MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengetahui Kita Dimata-matai Ponsel Pintar Sendiri atau Tidak

APR 20, 2021@11:00 WIB | 163 Views

Virtual assistant yang hidup dalam ponsel pintar kita kemungkinan juga dapat mendengar apa yang kita bicarakan. Karena perlu berhati-hati dengan ponsel pintar yang menggunakan asisten virtual.

Sebuah studi oleh NordVPN menyebutkan ada peningkatan lima persen dalam jumlah aplikasi pemantauan yang dipasang pada perangkat pengguna tahun lalu. Namun, beberapa pengguna masih curiga ponsel pintar yang dimiliki memata-matai mereka meskipun mereka tidak memasang aplikasi pemantauan apa pun di perangkat.

Ini sebenarnya benar karena asisten virtual seperti Siri, Asisten Google, dan Alexa mendengarkan pengguna ponsel cerdas sepanjang waktu. Ini karena mereka perlu terus mendengarkan agar dapat mendengar perintah suara dan membantu pengguna.

Namun, beberapa hal yang dikatakan orang seputar ponsel cerdas mereka direkam untuk keuntungan perusahaan sendiri seperti meningkatkan kualitas layanan atau untuk tujuan pemasaran.

Daniel Markuson, Pakar privasi digital di NordVPN, menjelaskan bagaimana asisten virtual berfungsi dengan cara yang mirip dengan mesin pencari.

"Saat Anda meminta Asisten Google atau Siri untuk menemukan sesuatu, informasi ini digunakan untuk iklan online. Ini tidak berbeda dengan mengetik sesuatu ke Google Penelusuran. Jika Anda mencari dealer mobil di kota Anda, iklan terkait akan mulai mengejar Anda di seluruh internet. Di satu sisi, asisten virtual hanyalah mesin telusur lain." Kata Daniel Markuson dalam keterangan resminya seperti dilansir TechRadar.

Cara Menguji Ponsel Pintar Sedang Memata-matai

Menurut NordVPN, cara terbaik menguji untuk melihat apakah ponsel cerdas Anda membantu pemasar menargetkan Anda secara online adalah dengan memasang jebakan.

Untuk melakukannya, Anda harus memilih topik yang tidak dapat dikaitkan dengan kepribadian Anda dan melibatkan sesuatu yang biasanya tidak akan pernah Anda diskusikan. Dari sini Anda harus mengingat topik ini di kepala Anda dan menghindari penggunaan ponsel atau perangkat lain untuk mencari informasi tentangnya. Selanjutnya, Anda harus membuat daftar kata kunci yang dapat memicu mesin telusur dan berbicara lantang tentang topik tersebut oleh Anda sendiri atau dengan teman.

Sekarang jebakan telah ditetapkan, Anda akan segera dapat melihat apakah ada iklan baru yang mulai menargetkan Anda di media sosial atau di situs yang sering Anda kunjungi secara online.

Untuk menghindari pelacakan yang tidak diinginkan oleh ponsel cerdas dan asisten virtual, Markuson merekomendasikan agar pengguna meninjau izin aplikasi dan mematikan fitur perekaman audio perangkat. Sebagai langkah terakhir, dapat memasang VPN di ponsel pintar untuk lebih melindungi privasi online pengguna. [asl/timBX]

Tags :

#
virtual assistant,
#
asisten virtual,
#
tips android