MENU
icon label
image label
blacklogo

Begini Cara Memaksimalkan Fungsi Google Maps Offline

AUG 18, 2019@15:10 WIB | 300 Views

Berpergian ke negara baru bisa menakutkan, terutama jika Anda belum pernah ke sana sebelumnya. Tersesat di negara asing bisa lebih buruk, tapi untungnya dengan smartphone, navigasi ada di ujung jari kita.

Namun ktai tidak selalu memiliki internet yang tersedia ketika pergi ke luar negeri, yang berarti aplikasi seperti Google Maps tidak akan berfungsi dengan baik. Untungnya, Google mengetahui hal ini dan itulah sebabnya mereka membuat fitur Offline Maps. Ini adalah fitur di mana Anda dapat menyimpan lokasi untuk dilihat secara offline, sehingga ketika tidak memiliki internet, Anda masih memiliki beberapa bentuk navigasi yang tersedia.

Panduan ini akan membawa Anda melalui proses menyimpan peta untuk penggunaan offline dan cara mengelola dan mengaturnya untuk perjalanan Anda.

Pertama luncurkan Google Maps di ponsel cerdas Anda. Ketuk menu untuk menarik pilihan navigasi di sebelah kiri. Buka Offline Maps. Untuk mulai menyimpan peta untuk penggunaan offline, Anda dapat memilih Home atau Custom Map. Home pada dasarnya akan menyimpan area di sekitar rumah Anda, sementara Custom Map akan memungkinkan Anda memilih area tertentu untuk disimpan.

Anda dapat melakukan zoom in dan out selama proses untuk memastikan area yang dipilih. Setelah Anda puas dengan lokasi, ketuk Download dan peta Anda akan mulai mengunduh sehingga nanti Anda dapat mengaksesnya tanpa koneksi internet. Setelah unduhan selesai, Anda akan dapat melihat daftar peta yang disimpan secara offline.

Google Maps akan menyimpan peta offline Anda hingga 29 hari. Anda selalu dapat memilih untuk mengunduh ulang saat dibutuhkan, atau jika selesai, Anda dapat menghapusnya. Namun perlu juuga diingat bahwa ini akan sangat tergantung pada seberapa besar area yang ingin Anda unduh. Semakin besar area yang dipilih maka ukuran unduhannya pun bertambah. Pastikan sebelumnya Anda memiliki cukup ruang pada ponsel.

Anda juga dapat mengetuk ikon Gear di mana Anda akan memiliki opsi untuk memperbarui peta secara otomatis atau manual, serta memilih apakah ingin dapat mengunduh peta offline hanya menggunakan WiFi atau WiFi dan jaringan seluler.

Google Maps offline secara garis besar akan berfungsi sama seperti jika sedang online. Anda akan dapat menarik navigasi, petunjuk arah mengemudi, dan bahkan mencari lokasi. Namun, ada beberapa batasan. Misalnya petunjuk arah transit, berjalan, atau bersepeda tidak akan tersedia.

Selain itu jika mengemudi, Anda tidak akan dapat memperoleh informasi seperti kepadatan lalu lintas, rute alternatif, atau panduan jalur. Google juga memberi tahu bahwa peta offline mungkin tidak tersedia di beberapa wilayah, jadi Anda mungkin ingin memeriksa ulang sebelum melakukan perjalanan.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
google maps,
#
google maps offline,
#
google,
#
map