MENU
icon label
image label
blacklogo

MacBook M1 Datang Tanpa Dukungan eGPU

NOV 18, 2020@09:00 WIB | 89 Views

Dengan chipset M1 baru di MacBook Air dan MacBook Pro produksi baru Apple, pabrikan mengklaim bahwa mereka akan menggunakan GPU 8-core di dalamnya. Ini akan memberikan peningkatan kinerja 5 kali lipat dibandingkan dengan pendahulunya yang berbasis Intel, tetapi seberapa baik mereka akan benar-benar tampil di dunia nyata masih harus dilihat.

Akankah M1 cukup kuat untuk mengalahkan GPU khusus dari orang-orang seperti NVIDIA dan AMD? Kekuatiran ini pasti dimiliki oleh beberapa gamer dan profesional, dan ini adalah situasi di mana Anda harus memilih mengambil atau membiarkannya. Ini karena menurut AppleInsider, mereka telah mengonfirmasi bahwa laptop M1 baru tidak akan mendukung eGPU.

Bagi yang tidak terbiasa, eGPU pada dasarnya adalah GPU eksternal. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memasang penutup GPU eksternal ke laptop mereka jika membutuhkan dorongan ekstra dalam pemrosesan grafis. Baik itu dalam bermain game atau melakukan pekerjaan intensif grafis, eGPU selalu berguna saat terhubung melalui Thunderbolt.

Ini merupakan alternatif untuk memilih laptop kelas atas  yang dilengkapi dengan GPU terpisah sendiri. Ini juga memiliki keuntungan tambahan dalam mendukung GPU kelas desktop yang cenderung lebih bertenaga daripada varian seluler. Dan MacBook M1 tidak mendukung solusi tersebut, meskipun memiliki port Thunderbolt.

Apakah Anda memesan M1 MacBook Air, M1 MacBook Pro ata M1 Mac mini, maka jangan heran bila semuanya tidak lagi mendapat dukungan eGPU dari pihak ketiga. Lantas, bagaimana jika pengguna berniat mendapatkan peningkatan kinerja grafis? Jawabannya secara tidak langsung tersirat dari klaim Apple yang menyebut bahwa chip 5nm M1 menawarkan solusi grafis terintegrasi tercepat di dunia. Meskipun menarik untuk didengar, hal yang lebih diperhatikan oleh pengguna ahli adalah melihat adanya GPU khusus.

Selain itu, Apple juga dilaporkan masih mengembangkan chip A14T kelas desktop untuk iMac yang akan datang. Untuk koleksi tersebut, perusahaan juga dikabarkan akan membuat GPU khusus juga, sehingga tak lagi menerima suntikan eGPU eksternal.

Meski menginginkan peningkatan grafis, sebenarnya solusi grafis terintegrasi yang ditawarkan Apple tidak begitu buruk. Menurut tes OpenCL yang bocor sebelumnya, GPU A12Z Bionic mengalahkan iGPU Ryzen 5 4500U dan Core i7-1065G7, jadi kita harus mengharapkan GPU M1 untuk bekerja lebih baik.

Sebagai koleksi M1 pertama, belum jelas apakah Apple tidak berencana mendukung eGPU sepenuhnya di masa mendatang. Jadi, kita masih harus menunggu, melihat, dan berharap. Sementara itu, pengguna awal MacBook M1 baru harus mempertimbangkan hal ini. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
macbook m1,
#
egpu,
#
chipset m1,
#
macbook air,
#
macbook pro