MENU
icon label
image label
blacklogo

Mulai Tradisi Baru, OS Terbaru Google Akan Bernama Android 10

AUG 23, 2019@18:05 WIB | 308 Views

Google telah secara resmi menamai versi OS Android berikutnya, yang akan dirilis pada musim gugur ini, dengan nama Android 10. Hal ini memecahkan 10 tahun sejarah penamaan yang mengambil nama makanan penutup. Perusahaan itu sebenarnya sudah menunjukkan tanda-tanda perubahan saat memberi nama kode sementara OS barunya itu dengan alfabet, yaitu Android Q.  Jika ini berlanjut maka cara kita mengukur perkembangan Android akan berubah juga. Tahun ini adalah Android 10, maka tahun depan adalah Android 11, dan seterusnya.

Di samping nama baru adalah logo yang diperbarui untuk Android, yang menurut Aude Gandon, Global Brand Director Android, memiliki wordmark lebih modern. Namun tetap akan selalu memasukan robot hijau kecil yang telah lama jadi ciri khas OS itu. “Robot itulah yang membuat Android istimewa. Itu menjadikannya tampak manusiawi, menyenangkan, dan mudah didekati,” kata Gandon.

Salah satu nilai jual utama Google untuk Android 10 adalah pendekatan baru untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi. Fitur privasi baru datang dalam bentuk kontrol lokasi lebih terperinci dan bagian privasi khusus di aplikasi pengaturan. Android 10 diklaim juga akan mendukung layar yang dapat dilipat, peluncuran aplikasi yang lebih cepat, dan navigasi gerakan penuh. Masih ada bentuk notifikasi Bubbles baru dan fitur Live Caption juga.

Sejumlah perusahaan telah bekerja dengan Google selama proses beta untuk menyiapkan perangkat mereka untuk pembaruan tersebut. Selain jajaran telepon Pixel Google, OnePlus (6 hingga 7 Pro), LG (G8), dan Huawei (Mate 20 Pro) adalah di antara banyak perusahaan dengan perangkat yang telah disertifikasi untuk program 10 beta.

Sementara itu meskipun garis waktu dari Google belum diberikan, Nokia berencana untuk memperbarui telepon Nokia 7.1, 8.1, dan 9 PureView miliknya pada kuartal ke empat tahun 2019. Perusahaan tersebut berencana untuk memperbarui 14 telepon tambahan ke Android 10 antara kuartal ke empat tahun 2019 dan kuartal ke dua tahun 2020.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
google,
#
android,
#
android 10