MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Sejumlah Pembaruan Tersembunyi di Android 11 yang Perlu Diketahui

SEP 10, 2020@17:30 WIB | 139 Views

Tak lama usai merilis versi stabil pertama Android 11 untuk berbagai perangkat Pixel, Google mulai mengunggah kode sumber Android 11 ke AOSP (Android Open Source Project). Seperti dilaporkan xdadevelopers setelah menggali kode untuk menemukan fitur tersembunyi yang mungkin terlewatkan dan berikut hasil temuannya:

Aliran volume baru untuk virtual assistens

Andriod 11 memperkenalkan jenis aliran baru untuk virtual assistens: AUDIO_STREAM_ASSISTANT. Aliran baru ini dimaksudkan untuk digunakan virtual assistens seperti Asisten Google, Bixby, dll. Aliran audio memiliki volume sendiri dan volume tidak berubah dengan perubahan volume aliran lain.

Saat ini, aplikasi virtual assistens biasanya mengirimkan audio melalui aliran volume media, yang dibagikan oleh aplikasi media lain. Dengan aliran baru, Android 11 mungkin akan segera memungkinkan pengguna menyetel volume asisten virtual secara mandiri.

Plugin Jam Android 11

Di Android 10 terdapat penyesuaian jam layar kunci yang menyediakan 3 opsi berbeda: default, teks, gelembung, dan analog. Fitur ini akan tersedia di aplikasi Pixel Themes ("Styles dan Wallpaper") sebagai tab terpisah yang disebut "Jam", namun, fitur ini tidak berhasil mencapai rilis Android 10 final.

Meski fitur ini masih belum tersedia di rilis stabil Android 11, Google telah mengaktifkan kembali fitur jam khusus. Tetapi karena Google menghapus jam teks di Android 10 dan menghapus jam analog dan gelembung di Android 11, saat ini tidak ada opsi jam lain yang tersedia.

Pembekuan Cached Apps

Di Android 11 Beta 2, ada fitur dalam pengembangan baru berjudul "menangguhkan eksekusi untuk aplikasi yang disimpan dalam cache". Fitur ini akan berada di Opsi Pengembang namun belum ada cukup informasi tentang cara kerja atau cara mengaktifkannya.

Dari kode sumber, dapat dilihat fitur ini dimaksudkan "membekukan aplikasi saat di-cache dan mencairkannya setelah dihapus dari cache atau dimatikan. Aplikasi yang dibekukan tidak akan menggunakan siklus CPU apa pun, sehingga mengurangi konsumsi daya untuk proses yang tidak semestinya yang mungkin mencoba berjalan saat disimpan dalam cache. ”

Bayangan Notifikasi Blur

Di Android 11 Developer Preview 3, xdadevelopers berhasil mengaktifkan sakelar tersembunyi untuk mengaktifkan pengaburan jendela. Namun, tombol tersebut tidak berfungsi saat itu. Pengembang yang Diakui XDA luca020400 berhasil membuatnya berfungsi. Dia menginstal Android 11 GSI di ASUS ZenFone 6 dan mengaktifkan fitur dengan mengubah properti sistem. Fitur itu mengaktifkan efek blur Kawase, yang merupakan perkiraan dari blur Gaussian, di belakang panel notifikasi saat ditarik ke bawah.

Dukungan Deep Press

Pada Pixel Feature Drop kedua, Google menambahkan "opsi tekan lama yang ditingkatkan" yang memungkinkan Anda menekan layar dengan kuat di Pixel Launcher, Google Foto, dan Google Drive untuk menampilkan menu konteks. Inilah cara alternatif untuk mengakses menu konteks yang dirancang bagi yang mungkin tidak sadar bahwa mereka dapat mengaksesnya dengan menekan lama layar. Fitur ini memanfaatkan Deep Press API yang menggunakan model ML untuk menyimpulkan saat pengguna menekan layar dengan lebih kuat. Di Android 11, dapat menekan notifikasi di panel notifikasi untuk memperluasnya.

