MENU
icon label
image label
blacklogo

10 Tips Ampuh Menghilangkan Ketegangan Mata Pada Komputer (Part 2)

OCT 30, 2020@09:00 WIB | 102 Views

Mata adalah salah satu bagian tubuh kita yang harus kita jaga baik-baik untuk kebaikan kesehatan kita sendiri nantinya. Di masa pandemi ini, banyak dari kita yang lebih banyak menghabiskan waktu di depan perangkat komputer, tablet atau smartphone, entah itu untuk bekerja online atau belajar daring atau juga hanya sekedar mencari hiburan untuk menghabiskan waktu di rumah. Karena banyak mata kita banyak menatap layar komputer, maka kemungkinan besar mata kita akan bisa mengalami ketegangan yang tentunya itu bisa merusak kerusakan mata bila dibiarkan terus menerus. Pada artikel sebelumnya, kami sudah menjelaskan lima cara untuk menghilangkan ketegangan mata ini. Dan berikut ini 5 tips ampuh menghilangkan ketegangan mata pada komputer lanjutannya;

Jadwal Tidur

Selama tidur, mata Anda disegarkan dengan nutrisi dan air mata, membuat jadwal tidur yang teratur diperlukan untuk mata yang sehat dan bahagia. Kurang tidur, bagaimanapun, dapat menyebabkan pembuluh darah di mata kita membesar, menyebabkan iritasi dan mata lelah di siang hari. Jadwal kerja yang ditetapkan dan siklus tidur yang diatur dapat membantu Anda mengatur ulang mata di penghujung hari dan memastikan bahwa Anda mendapatkan istirahat yang cukup dalam semalam. Untuk bersantai di malam hari, cobalah untuk menghindari melihat layar, termasuk TV dan smartphone, karena cahaya biru dari layar digital telah dikaitkan dengan peningkatan aktivitas otak. Sebaliknya, cobalah membangun rutinitas malam hari yang mencakup tugas-tugas seperti memasak atau merapikan.

Settingan Perangkat Disesuaikan

Ketegangan mata digital pada komputer dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gambar dan font kecil serta lampu yang berkedip-kedip yang ditampilkan perangkat. Anda dapat mencoba penyesuaian sederhana (menyeting tepat), seperti meningkatkan piksel dan ukuran font pada komputer Anda atau meningkatkan desktop Anda ke layar LCD panel datar yang lebih besar, idealnya dengan ukuran diagonal 19 inci. Kebanyakan perangkat kini sudah memiliki beberapa perubahan mudah yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

Baca: 10 Tips Ampuh Menghilangkan Ketegangan Mata Pada Komputer (Part 1)

Posisi Layar

Posisi dan sudut layar dapat mengubah fokus mata Anda saat Anda melihat. Akibatnya, ketegangan mata dapat meningkat jika Anda menempatkan monitor pada sudut yang salah. Untuk penyiapan kerja yang ideal, coba posisikan layar Anda kira-kira sejauh satu lengan dari wajah Anda. Jaraknya setidaknya 20 inci tetapi tidak lebih dari 40 inci. Jika Anda dapat menyesuaikan tingginya, itu harus dipusatkan 4 atau 5 inci di bawah ketinggian mata, jadi Anda tidak perlu memiringkan kepala terlalu jauh ke atas atau ke bawah. Yang terakhir juga dapat meningkatkan ketegangan mata dan leher.

Pencahayaan yang Tepat

Bukan hanya pencahayaan layar Anda tetapi juga lingkungan kerja Anda yang dapat mempengaruhi kesehatan mata Anda. Salah satu faktornya adalah cahaya latar dan silau pada layar Anda, mengingat pantulan dapat membuat Anda menyipitkan mata, sehingga menyebabkan mata lelah dan sakit kepala bagian depan. Untuk menghindarinya, layar harus menghadap jauh dari jendela atau sumber cahaya alami. Jika hal ini tidak memungkinkan di tempat kerja Anda, Anda dapat mencoba menggunakan tirai atau tirai untuk memblokir cahaya langsung. Selain itu, suhu warna pada sebagian besar layar disetel ke cahaya biru, yang sering dikaitkan dengan ketegangan mata. Cahaya biru menggunakan panjang gelombang yang lebih pendek daripada cahaya merah atau oranye, yang berarti ia memancarkan energi yang lebih tinggi dan menyebabkan otot-otot mata Anda tegang. Anda dapat mengubah pengaturan ini dengan kebanyakan komputer dan smartphone dengan beralih ke mode malam. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih lensa pemblokir cahaya biru pada kacamata Anda untuk meredakan ketegangan mata.

Kesimpulan

Ketegangan mata pada komputer bisa menjadi tidak nyaman dan mengganggu. Namun, untungnya, Anda bisa mendapatkan kelegaan dengan mengikuti tip sederhana di atas tanpa perlu membeli peralatan mahal atau mengikuti aturan suplemen yang rumit. Jika Anda merasa ketegangan mata Anda tetap ada bahkan setelah mencoba semuanya, mungkin inilah saatnya untuk membuat janji dengan dokter mata Anda. Mereka akan dapat memeriksa mata Anda dan memeriksa masalah mendasar yang dapat diatasi oleh pembaruan resep atau obat tetes mata yang bisa di apotek terdekat. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips komputer,
#
tips