MENU
icon label
image label
blacklogo

Ingin Lewati Liburan Dengan Aman dan Cepat? Intip 6 Trik Tersembunyi Google Maps Ini

NOV 16, 2020@10:30 WIB | 117 Views

Bepergian untuk liburan? Hemat waktu Anda dengan tips Google Maps yang dapat membantu Anda mencapai tujuan dengan aman, terlebih di masa pamdemi global dan musim hujan ini. Ya, kami akan memberi beberapa trik untuk membantu Anda dalam hal ini dan tentukan dengan memanfaatkan teknologi aplikasi Google Maps, berikut ini;

Gunakan Google Maps untuk melihat seberapa sibuk suatu tempat

Sebelum Anda memutuskan restoran atau toko yang ingin Anda kunjungi untuk berbelanja di saat-saat terakhir, gunakan fitur kesibukan Google Maps untuk melihat seberapa ramai bisnis itu. Fitur baru Google berguna untuk mencegah Anda pergi ke tempat sibuk yang sulit untuk mendapatkan jarak sosial. Cara mudah, yakni buka aplikasi Google Maps di Android atau iPhone (atau browser komputer Anda) dan bergerak di sekitar peta sampai Anda menemukan tujuan yang Anda inginkan. Informasi kesibukan akan otomatis muncul di peta, jadi Anda tidak perlu mencari tempat tertentu untuk melihat seberapa padatnya. Ini mungkin mengatakan sesuatu seperti "Tidak sibuk", "Lebih sibuk dari biasanya," atau "Sesibuk mungkin."

Lacak rencana perjalanan Anda di Google Maps

Selain dapat memetakan perjalanan, tetapi Google Maps juga dapat dengan cepat menunjukkan penerbangan liburan, hotel, persewaan mobil, dan reservasi restoran, sehingga Anda tidak perlu repot mencari waktu check-in dan nomor konfirmasi melalui email. Caranya: Google Maps > Saved > Reservations > pilih itemnya, termasuk tanggal dan lokasinya. Di sini Anda juga dapat mencari "my reservations" langsung di kotak pencarian Google Maps untuk melihat daftar apa yang telah Anda pesan.

Temukan tempat pengisian kendaraan listrik atau SPBU di perjalanan Anda

Jika Anda membawa kendaraan listrik keluar untuk berbelanja atau makan malam, Google Maps dapat membantu Anda menemukan stasiun pengisian listrik di rute Anda, bersama dengan perkiraan waktu tunggu untuk port pengisian daya. Anda juga dapat memfilter pencarian berdasarkan jenis konektor - seperti J1772, CCS (Combo 1 atau 2) dan Tesla - untuk melihat hanya stasiun yang kompatibel dengan EV Anda. Cara dengan mengetik "Stasiun pengisian daya EV" pada menu cari di Maps ( bisa digunakan juga untuk mencari pom bensin) . Anda juga dapat menggunakan trik ini untuk mencari tempat lain di sepanjang rute Anda, seperti kedai kopi.

Memesan meja langsung via Google Maps

Merencanakan dan menyiapkan makan malam liburan bisa menjadi tugas sehari-hari. Jika Anda lebih suka menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman daripada pisau tajam dan kompor panas, Google Maps dapat membantu Anda memesan reservasi makan siang atau makan malam. Di Maps, ketuk tombol Restoran di bagian atas peta untuk melihat daftar tempat makan. Lalu pilih restoran, pesan meja atau bergabung dengan daftar tunggu, jika itu memberi Anda pilihan itu (tidak semua begitu).

Gunakan Maps secara offline

Anda mungkin menuju tempat yang jauh di mana tidak memiliki koneksi jaringan seluler. Maka gunakan Google Maps sebagai petunjuk arah saat offline. Caranya, sebelum Anda keluar, di aplikasi Maps cari lokasi yang Anda inginkan untuk petunjuk arah. Lalu di jendela lokasi, ketuk nama atau alamat lokasi di bagian bawah. Untuk Android, ketuk Unduh lalu, di jendela berikutnya, ketuk Unduh lagi. Sedang untuk iOS, ketuk menu tiga titik di pojok kanan atas, ketuk Unduh Map offline, lalu ketuk Unduh. Maps akan mendownload peta ke ponsel Anda untuk area yang Anda pilih.

Sekarang, saat Anda menggunakan Google Maps untuk petunjuk arah di area tempat Anda mendownload peta, saat Anda kehilangan koneksi seluler, Maps akan beralih ke peta offline untuk memandu Anda. Karena Anda sedang offline, Maps tentu saja tidak dapat menawarkan info lalu lintas waktu nyata.

Bagikan lokasi Anda

Tips ini penting disaat Anda telah tersesat atau kehilangan anggota keluarga atau teman saat berjalan-jalan. Caranya :

- Di Maps, ketuk menu tiga baris di kiri atas dan ketuk Location sharing.

- Pilih dengan siapa Anda ingin berbagi lokasi dan berapa lama Anda ingin membagikannya.

- Ketuk Share, dan Peta akan mengirimkan lokasi Anda ke semua orang yang Anda pilih.

- Jika Anda ingin melihat lokasi orang lain, ketuk ikon orang itu di bagian atas jendela lalu ketuk Request.

Demikian 6 trik  tersembunyi Google Maps yang dapat membantu perjalanan liburan Anda. Semoga bermanfaat. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
trik tersembunyi google maps,
#
google maps,
#
tips google maps,
#
teknologi inovatif