MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Memanfaatkan Google Foto

JAN 28, 2021@16:30 WIB | 204 Views

Google Foto adalah solusi penyimpanan foto paling populer. Tidak hanya terbatas pada pangsa pasar Android, tetapi Google Foto secara teknis adalah opsi yang paling nyaman dan mudah digunakan untuk sebagian besar pengguna.

Anda dapat dengan mudah menyinkronkan foto secara otomatis dengan penyimpanan tak terbatas dengan kualitas tinggi (hingga 1 Juni 2021). Tentu saja, ketika kebijakan baru Google berlaku, setiap foto atau video yang diunggah akan dihitung berdasarkan data gratis sebesar 15 GB. Jika melebihi itu, Anda perlu berlangganan paket Google One berdasarkan kebutuhan.

Kini, mari kita lihat beberapa tip, trik, dan cara menguasai Google Foto secara efisien. Berikut beberapa tip umum untuk membantu Google Foto dan beberapa trik untuk menguasainya.

1. Unggah Foto Anda Secara Otomatis

Sebagian besar dari Anda pasti sudah mengetahui opsi untuk mengunggah foto kamera ke Foto Google secara otomatis. Namun, jika Anda belum mengaktifkannya, berikut adalah cara melakukannya seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di atas:

- Luncurkan Foto Google

- Ketuk ikon profil

- Klik "Aktifkan cadangan"

Dalam kedua kasus tersebut, Anda dapat menuju ke pengaturan Foto Google dan kemudian klik "Cadangkan dan sinkronkan" untuk mengaktifkannya. Secara default, gambar kamera Anda dan yang Anda unduh harus disinkronkan. Namun, Anda dapat memilih folder tertentu untuk disinkronkan, sehingga tidak melewatkan media apa pun dari perangkat atau mengunggah hal-hal yang tidak perlu dicadangkan secara tidak perlu. Jangan khawatir, tips selanjutnya akan membantu Anda.

2. Pilih Folder Khusus untuk dicadangkan

Anda mungkin tidak membutuhkan semuanya untuk di-backup. Tetapi,jika ingin beberapa folder tertentu dicari dan foto-fotonya disinkronkan dengan Foto Google, Anda pasti bisa melakukannya. Begini caranya:

- Buka pengaturan Google Foto.

- Klik "Cadangkan dan sinkronkan"

- Gulir ke bawah dan cari "Cadangkan folder perangkat", ketuk di atasnya dan pilih folder yang ingin Anda sinkronkan.

3. Kosongkan ruang penyimpanan di Smartphone Anda

Setelah Anda menyinkronkan semua foto dan video penting ke Google Foto, Anda dapat menghapusnya dari perangkat untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Untuk melakukan itu, Anda hanya perlu mengetuk ikon profil (seperti yang disebutkan di tip pertama) dan kemudian klik opsi "Kosongkan X GB" di perangkat Anda.

4. Manfaatkan fungsionalitas pencarian yang canggih

Sangat mudah untuk mencari foto menggunakan fungsi pencarian. Misalnya, ketika ingin mencari gambar semua kucing, Anda hanya perlu mengetikkan "Kucing" dan itu hanya menyaring foto dengan Kucing di dalamnya.

Anda juga dapat mencari tempat, tanggal, informasi latar belakang, dan beberapa teks acak untuk mengejutkan diri Anda sendiri dengan foto lama yang tidak pernah Anda duga akan muncul. Jangan ragu untuk berkreasi dan menjelajahi apa yang sudah Anda miliki di Google Foto.

5. Telusuri foto menggunakan Wajah

Google terkenal dengan beberapa pekerjaan AI luar biasa yang membantu mengenali wajah untuk membantu Anda menelusuri. Dan, Anda dapat memanfaatkannya untuk menemukan apa yang Anda cari dengan mudah. Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di bawah, cukup menuju ke bilah "Pencarian", klik di atasnya, dan kemudian itu akan memberi Anda beberapa rekomendasi wajah untuk dilalui.

Anda juga dapat memperluas rekomendasi wajah menggunakan tombol panah di atas.

6. Pindahkan foto ke Arsip untuk mengatur barang-barang Anda dengan lebih baik

Anda dapat mengarsipkan beberapa foto yang Anda inginkan terpisah dari keseluruhan koleksi foto Anda. Perhatikan bahwa mengarsipkan tidak berarti menghapus. Anda cukup menyembunyikan foto dari tampilan foto, dan juga tidak akan digunakan untuk membuat tayangan slide.

Untuk melakukan itu, Anda hanya perlu memilih satu foto (atau beberapa), lalu dari opsi (tiga titik), klik "Pindah ke Arsip". Jika Anda menggunakan desktop, Anda cukup menekan Shift + A untuk mengarsipkan foto.

7. Edit Foto & Tangkapan Layar Anda

Dengan Google Foto di perangkat Anda, Anda mungkin tidak memerlukan editor foto lain. Ini menawarkan editor gratis tempat Anda dapat menerapkan filter, memotong foto, menyesuaikan saturasi, menambahkan anotasi, dan beberapa hal lainnya.

Jadi, Anda tidak perlu menginstal aplikasi lain hanya untuk pengeditan foto kecil. Meskipun Anda tidak menyinkronkan foto dengan Foto Google, Anda dapat dengan mudah menggunakan editor untuk membuat perubahan yang mengesankan.

Anda hanya perlu mengklik foto untuk melihatnya dan mengklik ikon edit (Edit) untuk memulai. Ini sama untuk ponsel dan desktop. Namun, saat Anda mengambil tangkapan layar di ponsel, Anda akan segera mendapatkan opsi untuk mengedit dari bilah notifikasi.

8. Jelajahi Utilitas Yang Ditawarkan

Tidak hanya terbatas pada penyimpanan dan pencarian, Anda juga dapat membuat film, kolase, animasi, dan menemukan opsi penting lainnya melalui Utilities di Google Photos. Seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di atas, Anda seharusnya dapat menemukannya di desktop dan seluler.

Di perangkat seluler, Anda perlu mengklik "Library" untuk menemukan opsi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Seperti yang Anda perhatikan di atas, sangat mudah untuk menguasai Foto Google dan menggunakannya secara maksimal. Sebagian besar pengguna yang tidak paham teknologi biasanya tidak mengetahui semua opsi penting dan dasar yang dapat membantu mereka menggunakan Foto Google jauh lebih efisien.

Semoga artikel ini membantu Anda memoles beberapa tip yang sudah Anda ketahui dan beberapa yang tidak Anda ketahui. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
google foto,
#
tips google foto,
#
tips