MENU
icon label
image label
blacklogo

iPhone 11 Pro dan Pro Max: Ponsel Teratas Baru Apple

SEP 11, 2019@14:50 WIB | 149 Views

Selama acara media Apple kemarin (10/9) di Silicon Valley, perusahaan itu telah mengumumkan 3 iPhone baru miliknya, yaitu iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Di sini kita akan membahas mengenai 2 jajaran tertinggi dari ketiganya. iPhone 11 Pro hadir dengan layar 5,8 inci dan 6,5 inci, yang terakhir disebut iPhone 11 Pro Max, membawa beberapa keunggulan yang siap menjadikannya perangkat utama dari Apple.

Kamera

Pusat perhatian nyata pada iPhone 11 Pro dan Pro Max adalah sistem kameranya. iPhone 11 Pro memiliki tiga kamera 12 megapiksel, yang mencakup tampilan sudut lebar standar pada 26mm, lensa telefoto 52mm, dan lensa 13mm ultra lebar baru yang memberi Anda tampilan lebih luas dengan bidang pandang 120 derajat.

Sistem kamera iPhone baru ini juga memiliki fitur anyar yang disebut Deep Fusion. Begini cara kerjanya:

Deep Fusion memotret sembilan gambar. Dimulai dengan otomatis melakukan prapemotretan empat eksposur pendek dan empat panjang menjadi buffer. Kemudian ketika Anda menekan tombol shutter itu akan melakukan pemotretan dengan eksposur yang lebih lama. Lalu dimotori prosesor khusus Apple, gambar prapemotretan kemudian digabungkan secra pixel-demi-pixel ke dalam gambar Anda.

Apple juga mengatakan bahwa ketiga kamera langsung dipasangkan di pabrik untuk menghasilkan ketepatan kalibrasi, warna, dll. Saat merekam video pada iPhone 11 Pro dan Pro Max, Anda bahkan dapat bertukar antarlensa tanpa fluktuasi dalam paparan, fokus, atau suhu warna.

Desain

Di permukaan, bentuk dan tampilan keseluruhan iPhone sangat berbeda, terutama dari bagian depan ponsel yang memiliki kedudukan lebar yang sama di bagian atas. Namun, Apple menggunakan kaca baru yang tampaknya jauh lebih tebal dan tidak mudah pecah, dan itu bagus karena penggantian kaca Apple adalah yang paling mahal di industri ini.

Bingkai logam di sekitar telepon terbuat dari stainless steel, yang lebih tahan lama dan lebih tahan terhadap goresan daripada aluminium. Namun, ini juga jauh lebih berat, terutama untuk iPhone 11 Pro Max.

Desain industri yang diperbarui terlihat bagus, meskipun modul kamera secara visual sedikit tidak seimbang jika dibandingkan dengan pesaing seperti Huawei, Samsung, atau bahkan Motorola. Tapi, itu mungkin bukan masalah besar karena Anda tidak dapat benar-benar terpengaruh oleh ini.

Super Retina XDR

Berbicara tentang tampilan, Pro dan Max Pro memiliki layar Super Retina dengan panel OLED baru dengan kontras 2M: 1, 1200 nits, dan teknologi True Tone. Mereka menyebutnya layar Super Retina XDR

Layar handset Apple kelas atas memang selalu luar biasa, dan ini tidak terkecuali. Dengan resolusi 2436 × 1125 dan 2688 × 1242, mereka bukan layar paling tajam yang tersedia (458PPI versus ~ 550PPI untuk beberapa pesaing), tetapi kualitas warna dan kecerahannya ada di atas sana dengan Samsung Galaxy Note 10 baru.

Apple juga mempertahankan sistem haptic feedback-nya yang unik (mensimulasikan nuansa klik dengan getaran) dan membanggakan memiliki audio spasial yang sangat baik menggunakan algoritma kepemilikan dan mesin render suara Dolby Atmos.

Prosesor

Karena Apple membangun prosesor (SoC) hanya untuk dirinya sendiri, Apple dapat mengoptimalkan efisiensi lebih dari produk vendor lain yang harus menyenangkan sejumlah besar pelanggan dengan kebutuhan dan keinginan yang berbeda. Itu adalah fakta yang tidak bisa disangkal.

Apple A13 Bionic sepertinya bakal tetap membuat Apple memimpin dalam hal kinerja CPU sintetik. Generasi sebelumnya tidak selalu memenangkan tolok ukur grafis, tetapi performanya secara keseluruhan merupakan yang teratas. Kita mungkin bisa mengharapkan kinerja yang sangat baik tertutama dengan permainan lewat prosesor baru ini.

Apple membangun prosesornya menggunakan proses semikonduktor 7nometer modern dan memiliki transistor 8,5B, yang menempatkannya dalam kategori yang sama dengan prosesor Kirin 990 baru Huawei. Kita masih harus menunggu untuk melihat bagaimana Snapdragon 855+ mendatang milik Qualcomm akan bersaing dengan keduanya.

Apple menjelaskan bahwa mereka telah melakukan beberapa perubahan untuk optimasi daya, seperti memiliki ratusan domain tegangan. Ini adalah cara yang sangat valid untuk mengoptimalkan daya, dan sebagian besar pembuat chip menggunakan teknik serupa. Sejauh mana Apple melakukan itu sulit untuk dibandingkan karena kurangnya data komparatif faktual.

Apple mengatakan bahwa semua iPhone baru akan memiliki daya tahan baterai lebih baik, meskipun mereka tidak berbicara spesifik seberapa lama. Daya tahan baterai pada iPhone 11 Pro dijanjikan bertahan empat jam lebih lama dari iPhone XS, sedangkan 11 Pro Max menawarkan lima jam lebih banyak dari iPhone XS Max. Kedua ponsel akan mendapatkan 18W kemampuan pengisian cepat.

Harga dan Ketersediaan

IPhone 11 Pro akan dihargai mulai dari 999 dolar AS, dan iPhone 11 Pro Max akan mulai dari 1.099 dolar. Preorder akan dibuka sejak hari Jumat, 13 September jam 5 sore PDT (sekitar jam 7 pagi WIB). Unit akan mulai dikirim 20 September.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
apple,
#
iphone,
#
iphone 11,
#
iphone 11 pro