MENU
icon label
image label
blacklogo

Hindari Mengganti Baterai iPhone di Luar Dealer Resmi Mulai Sekarang

AUG 12, 2019@10:10 WIB | 100 Views

Bukan rahasia lagi bahwa Apple bukan penggemar pusat perbaikan pihak ketiga. Ada banyak alasan mengapa ini bisa terjadi. Pertama adalah permasalahan di mana pusat perbaikan pihak ketiga mungkin tidak mengikuti protokol yang sama yang digunakan oleh Apple yang selanjutnya dapat merusak perangkat mereka. Lalu ada juga kemungkinan bahwa mereka khawatir jika menggunakan komponen yang tidak asli dapat menghasilkan pengalaman yang berbeda bagi pengguna produknya.

Bisa juga hanya keserakahan, di mana Apple hanya ingin Anda membayar lagi untuk perbaikan dan bayaran itu hanya untuk mereka saja. Apapun alasannya, yang jelas sekarang tampaknya Apple akan membuat perbaikan pihak ketiga menjadi lebih sulit, setidaknya sejauh menyangkut penggantian baterai iPhone.

Jadi jika Anda mencoba mengganti baterai iPhone XS, XS Max atau XR dengan baterai Apple nonresmi atau bahkan baterai asli di pusat perbaikan pihak ketiga, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan. Dalam laporan dari iFixit, tampaknya jika Anda mengganti baterai iPhone Anda di pusat pihak ketiga, di bawah bagian Health Battery di pengaturan iPhone Anda, alih-alih menunjukkan persentase kesehatan baterai Anda, itu akan menunjukkan “ Service".

Pesan "Service" ini biasanya muncul ketika baterai Anda telah menurun ke titik di mana ia perlu diganti. Tetapi dalam kasus ini, pesan muncul bahkan ketika baterai baru telah dimasukkan. Ini juga tidak terkecuali bahkan jikalau baterai yang dipasangkan sebenarnya sebuah produk Apple asli.

Artinya, jika Anda mengirim iPhone ke pusat perbaikan resmi, teknisi akan memiliki kemampuan untuk "mengotorisasi" proses perbaikan dan menghapus pesan "Service". Menurut iFixit indikator “Service" ini setara dengan lampu "Check Oil" di mobil keluaran Ford jika Anda mengganti oli di bengkel nonresmi atau bahkan secara pribadi sendiri, dan hanya dapat direset oleh dealer resmi Ford.

Sepertinya kini ada mikrokontroler pada baterai itu sendiri untuk mendorong informasi ke iPhone dan Apple berbasis versi chip yang digunakan, dan pada saatnya akan mengotentikasi pasangan baterai dengan logic board. Untuk mengganti pasangan itu sekarang hanya dapat dilakukan di pusat perbaikan layanan resmi.

Meski demikian, selain pesan “Service” dan iPhone Anda tidak dapat memverifikasi apakah baterai asli atau tidak sehingga tidak akan memberi Anda informasi tentang kesehatan baterai, sepertinya tidak ada restriksi lain sementara ini. Itu berarti Anda masih dapat menggunakan telepon Anda dan fungsionalitas baterai tidak akan dibatasi dengan cara apapun, namun Anda tidak akan dapat melihat kapan waktunya untuk penggantian.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
apple,
#
iphone,
#
baterai iphone