MENU
icon label
image label
blacklogo

Xbox Series X Mendarat, Intip Spesifikasinya

NOV 14, 2020@13:00 WIB | 146 Views

Xbox Series X resmi mendarat ke pasaran pada 10 November lalu. Microsoft Corp meluncurkan konsol ini sebagai senjata menggeser dominasi PlayStation 5, yang secara luas dipandang sebagai pemimpin bisnis konsol dengan basis penggemar yang lebih besar. Selain itu PS5 juga menghadirkan banyak judul game eksklusif yang tersedia saat peluncuran.

Meski demikian, perusahaan tak gentar melihat tingginya animo masyarakat terhadap konsol ciptaannya. Microsoft pun menyodorkan bukti tingginya pemesanan pre-order untuk Xbox Series X di berbagai negara. Perusahaan juga tak menampik bahwa mereka menghadapi beberapa masalah untuk memenuhi permintaan konsumen.

“Ada beberapa masalah rantai pasokan pada awal di kuartal I dan kuartal II karena pabrik China tutup akibat Covid-19, tetapi kini sudah beroperasi secara normal lagi,” kata Maurice Klaehne, analis dari perusahaan riset Counterpoint.

Dalam penglihatan pertama ketika Xbox Series X seberat 10 pon dikeluarkan dari kotak adalah, benda ini kokoh. Ini sejalan dengan predikat yang disematkan perusahaan bahwa Xbox Series X disebut sebagai konsol terkuat di dunia. Ya, konsol adalah satu unit, sesuai dengan kekuatan yang dijejalkan Microsoft ke dalam persegi panjang hitam matte. Desain tersebut mencerminkan prioritas Microsoft dengan mengembalikan fokus pada permainan.

Seri X sendiri adalah konsol dengan pembangkit tenaga listrik, dan kekuatan itu membawa Anda ke game lebih cepat dan lebih lancar. Arsitektur kecepatan secara signifikan mengurangi waktu muat, dan Quick Resume membuatnya cepat dan mudah untuk beralih antar game. Konsol ini juga mendukung hingga 120 frame per detik dengan kompatibilitas dan grafik yang ditingkatkan dari generasi Xbox sebelumnya.

Seri X hadir dengan CPU Zen 2 delapan inti, dan GPU RDNA 2 12-teraflop. Ini akan menjalankan resolusi 4K pada 60 frame per detik, dengan dukungan hingga 120 fps pada resolusi yang lebih rendah. Penyimpanan SSD sebesar SSD  terabyte, dengan slot eksternal untuk kartu ekspansi satu terabyte lagi. Untuk port, terdapat satu HDMI, dua USB Type-A, Ethernet, serta sudah memiliki drive Blu-ray.

Komponen tersebut telah menghasilkan grafik yang luar biasa dan sangat menyegarkan. Perintah juga berjalan cepat dengan kemampuan untuk beralih di antara game, dan mulai bermain langsung dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan. Xbox Series X juga dilengkapi dengan kompatibilitas mundur. Ini membuat konsol memberi Anda akses ke perpustakaan yang luas dari judul-judul permainan lama.

Layar utama Seri X memiliki baris game dan aplikasi yang paling baru diakses di bagian atas. Di bawahnya, ada baris berbeda untuk mengakses toko, Game Pass, dan aplikasi hiburan. Anda bisa membawa pulang Xbox Series X seharga $499 dolar AS atau sekitar Rp7 juta rupiah. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
xbox series x,
#
spesifikasi xbox series x,
#
microsoft corp,
#
playstation 5