MENU
icon label
image label
blacklogo

Begini Cara Mengendalikan Komputer Menggunakan Ponsel

SEP 03, 2018@19:00 WIB | 444 Views

(Mengendalikan komputer melalui ponsel bukan hal yang sulit dilakukan)

Tahukah Anda, meski komputer Anda sedang berada jauh dari jangkauan, Anda tetap bisa mengendalikan komputer tersebut menggunakan ponsel. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk melakukan hal ini. Salah satunya menggunakan ekstension di Google Chrome.

Ya, Google Chrome menyediakan banyak aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk mendukung kinerja Anda. Untuk dapat mengendalikan komputer dari jauh menggunakan ponsel, Anda mesti menggunakan Chrome Remote Desktop. Bagaimana caranya? Berikut kami hadirkan langkah untuk menggunakan Chrome Remote Desktop.

Unduh Chrome Remote Desktop di ponsel

(Download aplikasi Chrome Remote Desktop)

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunduh Chrome Remote Desktop pada ponsel Anda. Aplikasi ini dapat ditemukan di Google Play Store. Pengguna iOS pun dapat mengunduh aplikasi ini di App Store.

Unduh Ekstension Chrome Remote Desktop

(Pasang eketensi Chrome Remote Desktop di komputer Anda)

Untuk dapat menggunakan ekstensi ini, Anda mesti menggunakan Google Chrome pada komputer Anda. Segera menuju menu ekstensi melalui ikon tiga titik di sebelah kanan atas >> More tools >> Extensions. Anda akan masuk ke menu Extensions.

(Cara ini hanya berlaku di Google Chrome)

Selanjutnya, buka Chrome Web Store melalui ikon pada kiri atas menu Extension, selanjutnya klik Open Chrome Web Store yang terdapat di bagian paling bawah. Di Chrome Web Store, ketik Chrome Remote Desktop pada kolom pencarian. Jika sudah menemukan ekstensi yang dimaksud, segera tambahkan ke Chrome.

Ada kalanya Anda tidak menemukan ekstensi ini melalui kolom pencarian. Segera menuju Google Search, kemudian ketik Chrome Remote Desktop untuk langsung menuju link terkait. Tambahkan ke Chrome.

Lakukan pengaturan

(Aplikasi baru akan terpasang di Chrome Anda)

Selanjutnya, ketik chrome://apps pada address bar di Chrome. Anda akan mendapati Chrome Remote Desktop sudah terpasang pada browser Anda. Klik aplikasi tersebut.

(MAsukkan PIN untuk menjaga koneksi ponsel dengan komputer Anda)

Selanjutnya, klik Get Started pada kolom My Computers. Anda akan diminta untuk mengunduh dan meng-install sebuah file dari Google Chrome. Lakukan seluruh langkah yang muncul pada layar Anda. Selanjutnya, kembalilah ke Chrome Remote Desktop, kemudian klik Enable remote connections.

Anda akan diminta memasukkan PIN untuk mengamankan komputer Anda dari orang lain yang berusaha membobolnya. Masukkan PIN yang dapat Anda ingat. Ingat, hanya kombinasi angka saja yang dapat Anda masukkan.

Chrome Remote Desktop Anda sudah aktif. Selanjutnya, masuk ke aplikasi Chrome Remote Desktop yang terpasang pada ponsel Anda. Pastikan email yang Anda gunakan pada ponsel sama dengan yang Anda gunakan untuk mengaktifkan Chrome Remote Dekstop.

Selanjutnya Anda hanya perlu mengetuk nama komputer yang muncul dalam aplikasi pada ponsel Anda.

Komputer selalu offline

(Komputer selalu terlihat offline)

Ada satu kendala yang kerap dihadapi jika menggunakan aplikasi ini, yakni komputer Anda akan selalu terlihat offline meskipun Anda sudah mengaktifkan Chrome Remote Desktop di komputer Anda. Masalahnya terletak pada sistem power saving di komputer Anda.

(Ubah pengaturan idle komputer Anda)

Segera cari change power saving settings, kemudian buka menunya. Pilih salah satu setting yang hendak Anda ubah. Atur agar komputer Anda selalu menyala.

(Komputer sudah dapat Anda kendalikan dari jarak jauh)

Kemudian, masuk ke aplikasi di ponsel Anda. Ketuk nama komputer Anda, kemudian langsung kendalikan komputer dari jarak jauh menggunakan ponsel Anda.

Selamat mencoba! [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
android,
#
pc,
#
chrome,
#
google