Gabeldorsche

Opsi Pengembang Android 11 memiliki toggle “Aktifkan Gabeldorsche” dengan deskripsi “mengaktifkan tumpukan fitur Bluetooth Gabeldorsche”. Google menerbitkan dokumentasi Gabeldorsche, dan tampaknya itu adalah penulisan ulang lengkap dari tumpukan Bluetooth Android.

Peningkatan Konektivitas

Pratinjau Pengembang Android 11 2 menambahkan Opsi Pengembang misterius lainnya yang disebut "enhanced connectivity" tanpa deskripsi apa pun tentang fungsinya. Menurut kode sumbernya, fitur ini memungkinkan pengelola daya termal konektivitas untuk secara aktif mematikan 5G untuk menghemat daya saat throughput seluler di bawah ambang batas yang ditetapkan".

Fokus Multi Audio

Aplikasi root alias Kontrol Volume Aplikasi memungkinkan untuk mengontrol tingkat volume individu aplikasi Android. Diperlukan karena Android tidak memiliki pencampur volume asli seperti Windows, jadi Anda tidak dapat mencampur tingkat volume untuk beberapa aplikasi yang memutar audio secara bersamaan. Android memiliki konsep "fokus audio" dan hanya satu aplikasi yang dapat memiliki fokus. Di Android 11, sepertinya Google sedang mengerjakan fitur fokus multi-audio, yang memungkinkan aplikasi memutar audio secara bersamaan tanpa menjeda atau merunduk satu sama lain.

Manajemen memori lebih baik

Google perkenalkan desain OOM Adjuster baru (OOM = out-of-memory, yaitu, apa yang harus dilakukan sistem ketika jumlah memori hampir habis). Ada 3 faktor untuk penyesuaian Adjuster OOM: Status Proses (tentukan apakah suatu proses berada di latar depan atau belakang), skor Adj OOM, dan Scheduler Group (pengubah grup proses CPU dan prioritas utas). Server sistem menyesuaikan 3 faktor ini untuk 4 jenis proses Android yang berbeda: Aktivitas, Layanan, Penyedia Konten, dan Penerima Siaran. OOM Adjuster dirancang untuk menghindari penghentian proses jika "itu akan mengakibatkan gangguan layanan yang terlihat oleh pengguna".

Peningkatan Android 11 Go Edition

Perangkat dengan RAM rendah (baca: Android Go Edition) sekarang dapat mendukung banyak pengguna, profil terkelola, dan pendengar notifikasi. Untuk beberapa pengguna dan profil terkelola, Google hanya menghapus batasan waktu proses yang mencegahnya bekerja pada perangkat dengan RAM rendah, jadi OEM masih perlu melakukan beberapa perubahan konfigurasi agar dapat berfungsi.

WCG wallpaper support

Gambar 10-bit dapat disetel sebagai wallpaper di Android 11. Sebelumnya, menerapkan wallpaper seperti itu akan selalu membuatnya dikonversi ke sRGB.

Kustomisasi tombol volume

Google nampaknya sedang mengerjakan API untuk mendeteksi tekan tunggal, ketuk dua kali, atau ketukan tiga kali pada tombol volume. Seperti yang tertulis "mendukung penyesuaian tombol volume" dan "mendukung penyesuaian klik tunggal / ganda / triple", yang menunjukkan fitur tersebut mungkin diperkenalkan di Android 11. Untuk mengaktifkan fitur long / single / double / triple penekanan tombol akan dibedakan berdasarkan lamanya waktu antara KeyEvents.

Buka kunci otomatis dengan Digital Wellbeing

Di Digital Wellbeing 1.0.327635162, ditemukan string untuk fitur penjadwal kerja baru yang otomatis akan menonaktifkan profil kerja saat waktu yang dijadwalkan tercapai. Di Android 11, Digital Wellbeing sekarang dapat membuka kunci profil kerja secara otomatis, membuka jalan agar fitur ini muncul. [asl/timBX]

Tags :

#
android 11,
#
update android 11,
#
pembaruan android 11,
#
inovasi teknologi,
#
teknologi inovatif