MENU
icon label
image label
blacklogo

Fitur Akurasi Monitoring Oksigen Darah Apple Watch Series 6, Maksimalkah?

OCT 02, 2020@13:00 WIB | 142 Views

Apple Watch Series 6 sebagai pembaruan berkelanjutan dari Apple Watch Series 5 tetap bertahan sebagai jam tangan pintar teratas. Kehadirannya hampir setahun dari pendahulunya. Kendati ada sejumlah peningkatan teknologi pada perangkat ini namun tidak begitu signifikan.

Nampaknya, Apple Watch Series 6 diperuntukkan bagi konsumen baru yang belum pernah menggunakan Apple Watch Series 5. Tentunya, peningkatan kecil dari tahun ke tahun menegaskan posisi Apple Watch sebagai jam tangan pintar yang menawarkan tingkat integrasi dan kecanggihan kepada pengguna iPhone yang tidak dapat dilakukan oleh jam tangan pintar lainnya.

Layaknya iterasi sebelumnya, Apple Watch Series 6 menawarkan beberapa fitur gaya hidup, kebugaran, dan kesehatan yang menarik, mulai dari latihan dan pelacakan tidur (baru) hingga pembayaran nirsentuh dan pemantauan detak jantung dan EKG, semua dibalut dalam paket super ramping yang menjanjikan dan mudah digunakan.

Peningkatan penting yang dilakukan terhadap Apple Watch Series 6 ialah fitur monitoring kadar oksigen dalam darah. Fitur ini menjadi sangat berguna bagi para penggunya di tengah pandemi Covid-19. Di mana pengguna dengan keberadaan fitur ini dapat mengetahui kadar oksigen dalam darah sehingga bisa meminimalisir kemungkinan happy hypoxia.

Kendati demikian, fakta membuktikan bahwa, menganalisa melalui pergelangan tangan bukanlah cara paling baik untuk mengetahui kadar oksigen dalam darah. Namun sebagai stimulus, fitur monitoring kadar oksigen dalam darah di Apple Watch Series 6 ini tentu tetap bermanfaat.

Seorang YouTuber di bidang teknologi, Dave Lee mengungkapkan bahwa Apple Watch Series 6 merupakan jam tanga pintar yang ia inginkan bahkan untuk ia pakai selam lima tahun. Ia telah membeli Apple Watch generasi pertama. Namun ia mengaku tidak benar-benar menyukainya dari segi penampilan dan fungsi bagi hidupnya.

Dave mengatakan dua hal yang membuat dia tertarik memiliki Apple Watch Series 6. Pertama, sensor oksigen darah yang bisa mengukur saturasi O2 dalam darah. Kedua, merupakan alasan yang sifatnya pribadi—mengingat usianya sudah 39 tahun menjelang 40 tahun beberapa bulan ke depan—yaitu pentingnya kesehatan tubuh mulai dari kebiasaan tidur hingga kesehatan jantung. Untuk itu dia butuh alat bantu untuk mendukung kesehatannya.

Mula-mula Dave menyinggung soal Oximeter atau alat pengukur kadar oksigen pada umumnya yang juga menggunakan ujung jari. Namun, terlebih dahulu, Dave tertarik membahas tentang Solo Loop—tali jam tangan Apple Watch dengan desain terbaru yang diterapkan pada Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE. Desain yang digunakan adalah talu jam dengan bahan elastis dan bentuk utuh tanpa kuncian atau buckle. Desain Solo Loop inilah yang juga bikin Dave tertarik dan menurutnya lebih nyaman dari tali dengan buckle. Di samping memang lebih mudah saat hendaka memakai dan melepaskannya.

Perihal sensor oksigen darah, Dave sebagai teknisi alat medis rumah sakit mengatakan, bahwa akurasi fitur andalan Apple Watch terbaru itu ternyata menurun ketika dipakai di pergelangan. Penyebabnya ialah cara kerja sensornya memantulkan cahaya yang mengenai sel darah dalam arteri dan pergelangan tangan terutama bagian atas bukanlah lokasi yang terbaik. Walaupun jam tangan pintar ini berguna, bagi Dave tak sepenuhnya dapat diandalkan.

Namun, Dave membeberkan cara paling gampang untuk meningkatkan akurasi monitoring oksigen dalam darah di Apple Watch Series 6. Cukup sederhana, seperti yang diperagakan oleh Dave Lee, lepas Apple Watch dari pergelangan tangan, lalu tempelkan sensor di ujung jari. Metode ini mirip dengan cara kerja Oximeter atau alat pengukur kadar oksigen pada umumnya yang juga menggunakan ujung jari.

Dave Lee menegaskan bahwa akurasi dari Apple Watch meningkat dan kurang lebih sama dengan Oximeter. Hasilnya lebih akurat dan jarang ia mengalami hasil yang fatal. Hanya saja, pengguna akan lebih menggunakan Apple Watch langsung karena sudah terbiasa memakainya di pergelangan tangan. Harus diakui bahwa fitur ini adalah fitur utama dari Apple Watch Series 6. [asl/timBX]

Tags :

#
apple watch series 6,
#
oximeter,
#
sensor oksigen darah,
#
fitur apple watch series 6,
#
spesifikasi apple watch series 6