MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Melacak Laptop yang Hilang

DEC 07, 2020@19:00 WIB | 579 Views

Menjadi korban pencurian, termasuk laptop dapat menimbulkan konsekuensi yang berbahaya. Terdapat cara-cara tertentu untuk bisa melindungi laptop Anda dan mencegah pelanggaran keamanan jika Anda kehilangan perangkat ini. Selain melindungi perangkat Anda dengan kata sandi, kami merekomendasikan penggunaan salah satu alat pelacak bawaan yang ditawarkan oleh Windows dan Apple. Cara mengaktifkan fitur ini pun cepat dan mudah, serta memberi Anda cara yang andal untuk melacak laptop yang hilang atau dicuri.

Menemukan laptop Windows

Dengan Windows 10, Microsoft menyertakan kemampuan Temukan Perangkat Saya (Find My Device) untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi. Aktifkan fitur ini untuk membantu melacak laptop Anda saat hilang. Caranya:

- Buka menu Start Anda dan ketik Pengaturan (Settings), lalu pilih opsi Pengaturan yang muncul. Lalu cari bagian yang bertuliskan Perbarui & Keamanan, dan klik ini.

- Lihat ke menu sidebar dan temukan opsi yang bertuliskan Find My Device dan pilih. Cek dan lihat apakah hasil bertuliskan hidup atau mati. Jika tertulis mati, maka pilih tombol Ubah di bawah untuk menyalakannya.

-Buka halaman akun Microsoft dan masuk dengan informasi akun Anda. Saat Anda masuk ke akun Microsoft Anda, pilih bagian berlabel Perangkat (Device). Di halaman Perangkat, pilih perangkat yang ingin Anda temukan. Di halaman laptop Anda, pilih Temukan perangkat saya. Anda kemudian akan dibawa ke halaman di mana Microsoft akan memberi Anda lokasi peta untuk perangkat Anda di mana perangkat itu terakhir kali terdeteksi, dan saat terakhir kali terdeteksi. Di sisi kiri layar, jika Anda mengklik nama perangkat Anda, menu akan muncul yang mungkin menampilkan lebih banyak informasi tentang lokasi terakhir laptop yang diketahui serta dua opsi yang dapat Anda pilih: Temukan dan Kunci. Temukan akan memungkinkan Anda mencari lokasi laptop Anda saat ini, bukan hanya lokasi terakhir yang diketahui.

Menemukan laptop Mac

Di Mac, fitur pelacakan disebut Find My Mac, dan ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan lokasi laptop Anda di peta untuk pengambilan atau pelaporan. Berikut caranya:

-Buka pengaturan iCloud

Di Mac Anda, buka menu Anda dan pilih System Preferences. Di sini, buka ikon iCloud: Ini mungkin mengharuskan Anda untuk masuk dengan informasi akun Apple Anda jika Anda belum melakukannya.

-Klik Find My Mac

Tinjau fitur iCloud Anda dan cari opsi Find My Mac. Pastikan kotak centang dipilih untuk mengaktifkan fitur ini. Jika tidak, periksa, lalu pilih Izinkan saat iCloud menanyakan apakah Anda yakin.

-Buka iCloud.com

Sekarang setelah fitur dihidupkan, Anda dapat menemukan laptop Anda dengan masuk ke iCloud.com menggunakan akun Apple Anda. Setelah masuk (Anda mungkin harus memverifikasi bahwa Anda mempercayai perangkat yang sedang Anda gunakan), pilih Temukan iPhone saya untuk memulai.

-Temukan di peta

Anda sekarang dapat menemukan menu dari semua perangkat yang terkait dengan akun Anda. Pilih MacBook Anda dari daftar ini, dan iCloud akan menampilkan peta yang menunjukkan lokasinya. Anda dapat memilih agar Mac Anda berbunyi jika Anda ingin menemukannya, atau menampilkan pesan khusus di layar, atau Anda bahkan dapat mengunci Mac Anda dari jarak jauh dengan kata sandi untuk mencegah akses.

Aplikasi pelacakan dan perlindungan ekstra

Fungsi asli untuk Windows dan MacOS baik-baik saja jika Anda menginginkan cara cepat untuk melacak laptop Anda. Namun, mereka tidak menawarkan banyak fitur keamanan tambahan. Jika Anda menginginkan perlindungan yang ditingkatkan, maka kami merekomendasikan beberapa opsi yang dapat Anda gunakan, yakni PreyProject’s Prey dan Hidden.

Prey merupakan aplikasi yang sangat berguna di mana Anda dapat menambahkan beberapa perangkat yang disetujui untuk dilacak. Jika Anda kehilangan salah satunya, aplikasi akan melacaknya untuk Anda serta mengunci perangkat. Itu juga dapat mengambil data, dan dapat membunyikan alarm untuk membantu Anda menemukannya. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan Prey untuk sepenuhnya menghapus setiap dan semua data dari perangkat Anda — yang pada akhirnya akan menghemat privasi Anda jika orang lain mengambilnya. Dan aplikasi ini juga dapat membuat laporan bukti dengan informasi di lokasi perangkat. Laporan juga dapat menampilkan gambar yang diambil dari kamera perangkat, yang dapat digunakan polisi untuk membantu memulihkan barang-barang Anda. Ada beberapa tingkatan layanan dengan Prey, tetapi paket dasarnya gratis dan melacak hingga tiga perangkat.

Sedangkan Hidden merupakan aplikasi pelacakan tingkat atas lainnya yang eksklusif untuk perangkat MacOS dan iOS. Itu dapat melacak lokasi, mengambil gambar, mencatat penekanan tombol, merekam pesan yang diucapkan, mengaktifkan akses jarak jauh, dan banyak lagi. Ini juga memungkinkan Anda mengelola semua informasi di perangkat Anda dari jarak jauh, dan itu termasuk kemampuan untuk menghapus data sensitif. Anda dapat melacak hingga tiga perangkat Apple dengan paket Pribadi Hidden dengan harga bulanan $ 2,99, tetapi Anda juga memiliki opsi yang lebih murah yang hanya mencakup satu perangkat Apple dengan hanya $ 1,67 per bulan. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
cara melacak laptop hilang,
#
tips,
#
cara cari laptop hilang