MENU
icon label
image label
blacklogo

Whatsapp Perkenalkan Fitur Baru ‘Bisu Selamanya’

OCT 28, 2020@10:30 WIB | 146 Views

Sebagai aplikasi perpesanan populer di seluruh dunia, WhatsApp merupakan wadah yang sederhana dan cepat dalam berbagi informasi. Namun terkadang, ada saja kerabat atau grup yang kerap membagikan pesan yang tak perlu dan ujung-ujungnya malah mengganggu Anda. Di sini, WhatsApp memperkenalkan fitur baru, ‘bisu selamanya’.

Kedatangan fitur baru ini diumumkan langsung oleh pihak WhatsApp melalui akun twitter resmi mereka @WhatsApp. “Sekarang chat dapat dibisukan selamanya, tidak hanya untuk maksimum 1 tahun,” ujar keterangan tersebut.

Fitur bisu sebenarnya sudah ada sebelumnya dengan tiga pilihan waktu, mulai dari beberapa jam, seminggu, atau setahun. Namun, kabar baiknya adalah WhatsApp kini membuat perubahan pada cara kerja fitur bisu dengan kemampuan tidak terbatas.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup mengklik ikon tiga titik pada percakapan yang ingin dibisukan, selanjutnya pilih mute notification. Akan muncul tiga opsi, 8 jam, 1 minggu, dan ‘always’. Untuk membisukan pesan selamanya, maka ketuk pilihan terbawah ‘always’.

Sebelumnya kedatangan pilihan ‘selalu’, urutan ketiga diisi oleh pilihan bisu ‘1 tahun’. Anda harus ingat untuk menonaktifkan chat lagi setelah satu tahun berlalu, yang sebenarnya dianggap tidak terlalu sulit. Tetapi kedatangan perubahan baru ini tetap dihargai.

Akan tetapi bila dipikir kembali, apabila gangguan pesan datang dari perorangan, bukankah sudah ada fitur block? Begitu pula bila pesan penting datang dari grup, lantas mengapa pengguna tidak keluar saja dari grup tersebut?

Mengenai hal ini, Dosen Fakultas Psikologi UI, Rose Mini Agoes Salim, mengatakan bahwa seseorang memilih membisukan notifikasi karena adanya rasa tidak enak. “Ada kemungkinan tidak enak kalau dia left (keluar) dari grup. Takut nanti diomongin, disangka left karena apa. Ditambah lagi dia enggak tahu kalau dia diomongin karena sudah left,” jelas Romy seperti dilansir Kompas.

Tidak jelas mengapa WhatsApp tidak pernah memiliki opsi untuk menonaktifkan obrolan tanpa batas waktu, terutama ketika Anda menganggap bahwa aplikasi obrolan atau perpesanan lain telah memiliki fitur serupa. Meski dianggap lamban, tidak ada kata terlambat bagi WhatsApp untuk terus memperbarui aplikasinya.

Fitur bisu selamanya ini ada dalam versi terbaru aplikasi untuk pengguna Android. Anda sebaiknya memastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru 2.20.203 untuk memanfaatkannya. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu repot-repot membisukan notifikasi setiap tahunnya secara berulang. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
whatsapp,
#
fitur whatsapp,
#
fitur baru whatsapp,
#
teknologi inovatif