MENU
icon label
image label
blacklogo

Wajib Tahu, Ini Rangkuman Fitur Tersembunyi di WhatsApp

NOV 27, 2020@09:30 WIB | 230 Views

Mencari cara untuk memaksimalkan WhatsApp di ponsel Android atau iPhone Anda? Ya, akibat menggunakan fitur perpesanan apa adanya, dan merasa semua baik-baik saja, tak jarang rasa ingin tahu untuk menjelajahi aplikasi terabaikan. Padahal ada sejumlah fitur Whatsapp tersembunyi dibalik penggunaan sehari-hari.

Misalnya yang baru diperkenalkan adalah setelan baru yang secara otomatis akan menghapus pesan setelah seminggu. Ini fitur yang mirip Snapchat, tapi siapa bilang itu tidak diterima di aplikasi lain?

Anda bahkan dapat memformat teks yang Anda kirim dalam pesan, menambahkan beberapa flair ke percakapan teks yang membosankan. Atau mungkin sempat terlintas di benak Anda bagaimana cara menggunakan WhatsApp di komuputer? Untuk menjawab rasa ingin tahu Anda, berikut rangkuman tips tentang segala macam fitur dan trik tersembunyi di WhatsApp.

1. Format Teks

Fitur perpesanan WhatsApp memungkinkan Anda mencetak tebal, miring atau menambahkan coretan ke teks dengan cepat. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menambahkan beberapa karakter tertentu sebelum dan sesudah teks tersebut. Gunakan tanda bintang untuk bold, garis bawah untuk tulisan italic, dan tilde untuk coret.

2. Buat Pesan Menghilang

Kini, WhatsApp juga menawarkan fitur baru yang memungkinkan Anda mengaktifkan pesan yang hilang untuk percakapan tertentu. Bila ini diaktifkan, maka pesan Anda akan hilang dari obrolan setelah tujuh hari.

Ingatlah bahwa gambar apapun yang dikirim atau diterima akan secara otomatis masuk ke telepon. Jadi meskipun pesannya telah dihapus, fotonya masih tersimpan.

3. Memberi Bintang Pada Pesan Agar Mudah Ditemukan

Berilah bintang untuk menciptakan cara yang nyaman untuk kembali ke pesan yang  penting, nomor telepon, alamat atau tautan artikel yang dikirim teman pada Anda. Caranya adalah dengan menekan lama pada pesan lalu ketuk ikon Star. Ikon bintang ini akan ditempatkan di sebelah pesan sehingga Anda mudah mengidentifikasinya.

4. Ketahui Orang yang Sering Berinteraksi

Dari WhatsApp, buka pengaturan > penyimpanan dan data > kelola penyimpanan. Anda akan mengisi daftar kontrak, dalam urutan siapa yang paling banyak menggunakan penyimpanan di ponsel Anda. Ketuk setiap kontak untuk mengetahui statistik yang lebih detail, seperti jumlah pesan , gambar, dan GIF.

5. Lihat Detail Pesan

Pernahkah Anda bertanya jam berapakah pesan dikirim atau dibaca? Informasi ini bisa Anda dapatkan dengan menggeser kiri pada pesan yang Anda kirim untuk melihat statistik tersebut di iPhone. Sedangkan untuk Android, melihatnya dengan menekan lama pada pesan lalu ketuk tombol Menu > Info.

6. Membisukan Percakapan

Saat sedang menonton film atau sedang menghadiri pertemuan, aktifkanlah fitur bisu pada WhatsApp agar tidak mengganggu. Caranya mengaktifkannya adalah dengan menekan lama obrolan, lalu ketuk ikon speaker yang disilang di bagian atas layar. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
fitur tersembunyi whatsapp,
#
fitur whatsapp,
#
tekonologi inovatif