MENU
icon label
image label
blacklogo

Mulanya Fiksi Ilmiah 20 Tahun Lalu, Kini Menjadi Kenyataan

MAY 03, 2021@18:00 WIB | 111 Views

Mungkin ini menjadi salah satu alasan kita bisa memulai bermimpi tanpa perlu takut tidak dapat mewujudkan. Buktinya sebuah fiksi yang terjadi setelah dua puluh tahun. Beberapa dekade yang lalu, anak-anak membaca buku Harry Potter, film Pixar sangat populer, dan Microsoft Xbox dan Sony PlayStation sedang berjuang untuk supremasi video game. Kedengarannya tidak jauh berbeda dari tahun 2021.

Namun teknologi telah berkembang pesat. Sama halnya teknologi saat ini tidak hanya jauh lebih canggih daripada 20 tahun yang lalu, meskipun banyak gadget yang kita anggap sebagai fiksi ilmiah telah menjadi bagian dari hidup kita. Heck, dalam beberapa kasus membuat teknologi telah ada di mana-mana sehingga kita bahkan tidak menganggapnya sebagai teknologi mutakhir.

Tujuh contoh utama dari bit teknologi yang dianggap sci-fi hanya 20 tahun yang lalu.

Mobil self-driving

Pada tahun 2004, ekonom yang dihormati Frank Levy dan Richard Murnane dari Massachusetts Institute of Technology dan Harvard, masing-masing, berpendapat dalam buku mereka The New Division of Labor bahwa mengemudikan kendaraan adalah tugas yang hanya dapat dilakukan oleh manusia. “… Pengemudi truk memproses aliran informasi [visual, aural, dan taktil] yang konstan dari lingkungannya,” tulis mereka, menunjukkan bahwa tidak ada mesin yang dapat mengimbangi. Lima tahun kemudian, Google memulai proyek mobil tanpa pengemudi.

Fakta bahwa Levy dan Murnane bukanlah penilaian yang memberatkan kedengarannya. Jika ada, itu adalah kesaksian betapa kuatnya A.I. teknologinya adalah membuat otonom mengemudi menjadi kemungkinan dunia nyata. Mobil dan truk tanpa pengemudi bukanlah bagian dari sistem jalan raya kita saat ini, dan mungkin membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk diluncurkan daripada yang diperkirakan beberapa orang, tetapi sekarang ini sangat jauh dari fiksi ilmiah.

Penerjemah universal

Senapan sinar orang yang berpikir, penerjemah universal adalah gadget berukuran saku yang terlihat di banyak film fiksi ilmiah. Saat ini, perangkat seperti earbud pintar dapat melakukan pekerjaan terjemahan berbasis ucapan secara real-time dengan cukup baik. Seseorang dapat mengarahkan ponsel kameranya ke teks yang ditulis dalam bahasa lain dan segera menerjemahkannya kembali.

Terjemahan mesin menjadi salah satu kemenangan menakjubkan dari kecerdasan buatan modern, yang menghasilkan A.I. mimpi pipa yang telah dieksplorasi selama setengah abad, tetapi baru muncul dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa demo terjemahan berbasis ucapan yang memukau bahkan menggunakan penggalan suara pembicara sendiri, disusun ulang untuk membentuk kata-kata baru, untuk membuat A.I. suara yang berbicara dalam bahasa yang menjadi dasar suara sebenarnya tidak berbicara. Luar biasa - jika mengejutkan - hal.

Iklan hasil personalisasi

Tidak seseksi yang lain di daftar ini. Tapi itu untuk menunjukkan bagaimana hal itu bisa terjadi di mana-mana. Dalam film Minority Report 2002, ada adegan di mana protagonis Tom Cruise John Anderton berjalan melewati papan reklame yang berteriak kepadanya, "John Anderton! Kita bisa menggunakan Guinness sekarang. ” Beberapa dekade kemudian, gagasan tentang iklan yang membahas kita secara pribadi, menggunakan nama kita dan ditargetkan berdasarkan suka dan tidak suka yang kita ungkapkan, adalah bagian hidup kita sehari-hari.

Pertanyaan tentang apakah ponsel benar-benar menguping dan menggunakan percakapan untuk memukul dengan iklan (mungkin) tetap menjadi teori konspirasi. Tetapi orang-orang seperti Google dan Facebook - salah satunya masih dalam tahap awal dan yang lainnya tidak ada saat Minority Report dirilis - telah naik ke status raksasa teknologi dengan mengumpulkan data pengguna dalam jumlah besar dan mengeluarkan iklan. Jangan lupa tentang baliho cerdas yang merespons pengguna di dunia nyata maupun di internet.

Layar sentuh di mana-mana

Layar sentuh dulunya adalah singkatan dari "Anda sedang menonton acara sci-fi atau film" seperti jumpsuit yang pas dan alien dengan dahi yang aneh. Sementara layar sentuh memang ada di dunia nyata maksudnya teknologi layar sentuh resistif pertama diperlihatkan pada tahun 1982, itu sama sekali tidak semulus mentega atau intuitif seperti yang disarankan oleh pembuat film.

Namun terjadi perubahan pada pertengahan 2000-an dengan teknologi seperti multitouch revolusioner iPhone, yang tidak hanya dapat mengenali satu sentuhan lembut berbasis jari, tetapi beberapa sentuhan sekaligus. 

Panggilan video

Tiba-tiba kami dibawa ke dunia gerakan layar sentuh, di mana sentuhan menjadi salah satu cara utama kami berinteraksi dengan perangkat. Perusahaan seperti Microsoft telah membuktikan kepercayaan besar pada interaksi berbasis sentuhan sehingga mereka telah membangun sistem operasi Windows mereka di sekitarnya - seperti yang terlihat oleh perangkat hibrida terobosan seperti Surface.

Asisten suara

Tema mode interaksi futuristik, gagasan tentang A.I. asistendapat berkomunikasi melalui suara menjadi bagian dari fiksi ilmiah setidaknya sejak HAL 9000 di 1968 klasik 2001: A Space Odyssey. Saat ini, asisten pintar yang dibuat oleh orang-orang seperti Amazon, Google, Apple, dan Microsoft ada di mana-mana. Mereka telah terbukti jauh lebih berguna, dan tidak begitu mematikan, daripada HAL 9000. Itu sama-sama menguntungkan. [dev/asl/timBX]

Tags :

#
mobil self-driving,
#
teknologi inovatif,
#
inovasi teknologi,
#
asisten suara