MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini 18 Pengumuman Terbesar Apple dalam WWDC 2020

JUN 24, 2020@13:31 WIB | 132 Views

WWDC (Worldwide Developers Conference) 2020 merupakan konferensi pengembang oleh Apple. Digelar secara online pada Senin, 22 Juni 2020 (waktu setempat), Apple menyuguhkan 18 pengumuman terbesar, beberapa diantaranya kehadiran iOS 14, macOS, dan iPadOS 14. WWDC 2020 yang bisa Anda tonton di Channel YouTube The Verge terbagi menjadi 7 bagian. Pertama 0:00 Pendahuluan, kedua 0:56 iOS 14, ketiga 8:40 iPadOS 14, keempat 11:05 WatchOS 7, kelima 13:45 Privasi, keenam 14:53 MacOS Big Sur, dan ketujuh 17:30 Apel silikon.

Dari masing-masing bagian tersebut diuraikan mengenai pembaruan teknologi yang dilakukan Apple. Sebagian mungkin sedang Anda tunggu-tunggu kehadirannya atau justru itu akan menjadi kejutan buat Anda. Berikut ini 18 pengumuman besar dari pengembang Apple seperti dilansir The Verge:

1. Apple iOS 14

Melalui WWDC 2020 Apple memamerkan pembaruan untuk iPhone yaitu iOS 14 yang akan diterapkan akhir tahun ini. Update terbesar yang dilakukan Apple ialah pengaturan widget di beranda atau layar utama. Widget ini berfungsi menunjukkan infotmasi dari aplikasi tertentu dengan ringkas. Ada pula Smart Stack yang dapat menampilkan widget tertentu sesuai waktu lokasi dan aktifitas.

Pembaruan lainnya adalah fitur Picture in Picture (PiP) dan App Library. App Ligrary ini secara otomatis mengatur aplikasi berdasarkan kategorinya. Pembaruan ini akan mempermudah penggunanya untuk mengakses aplikasi yang berada di luar halaman pertama atau kedua dengan cepat. Untuk fitur PiP pengguna bisa menonton video mengambang di layar utama dan bisa sambil melakukan aktifitas lain di HP. Ukuran video bisa dirubah sesuai keinginan dan posisi video bisa dipindah.

2. Memoji Variatif

Pada iOS 14, Apple melakukan pembaruan untuk Memoji. Akan ada pilihan usia lebih banyak, aksesoris lebih beragam seperti masker, serta ekspresi seperti wajah emosi dengan pipi memerah. Pembaruan kecil ini cukup sederhana tapi mungkin akan membuat iOS 14 jadi lebih menarik. Barangkali Anda suatu hari ingin hanya berkomunikasi melalui Memoji.

3. Apple Maps Bagi Pesepeda

Bagi pengendara mobil, sepeda motor dan transportasi umum bahkan pejalan kaki sudah dapat menggunakan petunjuk arah melalui Apple Maps. Tetapi bagi pesepeda belum ada. Nah, pada iOS 14 bakal disediakan penunjuk arah bara pesepeda dan kendaraan listrik (EV) lengkap dengan penunjuk posisi pengisi daya di sepanjang rute perjalanan. Apple menyebut, kota-kota yang bisa mendapat pelayanan Apple Maps pertama kali antara lain New York City, Los Angeles, San Fransisco, Shanghai, dan Beijing. Jumlah akan bertambah seiring dengan update baru di iOS 14 nantinya.

4. Kunci Mobil Digital

Apple memperkenalkan cara baru membuka kunci dan menghidupkan mobil, walaupun untuk saat ini baru bisa difungsikan untuk BMW Seri 5. Untuk aktivasi kuncinya bisa didaftarkan melalui Apple Wallet sehingga mobil dapat dibuka dengan fitur NFC. Kunci tersimpak pada perangkat dan bisa dihapus dari cloud jika perlu. Kerennya lagi, fitur ini dapat membut profil pengemuni lain misalnya pasangan atau anak atau siapapun yang bisa dipercaya sang pemilik.

