MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Fitur Unik Windows 10 yang Tersembunyi

APR 26, 2019@18:50 WIB | 147 Views

Seperti yang sudah kita ketahui, sebagai OS Windows versi terbaru, Microsoft banyak menghadirkan fitur baru yang pastinya tidak boleh dilewatkan di Windows 10. Mereka bahkan menambahkan beberapa fitur yang tidak ditampilkan secara gamblang. Berikut 3 fitur tersembunyi Window 10 yang menarik untuk dicoba.

1. Tablet Mode

Jika Anda memiliki laptop dengan kemampuan touchscreen, fitur ini akan sangat berguna sekali. Mode ini, seperti namanya, memang dikhususkan untuk penggunaan Windows yang nyaman menggunakan tablet. Optimisasi kontrol terhadap touchscreen membuat Anda akan lebih mudah dalam menggunakan Windows 10.

Bagusnya, meski laptop tidak mendukung fitur touchscreen, Anda masih dapat mengaktifkannya untuk mendapatkan tampilan layar yang jauh lebih rapi dengan tampilan start screen ala Windows 8. Untuk mengaktifkannya Anda perlu melakukan beberapa langkah.

Pertama tekan ‘Windows + I’ untuk masuk ke halaman Setting. Di halaman Setting kemudian pilih System. Di menu sebelah kiri silahkan pilih Tablet Mode. Lalu ubah ke pengaturannya ke ON. Anda juga bisa menekan Action Center di sisi kanan bawah tempat biasanya terdapat notifikasi dari Windows. Dalam menu popup yang muncul, silahkan pilih Tablet Mode.

2. Battery Report Dengan Lebih Terperinci

Jika sering membawa laptop ke luar rumah maka biasanya Anda akan terus memperhatikan kapasitas terkini baterai laptop. Untuk memantau pemakaian baterai di Windows 10, terdapat satu fitur penting untuk melihat laporan penggunaan baterai secara lebih terperinci. Detail laporannya bahkan memberitahu kira-kira berapa lama lagi waktu yang Anda butuhkan untuk segera mengisi daya baterai laptop.

Jika ingin menggunakan fitur ini pertama Anda klik kanan di tombol Start dan pilih Command Prompt (Admin). Setelah terbuka, masukkan kode seperti di dalam kurung (powercfg /batteryreport /output “C:\battery_report.html”) dan tekan Enter. Kemudian klik file HTML yang diberikan untuk melihat laporan terperinci mengenai baterai laptop Anda. Fitur ini juga terdapat di Windows 7 dan Windows 8.1.

3. Rekam Aktivitas di Layar dengan Xbox Screen Recorder

Merekam aktivitas di layar monitor terkadang butuh untuk dilakukan, terutama bila Anda sedang membuat tutorial tertentu. Memang saat ini sudah banyak sekali software yang tersedia untuk membantu aktivitas ini. Namun bagi pengguna Windows 10, Anda tidak perlu menggunakan software pihak ketiga tambahan untuk merekam aktivitas di layar karena ini fitur yang terintegrasi secara default.

Cara menggunakan fitur tersembunyi ini gampang. Klik tombol Start, lalu cari aplikasi Xbox dan klik (Buka/Klik All Apps agar lebih mudah). Silahkan login terlebih dahulu. Anda akan masuk ke halaman profil, kemudian klik ikon gear untuk masuk ke halaman Setting. Di situ pilih tab Game DVR. Anda bisa memilih ON untuk Background Recording. Selain itu, di halaman tersebut Anda bisa mengubah lokasi penyimpanan hasil rekaman dan beberapa pengaturan lainnya yang bisa dikustomisasi sesuai keinginan.Di sana Anda juga akan melihat shortcut untuk beberapa akses. Atur seusai kebutuhan. Shortcut lainnya, tekan Windows + Alt + G untuk langsung merekam aktivitas layar.

Nah itulah 3 fitur tersembunyi Windows 10 yang menarik untuk digunakan. Meski terkesan fitur yang sederhanan, tapi jika digunakan dengan tepat bisa mempermudah dan mempercepat kerja Anda. Apalagi fitur-fitur di atas bisa menghemat kapasitas RAM Anda karena tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Selamat mencoba.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
windows 10,
#
windows,
#
os windows,
#
fitur woindows 10