MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mematikan Background Video Spotify

APR 11, 2019@12:16 WIB | 378 Views

Apakah Blackpals termasuk yang sering menggunakan aplikasi Spotify dalam mengisi keseharian santai atau sibuk di smartphone Blackpals? Bila ya, mungkin bahasan ini bisa sangat bermanfaat bagi Blackpals. Seperti yang telah diketahui bahwa dalam update terbaru, Spotify telah menambahkan fitur background atau latar belakang video animasi ke album tertentu pada aplikasi. Fitur ini disebut Canvas, dan menurut kami, fitur ini bisa mengacaukan layar ‘Now Playing’ dan membuatnya lebih sulit untuk bisa menemukan kontrol yang Blackpals butuhkan dengan cepat. Jadi, bisa disebut wajar bila Blackpals juga termasuk salah satu yang tidak menyukai fitur ini dan ingin mematikannya.

Pihak Spotify memang sudah menegaskan bahwa fitur background video ini telah "dioptimalkan untuk menggunakan data dan baterai hingga hanya berdampak sedikit sekali kepada dual hal itu”. Namun banyak pengguna aplikasi Spotify yang merasa hal itu cukup mengganggu, terlebih bila sang pengguna hanya ingin mendengarkan musik dari layanan Spotify. Dan aspek terburuknya adalah bahwa saat menggunakannya, mungkin saja secara tidak sengaja menyembunyikan kontrol pemutaran lagu sepenuhnya, dan Blackpals dibiarkan menatap animasi pengulangan pendek tanpa tahu bagaimana mengontrol musik yang sedang atau ingin Blackpals dengarkan dengan tenang. Video memang tidak muncul di samping untuk setiap album, tetapi ada cukup pada layanan untuk membuat keluhan di situs resmi Spotify.

Namun untungnya ada cara yang sangat mudah untuk mematikannya, yakni dengan menggunakan toggle di menu Settings (Pengaturan). Inilah cara mematikan Background Video Spotify:

PADA PERANGKAT IOS

Untuk aplikasi spotify di dalam perangkat yang berbasis IOS, berikut cara mematikan fitur Canvas-nya; 

  • Ketuklah ikon roda pengaturan (settings) di bagian kanan atas aplikasi Spotify untuk membuka menu Pengaturan
  • Lalu pilih “Playback” / “Putar Ulang”
  • Kemudian gulir ke bawah dan matikan (disable) sakelar di sebelah yang bertulis "Canvas"

PADA PERANGKAT ANDROID

Sementara untuk perangkat yang berbasis OS ANDROID, maka cara mematikan Background Video Spotify ini adalah sebagai berikut;

  • Ketuklah ikon roda pengaturan di bagian kanan atas aplikasi Spotify untuk membuka menu Pengaturan (settings)
  • Lalu gulir ke arah bawah dan matikan sakelar di sebelahnya yang bertulis "Canvas"

Di kedua sistem operasi, background video kini harus dinonaktifkan pada album apa pun yang mendukungnya. Blackpals akan dapat mengontrolnya seperti lagu lain di layanan, bebas dari antarmuka Spotify yang baru hingga bisa lebih menikmati agu-lagu favorit sambilo mata terpejam sekalipun. Selamat mencobanya.

Tags :

#
spotify,
#
tips