MENU
icon label
image label
blacklogo

Qualcomm Dan Apple Perkuat Kerjasama Modem 5G

SEP 12, 2023@15:00 WIB | 331 Views

Dua perusahaan teknologi besar, Qualcomm dan Apple kembali memperkuat kerjasamanya. Terbaru, Apple kembali mempercayakan penggunaan modem 5G pada produk terbaru smartphone iPhone mereka hingga tahun 2026 mendatang.

Melansir gsmarena, Selasa (12/9/2023), disebutkan penggunaan modem 5G buatan Qualcomm ini sambil menunggu modem 5G buatan Apple sendiri. Kabarnya modem 5G produksi Apple ini sedang dalam tahap pengembangan dan kemungkinan baru bisa digunakan setelah 2026 mendatang.

Disebutkan bahwa Apple masih menjadi salah satu mitra terbesar Qualcomm. Bahkan Apple menjadi salah satu penyumbang pendapatan mereka hampir seperempat dari total keuntungan keseluruhan mereka. 

Dalam pembuatan modem 5G ini, Qualcomm memang masih mengandalkan pengembangan yang dilakukan oleh Cupertino. Meskipun begitu, ternyata ada masalah berkaitan dengan masalah hukum atas paten yang dimiliki Qualcomm dan akan habis masa berlakunya di tahun 2029 dan 2030.

Berlanjutnya kerjasama modem 5G antara Qualcomm dan Apple ini diharapkan bakal memiliki efek pada pembuatan modem 5G mandiri buatan Apple. Kabarnya, modem 5G buatan Apple ini juga bakal banyak mengambil basis dari modem 5G buatan Qualcomm tersebut.

Lalu modem 5G buatan Apple nantinya akan tersambung dengan chipset seri A buatan Apple. Nantinya setelah digabungkan, gabungan chipset dan modem 5G ini diklaim memiliki keunggulan soal baterai yang lebih hemat dan kinerja performa yang lebih baik. [edo/timBX]

Tags :

#
qualcomm,
#
apple,
#
smartaphone,
#
modem,
#
5g,
#
iphone

X