MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Samsung Tab S6 Baru, Tablet Setara Desktop

AUG 02, 2019@10:30 WIB | 428 Views

Meskipun ada banyak tablet Android untuk dipilih, saingan kelas atas ke iPad Pro hanya sedikit dan jarang. Nah menjawab itu Samsung baru saja meluncurkan pesaing terbarunya dalam bentuk Galaxy Tab S6, yang telah mengalami peningkatan spesifikasi dan gaya, serta memiliki beberapa fitur menarik

Omong-omong, Anda tidak melewatkan Galaxy Tab S5. Kenyataannya kita diberikan langsung dari Samsung Galaxy Tab S4 yang diluncurkan tahun lalu ke Tab S6, dengan sedikit jalan memutar melalui Tab S5e mid range yang lebih murah yang muncul di Februari. Fitur yang kita keluhkan tiada di seri sebelumnya, seperti trackpad atau prosesor andalan, semuanya ada di sini. Perangkat ini jelas portabel, terlihat bagus, memiliki daya dan masa pakai baterai yang memadai, dan mempertahankan kemampuan desktop untuk memastikan Anda dapat menyelesaikan pekerjaan Anda baik di belakang mobil atau di kedai kopi. Singkatnya ini adalah tablet rasa laptop yang siap mendukung berbagai aktivitas Anda.

Dengan dimensi pada 5,7mm dan bobot 420g, tablet Samsung baru lebih tipis dan lebih ringan dari pendahulunya (7,1mm / 483g) tapi mendorong kinerja yang lebih baik dan fitur perangkat keras baru seperti kamera belakang ganda. Karena tablet 10,5 inci yang baru dirancang untuk produktivitas dan bertujuan untuk mengganti laptop PC, pabrikan Korea memutuskan untuk menggunakan prosesor papan atas saat ini. Galaxy Tab S6 memiliki prosesor Qualcomm yang paling kuat, Snapdragon 855, yang menghadirkan CPU 81 persen lebih cepat dan GPU 68 persen lebih cepat dari Tab S4 menurut Samsung.

Mirip dengan Galaxy Tab S4, Galaxy Tab S6 hadir dengan layar Super AMOLED 10,5 inci WXQGA (2560 × 1600). Untuk pertama kalinya di tablet Samsung, layar menyertakan sensor sidik jari dalam layar optik, teknologi yang diperkenalkan tahun ini di perangkat seluler Samsung dengan Galaxy S10. Lalu seperti pendahulunya, Tab S6 juga dilengkapi dengan empat speaker yang disetel oleh AKG dan menghasilkan suara kualitas Dolby Atmos. Sayangnya tidak ada jack headphone 3,5 mm di sini - hanya port USB-C.

Dianggap sebagai pesaing iPad Pro 10-inci, Galaxy Tab S6 adalah tablet pertama yang memiliki fitur dual kamera 13MP + 5MP di bagian belakang, dilengkapi dengan lensa sekunder sudut ultra lebar 123 derajat. Yang mengejutkan, Samsung memperhatikan bahwa 87 persen pengguna Galaxy Tab S4 mengambil foto secara teratur, dengan 55 persen menggunakan kamera setiap minggu, dan kebanyakan orang suka memanfaatkan fitur pengeditan gambar pada perangkatnya. Kamera Tab S6 mampu menangkap video 4K (3840 × 2160) dengan kecepatan 30 fps. Terlebih lagi berkat Snapdragon 855, kameranya memiliki kemampuan AI termasuk pemetaan dan optimisasi pemandangan. Sementara itu kamera depan mendapat sensor 8 MP.

Selain prosesor baru, yang membedakan Galaxy Tab S6 dari pendahulunya adalah penutup keyboard yang baru dirancang dengan S Pen baru. Menurut pabrikan tersebut, 60 persen pembeli Tab S4 menggunakan keyboard mereka, dan hampir 30 persen memasang mouse. Oleh karenanya Samsung menambahkan touchpad dan tombol DeX ke keyboard opsional yang dapat dilepas.

Anda sekarang dapat mengisi daya S Pen secara nirkabel di bagian belakang tablet yang terpasang secara magnetis. Sebuah fitur yang diperkenalkan dengan Galaxy Note 9 tahun lalu. S Pen baru juga dapat bertindak sebagai remote control Bluetooth untuk berbagai aplikasi seperti Powerpoint, memotret selfie, menavigasi konten multimedia, atau pemutaran media.

DeX adalah antarmuka mirip PC Samsung untuk Android, juga disebut mode desktop, dengan antarmuka multijendela yang mencegah pergantian aplikasi dan memungkinkan pengalaman desktop nyata. Samsung kini sudah mengintegrasikan S Pen dengan DeX untuk menghasilkan pengalaman seperti menggunakan desktop sebenarnya. Dari segi tenaga, Samsung memberikan tablet barunya itu dengan baterai 7040 mAh. Ini cukup mengherankan mengingat kapasitas tersebut lebih rendah daripada baterai 7300 mAH di Galaxy Tab S4.

Samsung Galaxy Tab S6 akan dibanderol 649 dolar AS (Rp9 juta) untuk model penyimpanan 6GB RAM dan 128GB ROM. Jika Anda memilih RAM 8GB dan penyimpanan 256GB, maka harganya sekitar 729 dolar (lebi dari 10 juta rupiah). S Pen sudah termasuk dengan kedua harga tersebut, tetapi keyboard adalah aksesori terpisah dan membuat Anda harus merogoh kocek 179 dolar lagi.

Tablet ini akan mulai tersedia secara resmi di gerai Samsung dan pengecer lain mulai 6 September, dan model LTE akan dijual melalui operator nanti. Jika Anda ingin memastikan sebagai salah satu pemilik Tab S6 ini, prapemesanan sudah dibuka sejak 23 Agustus.

SPECIFICATIONS

- Display 10.5” WQXGA, Super AMOLED

- Dimension, Weight 244.5 x 159.5 ×5.7mm, 420g

- Camera 8MP(Front), 13MP + 5MP (Rear)

- Memory + Storage 6GB + 128GB or 8GB +256GB

- MicroSD (Up to 512GB)

- Processor Qualcomm 855 processor (1×2.84GHz, 3×2.41GHz , 4×1.78GHz)

- Battery Tablet 7,040mAh7, Fast Charging

- Battery S Pen 0.35mAh

- Connectivity Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac 2.4G+5GHz, MIMO, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0

- GPS GPS + GLONASS, Beidou, Galileo

- Sensors Optical on-screen Fingerprint Scanner, Accelerometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, RGB Light Sensor

- MIC 2 MIC

- Audio 4 speakers sound by AKG, Dolby Atmos

- Accessories: Book Cover Keyboard, Book Cover, POGO Charging Dock

[Ard/tim BX]

Tags :

#
samsung,
#
samsung tab s6,
#
tab s4,
#
ipad pro