MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Trik Memotret di Tempat Gelap Menggunakan Kamera Smartphone

SEP 06, 2019@16:00 WIB | 464 Views

Memotret menggunakan kamera ponsel merupakan salah satu kebiasaan baru bagi kaum urban di zaman modern. Munculnya berbagai model ponsel pintar yang dilengkapi kamera super canggih di pasaran tentu membuat hobi memotret makin mudah disalurkan. Meski sudah cukup canggih, tidak semua orang bisa menghasilkan foto yang bagus saat memotret di tempat gelap. Bukan hanya soal kamera, kemampuan memotret juga memengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.

Lantas, bagaimana cara menghasilkan gambar terbaik saat memotret di tempat yang kurang cahaya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menggunakan Night Mode

Modus malam kini sudah ada di smartphone-smartphone keluaran terbaru. Jika smartphone Anda memiliki fitur ini, Anda bisa menggunakannya untuk memaksimalkan fotografi smartphone malam hari Anda. Cara kerja dari modus malam mirip dengan HDR, yakni memotret serangkaian gambar di tingkatan kecerahan yang berbeda. Beberapa foto ini lalu digabungkan sehingga mendapatkan foto yang cerahnya sempurna di setiap sudutnya.

2. Atur ISO secara manual

Kamu dapat mengatur ISO pada mode manual di kamera smartphone. ISO yang digunakan sebaiknya sekitar 800-6400 (tergantung tingkat cahaya yang ada). Namun, sama seperti flash, penggunaan ISO juga bisa menjadi hal buruk. ISO tinggi dapat membuat kualitas foto menjadi kurang baik, jadi harus tetap diukur sesuai tingkat cahaya yang ada di sekitar.

3. RAW

Saat ini, banyak sekali smartphone yang memberi file RAW alih-alih JPG untuk format fotonya. Gambar RAW sendiri merupakan gambar yang tidak dikompresi dan tidak diedit.

Hal ini membuat semua data yang ditangkap oleh sensor tidak dikonversi jadi gambar yang biasa kita dapat. File RAW kualitasnya tidak hilang, namun kita bisa edit sendiri. Kelemahannya, hanya ukurannya yang jauh lebih besar.

4. Pakai Fitur Flash

Fitur flash memang sangat berguna saat hendak memotret dalam keadaan gelap. Namun, tidak selamanya fitur tersebut membantu. Anda harus mengatur jarak objek saat memotret dengan flash. Jangan sampai objek yang dipotret terlalu dekat karena akan membuat hasilnya kurang jelas.

5. Pakai tripod

Saat memotret foto lalu bergoyang, bagaimana pun keadaannya, pasti tidak akan bagus. Goyangan sedikit saja pada saat memotret dalam kondisi gelap, sangat mempengaruhi hasil gambar. Pasalnya, kamera perlu waktu untuk menangkap gambar karena tingkat cahaya yang rendah. Untuk itu lebih baik menggunakan tripod. Selain tripod, kamu juga bisa memanfaatkan benda lain seperti meja, yang penting saat memotret tidak goyang. Kamu juga bisa pakai fitur timer untuk meminimalisir getaran saat kamu menekan tombol shutter.[ech/hsn/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
trik memotret,
#
memotret menggunakan kamera smartphone