MENU
icon label
image label
blacklogo

Sony Xperia Pro-1 Tawarkan Sensor Kamera Pro dan Bukaan Ganda

OCT 31, 2021@15:30 WIB | 125 Views

Jika Anda terobsesi dengan ponsel kamera, maka bulan ini adalah bulan yang baik karena Sony mengeluarkan produk terbarunya.

Ponsel yang disebut Sony Xperia Pro-1 ini menawarkan kamera pro dan bukaan ganda. Secara sederhana, dengan ponsel ini Anda mendapatkan fungsi dari sensor kamera Sony RX100 VII dalam genggaman.

Sony tidak berhenti di situ dan menambahkan aperture ganda mekanis, lensa 50 milimeter baru, dukungan EyeAF untuk video, dan aplikasi baru bernama Video Pro. Harga untuk semua ini adalah $1.800 dolar AS, yang jika dikonversikan  sekitar Rp25 juta rupiah.

Baca juga: Sony Meluncurkan Wearable Speaker Unik yang Terlihat Seperti Bantal Leher

Selama bertahun-tahun, banyak dari kita mengharapkan ponsel dengan kamera yang benar-benar menakjubkan di sekitar sensor gambar besar. Pada tahun 2018, pembuat kamera bioskop Red memberikan harapan dengan ponsel Hydrogen One yang akhirnya memiliki sistem kamera Android tingkat menengah, yang dapat memotret foto dan video 3D.

Sekarang, apa yang dapat dilakukan Apple, Google, Huawei, dan Samsung dengan sensor gambar kecil dan fotografi komputasi benar-benar menakjubkan. Tetapi, tidakkah Anda bertanya-tanya “Bagaimana jika iPhone, alih-alih memiliki sensor gambar berukuran 0,6 inci diganti dengan sensor berukuran 1 inci?”  Di sinilah Sony memasuki percakapan dengan Xperia Pro-I, yang pada dasarnya adalah ponsel Sony Xperia 1 III dengan sensor dari kamera Sony RX100 VII.

Menakjubkannya, Sony mampu memasukkan sensor 1 inci ke dalam bodi ponsel yang kira-kira sama tebalnya dengan iPhone 13 Pro Max. Sensor yang lebih besar berarti rentang dinamis yang lebih luas dan peningkatan kinerja cahaya rendah untuk foto dan video. Namun ternyata, sensor gambar berukuran 1 inci itu mungkin belum bisa digunakan sepenuhnya.

Situs web tinjauan kamera DPReview menunjukkan bahwa hanya 60% dari sensor 1 inci Xperia Pro-I yang digunakan untuk foto dan video. Artinya, alih-alih mengambil foto 20 megapiksel seperti Sony RX100 VII, Xperia Pro-I mengambil foto 12 megapiksel. Hal ini tentu saja mengecewakan. Ponsel ini masih harus menjalani lebih banyak pengujian dan tinjauan mendalam hingga produksi akhir.

Baca juga: Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III Hadir dengan Lensa Telefoto Variabel

Sony bukan satu-satunya perusahaan yang memasang sensor 1 inci ke dalam ponsel. Namun sensor di Xperia Pro-I telah melalui tujuh peningkatan generasi, serta menggabungkan kemahiran alat dan aplikasi fotografi ponsel Sony lainnya.

Seperti Xperia 1 III, Xperia Pro-I memiliki aplikasi Sony Photo Pro dan Cinema Pro. Namun, Sony menginginkan opsi video yang lebih baik bagi mereka yang mencari sesuatu yang lebih canggih daripada dan tidak serumit  Cinema Pro. Dengan Xperia Pro-I, Sony meluncurkan aplikasi baru bernama Video Pro yang ditujukan untuk jurnalis, vlogger, dan sejenisnya.[yub/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
sony,
#
sony xperia,
#
sony xperia pro 1,
#
sensor kamera pro