5.App Clips

App Clips persis seperti Instant Apps pada Android. Dengan App Clips Anda tidak perlu mengunduh aplikasi untuk mengaksis fitur tertentu yang tersedia di aplikasi tersebut.

6. iPadOS 14 alami Perubahan

Mirip dengan iOS, widget iPadOS 14 yang difungsikan untuk iPad mengalami upgrade. Salah satu yang menarik adalah sidebar baru yang akan lebih memudahkan untuk mengakses aplikasi. Untuk pengguna yang memanfaatkan iPad sebagai pengganti laptop, sidebar itu akan sangat memudahkan. Apple membuat sidebar baru untuk membuatnya lebih mudah dalam menavigasi aplikasi seperti pada Apple Music dan aplikasi lainnya. Apple pun mendesain ulang pencarian di iPad, dan tampilannya hampir persis seperti Spotlight di macOS. Ini dapat membantu Anda menemukan kontak, melakukan pencarian di web, dll. Tak kalah menarik, Apple juga perkenalkan tampilan baru lebih ringkas untuk panggilan telepon dan FaceTime, serta interaksi dengan Siri.

7. Tulisan Tangan dengan Apple Pencil di iPadOS 14

iPad dimanfaatkan oleh sebagai orang untuk membuat memo elektronik melalui fitur Scribble. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mencorat-coret layar persis seperti pada kertas dengan bantuan Apple Pencil. Hanya saja, untuk sementara fitur ini baru terdukung dalam bahasa Inggris dan Cina. Fitur ini secara otomatis dapat mendeteksi konteks informasi yang ditulis seperti nomor telepon atau alamat.

8. Device Sambungan Airpods Dapat Dialihkan Secara Mulus

Apple memperbarui perangkat lunak di AirPods supaya terhubung otomatis ke perangkat pasangan mana pun yang mulai memutar audio. Pengguna tidak perlu memilih sumber secara manual. Pengguna dapat melihatnya di GIF yang ada.

9. Spatial Audio pada Airpod Pro

Apple menambahkan accelerometer di AirPods Pro yakni ketersediaan spatial audio yang akan membuat pengguna merasa seperti dikelilingi oleh sumber suara.

10. Face Swapping di WatchOS 7

Apple mempermudah penggunanya dalam berbagi tampilan di Apple Watch atau watchface melalui fitur bernama Face Swapping. Pengguna dapat menambahkan tampilan jam tangan ke Apple Watch di situs web pengembang, atau melalui media sosial.

11. Apple Watch Pendetek Dansa di WatchOS 7

Pembaruan ini merupakan Aplikasi olahraga di Apple Watch yang mampu mendeteksi detak jantung, durasi dan jarak tempuh melalui WatchOS 7. Untuk perangkat serupa belum memiliki inovasi semacam ini.

12. Pendeteksi Tidur di WatchOS 7

Apple menggunakan kecerdasan mesin pada WatchOS 7 untuk mendeteksi tidur pengguna. Gerakan pengguna saat tidur tedeteksi oleh sensor Apple Watch. Aplikasi pendamping ini di iPhone tidak memerlukan Apple Watch untuk digunakan. Dan, Apple belum menjelaskan secara spesifik cara kerja pendeteksi tidur ini.

13. WatchOS 7 Mampu Deteksi Cuci Tangan

Masa Pandemi menjadikan aktifitas cuci tangan sebagai hal yang urgen dan penting untuk mencegah penularan Covid-19. Dengan itu, WatchOS 7 telah memiliki fitur dengan kecerdasan mesin yang dapat mengingatkan pengguna kapan harus cuci tangan. Mikrofon arloji mendengarkan suara air yang terciprat untuk mengonfirmasi bahwa pengguna benar-benar mencuci tangan, lalu memulai hitungan mundur di permukaan arloji.

