MENU
icon label
image label
blacklogo

Ramainya Pemain Meniru Game PS2 di Xbox Series S dan X

DEC 07, 2020@08:30 WIB | 414 Views

Penggemar game retro begitu antusias memamerkan performa dari banyak game lama di PS2 yang dimainkan di konsol Microsoft baru, Xbox Series S dan X. Pengembang dikabarkan telah memungkinkan untuk meniru game PS2 tersebut menggunakan emulator RetroArch. Ini adalah hal yang tidak dapat dilakukan oleh penerus PS2, yakni Playstation 5.

Berkat mode developer di konsol Xbox  Series S atau X, perangkat lunak emulasi dapat ditambahkan sebagai Universal Windows Application (UWA). Ini memungkinkan pengguna mengunduh versi eceran perangkat lunak emulasi langsung ke konsol mereka, tanpa penyelesaian yang rumit. Jadi pemain tidak perlu menunggu rilis ulang untuk memainkan game lama favorit mereka.

RetroArch dikabarkan mampu meniru beberapa konsol yang berbeda, tetapi kompatibilitas untuk menjalankan game PS2 menggunakan inti PCSX2 begitu menonjol. Hal ini disebabkan terbatasnya PlayStation 5 Sony dalam hal kompatibilitas mundur dibandingkan dengan Xbox.

Konsol baru hanya kompatibel secara native dengan game PS4, itupun dengan beberapa peringatan. Untuk saat ini, Sony hanya menawarkan opsi untuk memainkan game PS3 dan PS2 menggunakan layanan streaming ‘PS now’.

Perlu disebutkan bahwa Microsoft tidak secara resmi mendukung emulasi semacam ini dan dukungan PCSX2 masih dalam proses. Tetapi hasil awal dengan RetroArch sangat menarik, meskipun ada batasan yang diberlakukan oleh batasan pada ukuran file. Meski demikian, game PS2 berjalan di hampir kualitas yang sama seperti yang mereka lakukan di konsol aslinya.

Perlu diketahui bahwa proses untuk menambahkan RetroArch ke Xbox Anda menggunakan mode developer memang agak rumit. Jadi, Anda harus membayar biaya pendaftaran sebesar $19 dolar AS atau hampir Rp270 ribu rupiah, untuk menjadi bagian dari program Pengembang Microsoft.

Lalu unduhlah aplikasi ‘Dev Mode Application’ dari toko Xbox. Setelah aplikasi berhasil diunduh dan berjalan, maka Anda akan terhubung ke Xbox dari browser web menggunakan jaringan lokal Anda dan menambahkan file RetroArch UWA. RetroArch UWA ini memiliki batas ukuran file, yang dapat mencegah Anda menjalankan game yang lebih besar dari 2 GB.

Meski demikian, ini seolah terbayar dengan pengalaman Anda memainkan game retro yang tak didukung oleh perangkat generasi baru. Beberapa game populer yang dapat dimainka, termasuk Metal Gear Solid 2 : Sons of Liberty dan Ace Combat 2. Metode yang baru dan mudah ini dibuat oleh programmer ‘tunip3’, yang pertama kali dibahas oleh Ars Technica.

Dengan RetroArch di Xbox baru, sekarang ada bukti kuat bahwa meniru konsol lama ini dimungkinkan pada perangkat keras generasi berikutnya. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ps2,
#
xbox series s,
#
konsol microsoft baru,
#
game retro