MENU
icon label
image label
blacklogo

Komparasi Hasil Foto iPhone 11 Pro Versus Canon 1DX Max II

OCT 29, 2019@14:31 WIB | 158 Views

Era perkembangan smartphone sudah sedemikian pesatnya, diikuti dengan kemampuan AI dan lensa kamera yang semakin canggih tentunya. Pabrikan smartphone berlomba-lomba mendekati kemampuan hasil foto DSLR, tak terkecuali iPhone 11 Pro. Yang membuat kagum adalah efek bokeh yang ditimbulkan sudah cukup mendekati kemampuan foto DSLR sekelas Canon 1DX Mark II. Apakah yang bisa membuktikan kemampuan tersebut dari sebuah smartphone seharga Rp25 jutaan dengan DSLR seharga Rp120 juta?

Ingin pembuktian yang konkret, Kali ini melalui  Akun Youtuber Matti Haapoja, bakal membahas detail kemampuan kedua tools dalam skenario yang berbeda-beda. Seperti sebelumnya iPhone 11 Pro sudah diujicoba untuk head to head dengan Pixel 4 saat night mode test. Kali ini ada lima foto hasil head to head dengan berbagai setting tempat dan kondisi cahaya yang berbeda. 

Seperti halnya terlihat di kolom comment akun Matti, mungkin para praktisi fotografi bisa menilai secara langsung kualitas foto DSLR, dan kualitas foto dari smartphone. Meski menghasilkan foto-foto dengan background dan efek bokeh yang hampir mirip, namun Black Pals bisa menilai detail foto masing-masing. Seperti halnya efek bokeh dari iPhone 11 Pro terlihat cukup berlebihan, dan kadang-kadang menghilangkan unsur detail seperti rambut atau lainnya.

iPhone 11 Pro dalam gebrakannya cukup signifikan mendekati kualitas dari DSLR Canon 1DX Max II. Namun masing-masing memiliki karakter warna yang berbeda-beda. Gambar iPhone 11 Pro kadang terlalu merah, sedangkan 1DX Max II cukup natural. Namun sebaliknya, obyek foto dalam landscape agak berjauhan dengan kamera, iPhone 11 Pro menghasilkan gambar lebih karya warna, dan efek blurnya yang mulai berkurang. Sedangkan 1DX Max II menghasilkan gradasi warna yang cukup ringan dengan efek blur yang lumayan bagus.

Tapi jangan salah dengan kemampuan semi indoornya. iPhone 11 Pro menghasilkan kemampuan mereduksi cahaya lighting lebih bagus, dibanding Canon 1 DX Max II. Dengan sorot lampu senter, iPhone X mampu mereduksi cahaya, sehingga tetap menjaga kualitas foto. 

iPhone 11 pro juga unggul di foto aktivitas. Dan iPhone berhasil nge-freeze dedaunan yang ditebarkan dan itu menjadi momen yang cukup istimewa tentunya. So berapa skor iPhone 11 Pro melawan Canon 1 DX Max II ini Black Pals, Anda sendiri bisa menentukan betapa kedua tools ini cukup saling mengungguli secara kualitas? [Ahs/timBX]


 

Tags :

#
komparasi hasil foto,
#
iphone 11 pro,
#
canon 1 dx max ii,
#
pixel 4