MENU
icon label
image label
blacklogo

Hati-Hati, Ini Tips Hentikan Pelacakan via Email

JUL 14, 2020@16:00 WIB | 316 Views

Pasti Anda pernah mendapatkan email pemasaran dari berbagai perusahaan yang memadati kotak masuk Anda. Tak sekedar mendorong pembelian produk, mereka juga melacak apakah Anda telah membuka email dan di mana posisi Anda saat membaca email tersebut.

Sebetulnya ada berbagai metode yang dapat digunakan untuk melacak email. Salah satu yang paling sederhana adalah tautan pengalihan. Misalnya Anda mengklik tautan dalam email promosi yang mengarah ke halaman untuk produk yang ingin Anda beli. Tautan telah dikodekan agar dapat dilacak sehingga itu akan membawa Anda pergi ke server lain, sebelum akhirnya tiba pada artikel yang dituju.

Tetapi meskipun cukup mudah untuk menemukan tautan pengalihan, ada metode lain yang dapat Anda lakukan, yakni dengan melacak pixel. Caranya adalah dengan menyematkan satu pixel pelacakan ke email. Ketika email dibuka, kode di dalam pixel mengirimkan info kembali ke server perusahaan.

Telah dilakukan beberapa upaya untuk membatasi jumlah informasi yang dapat dikirim dengan cara ini. Salah satunya adalah Google yang sejak tahun 2014 telah melayani semua gambar melalui server proxy sendiri. Ini dapat menyembunyikan lokasi Anda, setidaknya dari beberapa aplikasi pelacakan. Ekstensi seperti Ugly Mail dan PixelBlock juga telah dikembangkan untuk memblokir pelacak di Chrome dan Firefox. Selain itu, ada pula browser alternatif yang menekankan privasi seperti Brave dan Tor Browser.

Bila Anda merasa kebingungan dengan tautan pengalihan atau pelacakan pixel, ada cara lebih mudah yang dapat Anda lakukan. Itu adalah dengan menonaktifkan unduhan gambar otomatis di komputer dan ponsel pintar.

Untuk komputer, Anda hanya perlu mengklik ikon roda gigi di sudut kanan atas. Klik pada "Lihat semua pengaturan." Di tab "Umum", gulir ke bawah ke "Gambar." Pilih "Tanya sebelum menampilkan gambar eksternal." Kemudian gulir lagi ke bawah ke bagian bawah halaman dan klik "Simpan Perubahan." Perhatikan bahwa ini juga akan mematikan fitur email dinamis Gmail, yang membuat pesan email lebih interaktif.

Untuk menonaktifkan unduh gambar otomatis pada perangkat mobile, silakan buka aplikasi Gmail lalu pilih ikon tiga baris di sudut kiri atas. Gulir ke bawah dan pilih "Pengaturan”, kemudian pilih akun email yang ingin Anda perbaiki. Gulir ke bawah ke dan pilih "Gambar." Lalu pilih "Tanya sebelum menampilkan gambar eksternal (juga nonaktifkan email dinamis)."

Gambar memang kerap jadi tempat kode pelacakan bersembunyi. Dengan menonaktifkan unduhan gambar otomatis, setidaknya Anda dapat menekan pelacakan yang banyak server. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
email,
#
google,
#
pengaturan gmail,
#
black tips