MENU
icon label
image label
blacklogo

Gorilla Glass dari Corning Khusus untuk Ponsel Anda

JUL 27, 2020@18:00 WIB | 114 Views

Melansir The Verge, Corning, perusahaan pembuat Gorilla Glass, merilis versi terbaru dari kaca pelapis dan pelindung layar gadget bikinan mereka. Alih-alih diikuti dengan angka yang mewakili generasinya, seperti Gorilla Glass 5 atau 6, perusahaan ini memberi nama baru, yaitu " Gorilla Glass Victus". Dijanjikan bakal aman meski jatuh dari ketinggian 6 kaki pelapis ini akan menjadi kaca anti gores.

Sean Hollister menjelaskan pembuatan Gorilla Glass menggunakan kekuatannya untuk merasionalisasi sehingga membuat kaca ponsel lebih tipis, menciptakan catch-22 yang bisa mengurangi daya tahan.

Kita akan melihat bagaimana aplikasi dari kaca yang baru itu bekerja, dan mungkin dengan banyak titik data karena Gorilla Glass ditemukan dalam lusinan, bahkan mungkin ratusan. Tentu saja diterapkan pada model ponsel cerdas. Salah satunya Apple,adalah salah satu klien utama untuk Gorilla Glass.

Corning, yang dulu dikenal sebagai Corning Glass Works dan bertanggung jawab atas Pyrex dan CorningWare, adalah perusahaan dengan pengalaman lebih dari satu abad dengan peralatan gelas yang tahan lama.

Gorilla Glass dibuat oleh proses yang disebut annealment, mirip (tetapi tidak sama dengan) tempering. Kedua proses menggunakan pemanasan dan pendinginan untuk menguatkan kaca, tetapi di mana anil memungkinkan kaca yang dipanaskan turun ke suhu ruangan secara alami, sedangkan temper menurunkan suhu dengan cepat.

Pyrex

Pyrex sebenarnya adalah kaca tempered. Di pabrik, para pekerja mencampur potongan-potongan Pyrex yang pecah dan dilebur ke dalam kumpulan gelas baru, membantu mendorong reaksi suhu lebih efisien. Sebuah proses yang tidak jauh berbeda dengan metode penyemaian coklat tempering. Tungku yang mencampur, menuangkan, memoles, dan akhirnya membuat potongan Pyrex mencapai lebih dari 2.000 derajat Fahrenheit.

Proses fusi

Gorilla Glass mengalami “proprietary fusion manufacturing process” di Corning, yang mencerminkan 100 tahun ilmu pengetahuan dan pengembangan yang berlalu sejak PYREX pertama dikenalkan tahun 1915. Jika proses PYREX memiliki unsur yang sama dengan tempering Chocolate lalu dikeluarkan dalam bentuk lembaran tipis maka bentuk Gorilla Glass akan menyerupai pasta. Lembaran mikro-tipis kemudian dipotong menjadi bentuk yang tepat kemudian mengalami proses "pertukaran ion."

Pertukaran ion adalah proses penguatan kimia di mana ion besar "diisi" ke permukaan kaca, menciptakan keadaan kompresi. Gorilla Glass dirancang khusus untuk memaksimalkan perilaku ini.

Corning mengatakan kompresi adalah di mana kekuatan dan ketahanan terakumulasi. Memang tidak disarankan untuk menjatuhkan ponsel Anda dari ketinggian tapi setidaknya informasi ini menenangkan. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
gorilla glass,
#
pelindung layar smartphone,
#
corning glass works,
#
gadget,
#
pyrex