MENU
icon label
image label
blacklogo

Ulasan Laptop Gaming MSI GP66 Leopard

JAN 29, 2021@16:00 WIB | 717 Views

Jika Anda mencari perlengkapan gaming yang satu langkah di atas titik harga anggaran tetapi masih lebih terjangkau daripada PC paling mencolok di pasaran, maka carilah laptop lini MSI Leopard. Dengan harga mulai dari $ 1.599 ($ ​​1.899 saat diuji), 2021 GP66 Leopard mengambil chip kelas atas yang sama seperti GE66 Raider MSI dan Asus ROG Strix Scar 15 dan menempatkannya dalam sasis yang kurang menarik namun harga yang lebih terjangkau. Dengan prosesor Intel Core i7-10870H delapan-inti dan kartu grafis seluler RTX 3070 Nvidia yang baru - komponen yang bisa dijumpai di flagships game mewah.

Itulah argumen yang jelas untuk GP66. Jika Anda bersedia membuat beberapa kompromi (terutama terkait dengan sasis dan masa pakai baterai), Anda bisa mendapatkan kinerja game kelas atas dengan harga menengah. Terima kasih khususnya pada RTX 3070, ini adalah beberapa frekuensi gambar terbaik yang akan Anda temukan di bawah harga $ 2.000.

Seperti diketahui GP66 Leopard adalah perombakan dari GP65 Leopard 2019. Selain RTX 3070, MSI membuat setidaknya satu perubahan besar lainnya terutama desainnya. Perubahannya tidak kentara, tetapi menambahkan mesin yang terlihat sedikit lebih profesional dan sedikit kurang gamer-y.

Pertama, GP66 terlihat lebih tipis - tebalnya 0,92 inci, sedangkan pendahulunya setebal 1,08 inci. Ada juga desain engsel baru, yang menyisakan sedikit ruang antara layar dan dek keyboard dan dimaksudkan agar kulit kerang lebih mudah dibuka dengan satu tangan. MSI mengirim GP65 tiruan khusus untuk memverifikasi klaim ini, dan terkonfirmasi bahwa GP66 jauh lebih mudah untuk dibuka. Tutupnya, yang memiliki logo MSI merah pada GP65, semuanya hitam pada GP66, dan dua punggungan yang terangkat di tengah GP65 yang memberikan tampilan khas "gamer" pada laptop hilang.

Sayangnya, dek keyboard adalah tempat Leopard paling matang, dan MSI menghilangkan clicker diskrit kaku GP65 demi touchpad yang halus dan modern. Tombol keyboard, nampak kentara terbuat dari bahan plastik pada model terakhir, kini telah ditingkatkan ke desain yang lebih lebar yang lebih mirip dengan garis Razer Blade. Tombol khusus yang kikuk yang dimiliki GP65 untuk mengubah daya dan profil kipas juga hilang.

Itu tidak berarti ini adalah laptop dengan kualitas terbaik. Sasisnya terasa sedikit seperti plastik dibandingkan dengan banyak model yang lebih mahal, dan touchpadnya tidak semulus yang diharapkan.  Meski demikian, tampilannya lebih halus dan lebih ramping - Leopard tahun 2021.

Perubahan desain kedua adalah MSI memindahkan banyak port ke bagian belakang sasis. Ada satu USB Type-C 3.2 Gen 2 dengan DP1.4, satu HDMI 2.0, satu RJ45, dan satu port daya di belakang sana, selain USB 3.2 Type-A dan audio combo jack di sebelah kiri dan dua Type-A USB 3.2 di sebelah kanan. Itu berarti GP66 sebenarnya memiliki port yang lebih sedikit daripada pendahulunya, yang dapat muat dalam miniDP 1.4, jack audio input dan output terpisah, dan pembaca kartu SD (meskipun pembaca itu sangat lambat menurut pengulas). Di sisi lain, memiliki begitu banyak port yang berdesakan di sisi perangkat dapat membuat pengelolaan kabel menjadi usaha yang membuat frustrasi, jadi saya senang MSI dapat menyebarkannya. Secara khusus, memiliki port USB-A di kedua sisi sangat berguna.

Mari masuk ke hal kedua yang baru dengan mesin ini: RTX 3070. Kartu grafis ini diluncurkan pada keynote CES 2021 Nvidia dua minggu lalu, bersama dengan lini seluler RTX 3000 baru lainnya. Nvidia mengatakan chip tersebut akan memberikan kecepatan hingga 1,5 kali lebih cepat daripada sistem RTX 2070. Meski dalam pengujian, GP66 tidak menunjukkan tonjolan sebesar itu di setiap judul, tetapi tidak terlalu jauh.

