MENU
icon label
image label
blacklogo

Review Google Pixel 4 XL

OCT 31, 2019@16:12 WIB | 222 Views

Perangkat smartphone terbaru dari Google akhirnya dirilis, yakni Pixel 4. Tidak hanya itu, Google juga merilis versi turunannya, Pixel 4 XL. Sebagaimana yang telah diketahui, Google pertama kali memperkenalkan fitur pemindai sidik jari pada generasi terakhir dari perangkat Nexus, 6P dan 5X. Dengan Pixel 4 dan 4 XL, Google menggantinya dengan fitur faceunlock. Fitur ini adalah hasil kerja sama dengan face unlock Apple dan merupakan konsep yang sama sekali baru untuk perangkat bermerek Google. Kami akan mereview Google Pixel 4 XL kali ini, namun sebelum itu beri tahu dahulu spesifikasinya.

Spesifikasi

Body: Rangka aluminium berlapis tekstur dengan bagian belakang Gorilla Glass 5

Layar: Layar P-OLED 6.3 ", kecepatan refresh variabel 90Hz, 1440 x 3040 px (~ 537ppi), rasio 19:9, Gorilla Glass 5

Chipset: Qualcomm Snapdragon 855, CPU octa-core (1x2.84 GHz Kryo 485 + 3x2.42 GHz Kryo 485 + 4x1.78 GHz Kryo 485); Adreno 640 GPU

Memori: RAM 6GB; Penyimpanan 64 / 128GB, tidak dapat diperluas

OS: Android 10

Kamera: Utama - 12,2 MP, apertur f /1.7, ukuran piksel 1,4 μm, PDAF piksel ganda, OIS, EIS; Telefoto - 16MP, apertur f/2.4, ukuran piksel 1,0 µm, PDAF, OIS, zoom optik 2X; LED flash; HDR; Zoom Super Res; Rekaman video - 720p @ 240 fps, 1080p @ 120 fps, 2160p @ 30 fps.

Kameraselfie: aperture 8MP f / 2.0 + sensor ToF 3D

Baterai: 3.700 mAh baterai polimer lithium; 18W USB-Power Delivery charging; Pengisian nirkabel 11W Qi

Konektivitas: Nano SIM + eSIM; Wi-Fi a / b / g / n / ac; Bluetooth 5.0 + LE; NFC; Wi-Fi; GPS, Galilleo, GLONASS

Lain-lain:Face unlock; Motion Sense berbasis radar; pengeras suara stereo ganda.

Desain

Sejauh ini, perangkat Pixel tidak benar-benar memimpin tren desain, tetapi cukup berhasil menempatkan kedudukan terbesar berkat perfoma perangkat Google Pixel 3 XL tahun lalu. Dengan hadirnya Google Pixel 4 XL ini pun tidak akan membuat Google membuat banyak perubahan dalam desainnya, seperti mencoba memaksimalkan rasio layar-to-body. Ya, Google tetap lebih fokus memaksimalkan perfoma dalam hal ini.

Dari sisi desainnya, Google Pixel 4 XL memiliki bezel atas yang besar untuk mengakomodasi banyak perangkat keras baru, termasuk sensor gerak berbasis Radar baru dan perangkat keras pengenalan wajah 3d selain kamera selfie. Lebih lanjut tentang itu di bagian Antarmuka Pengguna. Jika tidak, ini tidak diragukan lagi bezel besar untuk flagship 2019, sehingga pengorbanan kehadiran fitur motionsense perlu dihargai dengan pilihan desain asimetris ini.

Google juga telah memindahkan speaker yang menghadap ke depan bagian bawah kembali ke bawah - dengan gaya yang sama dengan Pixel XL asli - dan ini menghasilkan bezel yang jauh lebih kecil darinya. Dan menariknya, tidak ada fitur jack headphone pada kedua model Pixel 4. Meskipun tidak terasa seperti kaca, panel belakang ponsel terasa seperti selembar logam yang dipoles. Desain Pixel sedang berevolusi, tetapi kami mengatakan bahwa perangkat terbaru ini masih memiliki beberapa penyempurnaan untuk dilakukan di bagian depannya.

Perfoma

Dilihat dari spesifikasi utama dari Google Pixel 4 XL, perfomanya sudah tentu memiliki harapan yang tinggi sebanding dengan smartphone high end lainnya. Dengan Android 10, Google menambahkan kontrol granular yang lebih besar, kontrol gerakan yang lebih baik, dan juga Google Assistant yang lebih responsif dari sebelumnya.

Google juga menambahkan teknologi penginderaan gerak berbasis radar unik yang disebut 'Motion Sense'. Ini mendeteksi ketika pengguna membuat gerakan gelombang melalui telepon, dan dapat membangunkan layar saat pengguna meraihnya. Itu juga dapat digunakan untuk berganti lagu dengan aplikasi yang didukung.Selain itu, perangkat ini juga termasuk sangat bagus untuk digunakan sebagai teman keseharian di kantor, di jalan ataupun di rumah. Seperti saat bermain game misalnya. Ya, ini adalah perangkat yang bagus dan aman untuk bermain game, menonton video dan lainnya.   

Dan Google Pixel 4 XL berukuran 160,4 x 75,1 x 8,2 mm dan berat 193g yang membuatnya nyaris lebih tinggi dan lebih berat dari pendahulunya dan juga memiliki rasio sedikit lebih tinggi dari versi sebelumnya serta masih dibekali fitur tahan air IP68 yang sama dengan 3 XL. Pixel 4 dan 4XL keduanya memiliki harga awal dan penyimpanan dasar yang sama dengan Pixel 3 dan 3 XL.[inn/hsn/timBX]

Tags :

#
smartphone,
#
pixel 4,
#
google pixel 4 xl