MENU
icon label
image label
blacklogo

7 Hal yang Tidak Anda Ketahui Bisa Dilakukan di Google Chrome

MAY 12, 2021@09:00 WIB | 235 Views

Anda mungkin setiap hari membuka Google Chrome untuk menjelajah dunia media sosial, pekerjaan, email, dan banyak lagi. Meski sudah setiap hari menggunakannya, namun bisa saja ada hal menarik lainnya yang belum Anda ketahui dari browser beken ini. Apa saja hal menarik dari browser ini? Berikut penelusurannya.

Grup Tab dengan kontrol bawaan

Jika Anda sering membuka tab yang banyak sekaligus, maka Anda mungkin belum tahu bahwa browser ini memiliki fitur bawaan untuk membuat Grup Tab, serta beberapa kontrol tab manual yang ada di menu klik kanan pada bilah Tab Baru.

Grup Tab, memungkinkan Anda menyandingkan tab dengan warna dan nama tertentu, daripada memisahkan di bagian atas jendela browser. Grup Tab sangat berguna ketika Anda ingin memisahkan hal-hal yang mungkin Anda beli secara online, dengan pekerjaan, atau apa pun yang sedang Anda cari atau aktifkan.

Untuk membuat Grup Tab, caranya adalah klik kanan pada sekumpulan tab yang ingin Anda kelompokkan dan pilih Tambahkan tab ke grup baru. Anda juga dapat menamai grup tab dan memberinya warna. Anda dapat menutup dan menghapus grup kapan saja hanya dengan mengklik kanan grup.

Selain itu, Anda juga dapat mengelola tab secara manual dari menu klik kanan pada tab, dan Anda akan melihat akses untuk memindahkan tab ke jendela baru, menutup semua tab ke kiri atau kanan, atau bahkan membuka tab baru di sebelahnya.

Kirim laman web ke perangkat yang lain

Jika bukan membuat Grup Tab, apakah Anda ingin mengirim laman web yang sedang Anda lihat di PC ke perangkat lain yang Anda miliki? Maka Chrome mempermudah untuk melakukan ini. Jika Anda menggunakan aplikasi Chrome di iOS, Android, atau perangkat yang lain, dan masuk ke akun Google yang sama, maka Anda dapat mengirim laman di seluruh perangkat hanya dengan dua klik.

Caranya adalah klik kanan pada tab di bagian atas bilah tab di Google Chrome, pilih Kirim ke perangkat Anda. Kemudian tampak daftar perangkat Anda dengan Chrome terpasang, dan Anda dapat dengan cepat mengirimkan tautan dari sana. Pastikan, bahwa Chrome aktif di perangkat tempat Anda ingin membuka tautan.

Buka kembali jendela atau tab yang tidak sengaja tertutup

Pernahkah saat sedang mengerjakan sesuatu yang penting, lalu tanpa sengaja menutup tab atau jendela? Jangan khawatir, Chrome dapat membantu. Caranya adalah dengan mengklik kanan pada tombol tab baru dan pilih Buka kembali tab yang ditutup. Ini juga berfungsi untuk Buka kembali jendela yang ditutup. Dengan begini, Anda pun tak perlu membuka menu history.

Pindai kode QR untuk membuka situs web di ponsel

Jika Anda tidak menggunakan Chrome dengan akun Google, Anda masih dapat membuka situs web di ponsel, tanpa menggunakan Chrome atau bahkan akun Google. Caranya adalah dengan menggunakan kode QR. Meski hanya situs web tertentu yang mendukungnya, namun cara ini mungkin akan Anda butuhkan suatu hari nanti.

Cara menggunakan kode QR adalah, cukup klik pada ikon kode QR untuk memanggil kode QR khusus untuk berbagi. Setelah itu, gesek ke bawah pada layar beranda di iPhone Anda dan mencari Kode Pindai. Klik Pemindai Kode untuk membuka pembaca kode batang. Kemudian pindai kode yang Anda lihat di Chrome di desktop. IPhone akan secara otomatis membuka halaman web Chrome dari desktop Anda di browser web default pada iPhone Anda, dan tidak harus menggunakan Chrome!

Gunakan kontrol media terintegrasi

Jika Anda ingin memutar atau memberikan jeda lagu atau video, kini tak perlu membuka tab atau pemutar video itu sendiri, karena Chrome memiliki kontrol media di dalamnya.

Ketika Anda ingin mengontrol media yang sedang diputar dari tab aktif, atau tab lain, Anda dapat klik ikon musik kecil di samping ikon profil Anda di bilah atas di Google Chrome. Kemudian Anda akan melihat pemutar media, dengan tombol jeda, maju cepat, dan mundur.

Ubah mesin telusur default

Menambahkan mesin pencari lain seperti DuckDuckGo di Google Chrome, akan menghemat waktu. Tambahan situs web sebagai mesin telusur secara manual caranya adalah klik tiga titik yang menghadap ke bawah di samping ikon profil Anda, lalu memilih Pengaturan. Dari sana, pilih Mesin Telusur dari bilah sisi. Kemudian, klik Kelola Mesin Telusur> Tambah.

Transmisikan layar Anda

Kabel, adalah hal yang mungkin terpikir pertama kali ketika hendak menghubungkan laptop atau PC Anda ke layar kedua untuk menampilkan sesuatu. Namun, jika Anda memiliki Google Chromecast, dan kemudian menghubungkannya ke TV atau monitor, Anda dapat memancarkan secara nirkabel apa pun yang ada di tab Chrome atau desktop.

Untuk mentransmisikan di Chrome, Anda hanya perlu klik tiga titik yang menghadap ke bawah di samping ikon profil Anda lalu pilih Transmisi. Pastikan perangkat berkemampuan Chromecast Anda muncul, sehingga Anda dapat menggunakannya.  Selamat mencoba! [eli/asl/timBX]

Tags :

#
google chrome,
#
tips google chrome,
#
fitur google chrome