MENU
icon label
image label
blacklogo

Samsung Galaxy S22 Akan Memiliki Grafik Ray Tracing

JUN 03, 2021@15:00 WIB | 126 Views

Sebenarnya belum terlalu banyak rumor mengenai Samsung Galaxy S22 yang akan dirilis tahun depan, tetapi beberapa waktu lalu ada berita resmi tentang fitur yang akan hadir di  Samsung Galaxy S22. Berita itu keluar dari gelaran Computex 2021, di mana CEO AMD, Dr Lisa Su, mengkonfirmasi bahwa perusahaan membawa teknologi grafisnya yang juga termasuk ray tracing ke generasi terbaru dari chipset Samsung Exynos.

Chipset Exynos itu hampir pasti akan terpasang di Samsung Galaxy S22, atau setidaknya di beberapa versi yang telah memakai chip Exynos buatan Samsung dan hanya dijual di beberapa wilayah. Wilayah lain, termasuk AS, kemungkinan akan mendapatkan Samsung Galaxy S22 dengan chipset Qualcomm Snapdragon.

Sangat mungkin bahwa chip mobile Snapdragon Qualcomm kelas atas generasi berikutnya juga akan memungkinkan teknologi ray tracing dan kemampuan shading tingkat variabel (yang juga diumumkan AMD), tetapi saat ini, hanya Exynos yang dikonfirmasi memiliki fitur grafis ini. Jika sampai Samsung Galaxy S22 dirilis belum ada ponsel merk lain yang memiliki teknologi ini,   maka Samsung Galaxy S22 akan menjadi ponsel pertama yang memiliki fitur teknologi ray tracing.

Prospek untuk membawa ray tracing (teknik rendering grafis untuk menghasilkan efek pencahayaan dan refleksi yang realistis, yang hanya mungkin dilakukan dengan kartu grafis terbaru dan terbaik) ke ponsel sangat besar. Ini juga menimbulkan pertanyaan tentang persaingan dalam dunia grafik.

Akankah chipset Snapdragon Qualcomm berikutnya mampu memberikan efek ray tracing?, dapatkah mobile game Android memberikan keunggulan dari iOS? Akankah silikon bionic A15 yang ada di iPhone 13 memiliki kemampuan yang sama, atau bahkan lebih?, atau akankah Apple mengambil jalan yang berbeda, dan sekarang akankah chipset desktop M1 yang tersedia di iPad Pro 2021 mendapatkan silikon komputasinya di ponsel dan meningkatkan kekuatan grafis?

Ada banyak hal yang belum diketahui, dan kita akan menunggu Samsung untuk mengumumkan lebih banyak detail pada akhir tahun ini, seperti yang dikatakan Dr Su dari AMD, menutup pengumuman yang cukup singkat tentang salah satu teknologi grafis paling mutakhir akan datang ke smartphone sesegera mungkin. [era/asl/timBX]

Tags :

#
samsung galaxy s22,
#
grafik ray tracing,
#
computex 2021,
#
teknologi inovatif