MENU
icon label
image label
blacklogo

Modem Terbaru dari Qualcomm

FEB 19, 2020@16:30 WIB | 239 Views

Qualcomm, sebuah produsen teknologi terkemuka, secara resmi meluncurkan modem 5G generasi ketiga mereka, yaitu Snapdragon X60. Ini adalah modem 5G yang pertama dengan ukuran 5nm dan memungkinkan untuk mendapatkan kecepatan unduh hingga 7,5 Gbps dan kecepatan unggah mencapai 3Gbps. Modem terbaru ini juga mendukung konektivitas 5G versi mmWave dan Sub-6. Seperti X55 sebelumnya, X60 ini bekerja pada jaringan TDD dan FDD untuk dukungan 5G yang benar-benar global dan stabil. Selain itu, ia juga mendukung 4G LTE serta legacy 3G dan 2G.

Keuntungan terbesar dari modem terbaru dari Qualcomm ini adalah ukurannya. Pada ukuran 5nm, ini adalah kedua kalinya kami melihat pembuat chip menurunkan di bawah tanda 7nm. Selain itu juga ada beberapa keunggulan yang disematkan oleh pihak Qualcomm yaitu dynamic spectrum sharing (DSS) yang tentunya akan memungkinkan operator untuk menggunakan kembali koneksi LTE untuk mendapatkan kecepatan jaringan yang lebih tinggi, stabil dan juga mempercepat penyebaran sinyal 5G.

Radio Voice over new (VoNR) adalah fitur terbaru lainnya yang diberikan pihak Qualcomm untuk menghadirkan layanan suara berkualitas tinggi dan mandiri di atas 5G. Chip baru ini juga dilengkapi dengan modul QTM535 mmWave yang diperbarui yang sekarang menawarkan jejak yang lebih kecil yang memungkinkan profil ponsel lebih ramping.

Kemudian modem ini juga hadir dengan modul antena QTM535 terbaru yang memiliki ukuran lebih kecil dan cocok digunakan untuk smartphone tipis saat ini.

Pihak Qualcomm juga menuliskan informasi di situs web resmi mereka yang memperjelas informasi ini, “Snapdragon X60 adalah sistem 5G modem-RF pertama di dunia berdasarkan simpul proses 5 nanometer terkemuka sehingga Anda dapat menikmati aplikasi 5G yang sangat cepat dengan dukungan untuk masa pakai baterai. Sistem RF-modem yang terintegrasi dan cerdas di bawah kapnya memiliki gudang teknologi canggih yang dirancang untuk menghadirkan kecepatan data, latensi, jangkauan, dan masa pakai baterai yang canggih.” Dan “Sistem Modem-RF Snapdragon X60 5G dirancang untuk mencapai kecepatan 5G yang sangat cepat dengan dukungan luas untuk mmWave dan agregasi spektrum sub-6 serta rangkaian teknologi modem-RF canggih yang secara dinamis mengoptimalkan transmisi dan penerimaan jalur untuk mencapai cutting-edge real- throughput dan latensi dunia yang lebih konsisten dan handal.”

Rencananya modem Snapdragon X60 5G ini segera muncul di beberapa jenis smartphone flagship pada awal tahun 2021 mendatang. Walaupun begitu, itu masih cukup lama untuk melihat modem kecil ini di pasaran.[Sht/Hsn/timBX]

Tags :

#
modem,
#
qualcomm,
#
snapdragon x60,
#
modem 5g