14. Smart Home Apple bersama Google, Amazon, dll.

Apple perluas jaringan teknologinya melalui Smart Home sebagai tambahan untuk perangkat yang dapat menjalankan HomeKit. Apple pun membentuk aliansi baru dengan Google, Amazon, Zigbee, dan perusahaan lain untuk mewujudkan Smart Home tersebut.

15. Multiuser Apple Arcade di Apple TV

Jika pengguna Apple ingin ganti profil dengan mudah sehingga orang lain dapat memainkan judul Apple Arcade tanpa menghapus profil lama, Anda dengan mudah bisa melakukannya pada Apple TV. Apple TV juga akan dapat terkoneksi dengan joystick Xbox Elite 2 dan Xbox Adaptive.

16. Picture in Picture di TVOS 14

Semua aplikasi video di tvOS 14 akan dapat ditampilkan dalam formasi PiP di Apple TV. Sederhananya, Anda akan dapat menonton lebih banyak di TV Anda tanpa harus berganti aplikasi. Pengguna bisa melakukan multitasking, melihat sebuah tayangan dalam bentuk insert kecil sembari tetap melakukan aktivitas di tab yang lebih besar.

17. MacOS Big Sur

Apple memulai pembaruan perangkat lunak desktop utama, yang disebut macOS Big Sur. Fitur ini menjadi pembaruan besar dalam desain sehingga ia sejajar dengan iOS dan iPadOS. Artinya, macOS Big Sur dapat dikatakan menjadi pembaruan sistem operasi terbesar setelah Mac OS X. Hal ini terlihat dari nomor versi yang menginjak angka 11. Sebelumnya OS X membawa versi 10 dan macOS “cuma” menjadi versi 10.xx.

macOS Big Sur memiliki desain tampilan baru yang lebih modern sehingga membuat navigasi lebih mudah, dan senada dengan tampilan di berbagai perangkat Apple lainnya. Termasuk tampilan Dock, Control Center, dan Notification Center. Selain itu, sama seperti iPadOS 14 dan iOS 14, Apple memperbaharui aplikasi Message di macOS Big Sur. Termasuk menyematkan percakapan, menambah efek, membuat percakapan baru dengan mengetik nama kontak, dll.

18. Peralihan Mac ke Apple Silicon: Komputer Masa Depan

Apple selama ini mengunakan prosesor berbasis Intel. Dalam waktu dekat Apple akan membuat teknologi prosesornya sendiri, yaitu chipset Apple Silicon yang disebut A12Z Bionic. System-on-Chips (SoC) Apple Silicon bisa membawa efisiensi daya dan performa yang lebih optimal untuk GPU, sekaligus juga membawa akses ke teknologi AI yang lebih baik melalui Neural Engine.

Selama 2 tahun ke depan, Apple bakal menyediakan sarana agar semua berjalan lebih mulus. Pengembang bisa membuat program dan aplikasi dengan mudah melalui Xcode 12 dan Universal 2. Perangkat baru ini pun bisa menggunakan aplikasi berbasis Intel melalui teknologi emulasi Rosetta 2. Lalu, melalui Virtualization, pengguna bisa menjalankan Linux. Menariknya lagi, karena memiliki kemiripan arsitekturnya, pengguna bisa memakai aplikasi iOS dan iPadOS di macOS. Pengembang tanpa perlu memodifikasinya lagi di aplikasi tersebut.

Demikian 18 pengumuman terbesar dari pengembang Apple pada acara WWDC 2020 yang disiarkan secara online. Itu adalah pengumuman di hari pertama, bisa jadi masih banyak lagi pembaruan-pembaruan yang dilakukan oleh Apple. Tunggu saja BlackPals, event ini masih akan berlanjut hingga tanggal 26 Juni 2020. [asl/timBX]

Tags :

#
wwdc 2020,
#
pembaruan apple,
#
ios 14,
#
macos,
#
ipados 14