. Program in memungkinkan Anda segera mengambil pesan teks, gambar, video, dan informasi dari aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp dan lainnya. Selain itu, dapat membantu Anda mengumpulkan file yang hilang dari perangkat Anda, akibat kegagalan sistem, kesalahan rooting, dan situasi yang tidak menguntungkan lainnya.

FonePaw ($49+)

Perangkat lunak yang akan memungkinkan Anda memulihkan informasi dari mesin yang beroperasi pada versi terbaru Android ke Android lama. Ini kompatibel dengan semua merek paling populer dan juga akan membantu Anda memulihkan berbagai jenis data dari pesan teks dan kontak hingga gambar, media dan dokumen. Ia bahkan dapat mengambil data WhatsApp. Pemulihan terdiri dari penyimpanan internal, serta kartu SD dan kartu SIM.

SMS Backup & Restore (Free)

Untuk melindungi pesan teks Anda dan memastikan aman, Anda harus memiliki aplikasi untuk backup pesan Anda. Jika Anda membuat backup secara teratur, Anda salah satu orang yang beruntung. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan teks dan catatan panggilan. Ini berjalan pada perangkat Android versi 4.0.3 atau lebih tinggi dan mudah digunakan, memungkinkan Anda untuk membackup-nya ke Google Drive atau Dropbox. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
cara hapus pesan,
#
cara memulihkan pesan,
#
tips android,
#
tips ios