Setiap perangkat pintar sekarang mengharuskan Anda untuk menyetujui serangkaian syarat dan ketentuan sebelum Anda dapat menggunakannya - kontrak yang tidak benar-benar dibaca oleh siapa pun. Tidak mungkin bagi kami untuk membaca dan menganalisis setiap perjanjian ini. Namun kami mulai menghitung dengan tepat berapa kali Anda harus menekan "setuju" untuk menggunakan perangkat saat kami meninjaunya, karena ini adalah perjanjian yang tidak dibaca kebanyakan orang dan pasti tidak dapat dinegosiasikan.

Untuk mulai menggunakan MSI GP66 Leopard, Anda harus menyetujui hal-hal berikut: permintaan untuk bahasa, wilayah, tata letak keyboard, dan perjanjian lisensi Windows 10 dan persyaratan penggunaan MSI akun Microsoft.

Selain itu, Anda boleh memilih hal-hal berikut ini, seperti Wifi, riwayat aktivitas, menyinkronkan ponsel Android, dan pencadangan OneDrive.

TL; DR adalah hampir semua game yang ingin dimainkan oleh para gamer. Semua game di sini diuji pada pengaturan setinggi mungkin, dan tidak ada yang memberi masalah pada RTX 3070. GP66 memiliki rata-rata 96fps pada Horizon Zero Dawn; gameplay tampak fantastis tanpa gagap untuk dilihat. Ini memiliki rata-rata 75fps pada Red Dead Redemption II yang sangat menuntut, dengan minimum 55fps pada tolok ukur bawaan game. Keduanya merupakan hasil yang jauh lebih baik daripada yang kami lihat dari produk unggulan MSI, GE66 Raider dan Asus 'ROG Strix Scar 15, keduanya menggunakan RTX 2070 Super, dan keduanya berharga beberapa ratus dolar lebih mahal untuk spesifikasi yang sebanding. Ini juga (tidak mengherankan) merupakan peningkatan dari GS66 Stealth kelas atas MSI yang dilengkapi dengan RTX 2070 Super Max-Q.

Penelusuran sinar juga bukan masalah: Leopard memasang 82fps pada Shadow of the Tomb Raider dengan fitur pada pengaturan Ultra-nya. Raider dan Strix memiliki rata-rata 70fps dan 67fps, masing-masing, pada judul tersebut.

Dengan judul esports, Anda dapat memanfaatkan layar 240Hz sepenuhnya. GP66 memaksimalkan Rocket League (yang mencapai 250fps) dan rata-rata 169fps di Overwatch (di mana Raider hanya rata-rata 124fps).

Leopard menggunakan sistem MSI "Cooler Boost 5", yang mencakup dua kipas dan enam pipa panas. Pendinginan baik secara keseluruhan; CPU tidak pernah melewati 88 derajat Celcius selama bermain game.

Sementara beberapa laptop gaming dapat berfungsi ganda sebagai driver untuk pekerjaan media, GP66 bukanlah pilihan yang tepat bagi para profesional kreatif karena layarnya maksimal 205 nits.

Dalam hal multitasking dan pekerjaan kantor biasa, tidak mengalami masalah kinerja apa pun dengan GP66.

Unit ini juga dilengkapi dengan Norton Antivirus, yang dapat menghabiskan daya, jadi pastikan untuk menghapus instalannya jika Anda menginginkan masa pakai yang paling lama.

Akhirnya, pada suara. GP66 mencakup dua speaker 2 watt. Seperti yang biasanya terjadi pada speaker laptop, nada treble jauh lebih kuat daripada rentang menengah, sedangkan bass dan perkusi lebih lembut.

GP66 juga dilengkapi dengan perangkat lunak kustomisasi Nahimic, yang memungkinkan Anda bertukar antara preset audio untuk Musik, Film, Komunikasi, dan Permainan, dan secara manual menyesuaikan pengaturan equalizer. Ada fitur "Surround Sound" yang dapat Anda nyalakan dan matikan (saya tidak melihat perbedaan yang besar), dan "Volume Stabilizer" yang membuat audio Anda tetap terdengar tanpa membangunkan orang. Anda juga dapat menyesuaikan mikrofon built-in untuk konferensi dan obrolan - ada sakelar untuk pembatalan gema, peredam bising statis, dan sejenisnya.

GP66 Leopard bukanlah laptop yang sempurna. Di antara tekstur plastik, touchpad rawan selip, layar redup, dan bloatware. Meski demikian, Leopard unggul dalam bidang yang paling penting: performa game. Tidak hanya itu meledakkan pesaing anggaran seperti Lenovo Legion 5i, tetapi berkat RTX 3070 yang baru, ini merupakan peningkatan yang signifikan dari laptop gaming mewah saat ini namun dengan harga rendah. Dengan chip baru yang bertenaga dan desain modern yang segar, GP66 Leopard adalah produk baru yang sangat baik untuk diluncurkan pada tahun 2021. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
ulasan laptop gaming msi gp66 leopard,
#
laptop gaming,
#
msi gp66 leopard