MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengaktifkan Fitur Tulis Balas AI-powered Smart di Gmail

APR 09, 2019@13:25 WIB | 252 Views

Dalam rangka ulang tahun ke 15 Gmail, Google telah menambahkan banyak alat produktivitas dan pembelajaran mesin ke layanan emailnya. Penambahan yang terbaru pada minggu ini termasuk cara bagi Gmail untuk menulis baris subjek email dan menjadwalkan pengiriman email pada lain waktu. Dengan kata lain, fitur baru ini juga bisa menjadi alat penghemat waktu dalam menulis pesan saat bepergian bagi pengguna Gmail.

Sebelumnya, Google telah mendesain ulang tampilan Gmail yang diluncurkan tahun lalu untuk desktop dan awal tahun ini untuk perangkat seluler. Ini mungkin bisa agak membingungkan untuk menavigasi beberapa fitur Gmail yang lebih baru. Maka dari itu, dalam tutorial ini, kami akan fokus pada fitur baru Gmail, seperti Smart Reply dan Smart Compose, yang dirancang untuk membantu Anda menghemat waktu, terlebih saat sibuk dan bepergian. Berikut adalah cara untuk  mengotomatiskan respons Gmail dengan fitur Tulis Balas AI-powered Smart;

Untuk memungkinkan Gmail menghasilkan tanggapan dan teks email, Anda harus terlebih dahulu memilih dari menu Settings-nya (Pengaturan ). Bila Anda adalah pengguna Gmail biasa (bukan edisi  G Suite), maka inilah yang harus dilakukan:

Pada Desktop (PC/Laptop)

  • Klik pada ikon roda gigi di sisi kanan atas dan temukan halaman Settings (Pengaturan).
  • Gulir ke bawah ke Smart Reply dan Smart Compose, kemudian pilih Enable (Aktif) untuk salah satu atau keduanya untuk mengaktifkannya. Anda juga dapat memilih untuk memungkinkan pembelajaran mesin Gmail mempersonalisasikan saran-saran pesan berdasarkan cara Anda menulis email. Misalnya, jika Anda menyapa kolega Anda dengan kalimat "Hai, tim" versus "Halo, semuanya", itu akan otomatis ke jawaban atau tulis pesan yang paling sering Anda gunakan itu. Cukup simpel, bukan?

Fitur Smart Reply bekerja sedikit lebih cepat daripada Smart Compose. Alih-alih menyarankan kata atau frasa pendek untuk Anda, Gmail akan menawarkan tiga respons yang mungkin sesuai dengan email yang Anda terima. Misalnya, apabila Anda mendapat email yang mengingatkan Anda tentang janji temu, fitur Smart Reply ini mungkin menanggapi dengan kalimat-kalimat yang seperti, "Dikonfirmasi", "Terima kasih," atau "Saya tidak bisa datang".

Pada Perangkat Seluler ANDROID atau IOS

  • Ketuk ikon hamburger di sisi kiri atas untuk membukanya. Jika Anda memiliki beberapa akun Gmail yang dikaitkan dengan aplikasi, pilih satu yang ingin Anda alamatkan.
  • Gulir bawah ke arah Settings (Pengaturan), lalu ketuk kotak centang pada Smart Reply atau Smart Compose untuk mengaktifkannya (Smart Compose baru hanya ditawarkan di perangkat seluler Android saat ini).

Apabila Anda menggunakan G Suite, mungkin bisa memperhatikan bahwa opsi untuk beralih di Smart Compose yang tidak tersedia. Admin G Suite Anda harus mengaktifkan ini untuk organisasi, jadi hubungi orang yang bertanggung jawab bila Anda ingin menguji fitur ini di tempat kerja. Usai pengaturan dihidupkan, Gmail Anda akan diatur untuk menyarankan balasan dan membantu menyelesaikan kalimat secara otomatis berdasarkan kebiasaan gaya penulisan Anda  di Gmail.

Pelanggan baru untuk G Suite adalah kemampuan Smart Compose untuk juga menyarankan subjek email. Gmail baru mulai meluncurkan ini kepada pelanggan pada 4 April, dengan rilis yang lebih luas pada 23 April nanti. Untuk mulai menggunakan fitur ini segera, admin G Suite Anda harus mengizinkan pengguna untuk menerima pembaruan pada trek Rilis cepat untuk mencobanya.

Tags :

#
gmail,
#
google,
#
fitur tulis balas,
#
ai powered smart