MENU
icon label
image label
blacklogo

Inovasi Mengejutkan Macbook di Masa Depan

JUL 08, 2020@16:30 WIB | 205 Views

Apple memang selalu mengambil pendekatan yang sangat berbeda untuk laptop dan komputer desktop, dibandingkan dengan pesaing mereka, Windows. Windows telah memasukkan kualitas komputer mobile dan desktop ke dalam laptop selama tujuh tahun terakhir, sedangkan Apple selalu berpendapat bahwa sistem operasi mobile dan desktop harus terpisah.

Melihat evolusi iPhone yang berjalan cepat, Apple tampaknya sedang menaruh perhatian lebih untuk Macbook. Perusahaan telah merencanakan inovasi mendatang, berkat perangkat lunak Mac  yang baru dan rencana perusahaan untuk beralih dari Intel ke chip buatan sendiri.

Apple mengumumkan keputusan mengembangkan silikon sendiri untuk Mac selama Konferensi Pengembang Sedunia bulan lalu. Mereka memperkirakan transisi ini akan memakan waktu selama dua tahun. Langkah tersebut memungkinkan Mac untuk menjalankan aplikasi iPhone dan iPad, karena chip yang memberi daya pada produk ini akan berjalan pada satu arsitektur umum. Ini sekaligus membuka pintu bagi Apple untuk mendesain fitur-fitur spesifik Mac, seperti yang dilakukan untuk iPhone, Apple Watch, dan produk lainnya.

"Ketika kita melihat ke depan, kita membayangkan beberapa produk baru yang luar biasa," kata CEO Apple, Tim Cook. "Dan beralih ke silicon buatan sendiri, adalah sesuatu yang memungkinkan kita menghidupkannya."

Pergeseran menuju Apple silikon menunjukkan ada beberapa pembaruan menjanjikan untuk masa depan Mac. Pasalnya, MacBook dari Apple sebagian besar terlihat sama dalam dekade terakhir, kecuali penambahan Touch Bar pada tahun 2016. Sementara pembuat komputer Windows seperti Lenovo, Dell, dan Asus, telah mengembangkan komputer dengan layar sentuh yang dapat dilepas, banyak tampilan dan beragam desain.

Perubahan paling menarik untuk MacBook Pro dan Air terbaru dari Apple adalah keyboard yang didesain ulang. Ini adalah pembaharuan yang muncul sebagai tanggapan atas kritik, terhadap keyboard kupu-kupu Apple yang lebih rata dan lebih rentan.

Selain dari arsitektur, satu yang tak kalah penting adalah nama untuk produk Mac mendatang. J Glenn Kunzler di SonnyDickson.com mengatakan bahwa, “Apple yang akan datang, hanya akan menawarkan satu baris notebook, yang hanya akan disebut ‘The New MacBook’, atau hanya ‘MacBook’."

Penggunaan nama MacBook secara mandiri dalam jajaran laptop MacOS belakangan gencar dikumandangkan. Meninggalkan nama 'Air' seolah mengisyaratkan bahwa produk baru Mac telah sepenuhnya meninggalkan Intel dan tampil dengan chip buatan sendiri. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
inovasi teknologi,
#
inovasi macbook,
#
windows,
#
apple,
#
tim cook