MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Watch Series 6 Miliki Kemampuan Mengukur Tingkat Oksigen Darah

SEP 17, 2020@13:30 WIB | 180 Views

Produk Apple terbaru ini termasuk model Product (RED) untuk pertama kalinya. Apple telah mengumumkan Apple Watch Series 6, yang terbaru dari jajaran jam tangan pintar populernya. Model Seri 6 mempertahankan desain keseluruhan yang sama dengan Apple Watch Series 4 dan dilanjutkan dengan Seri 5. Tetapi model ini menambahkan berbagai sensor baru untuk memungkinkan hal-hal seperti pemantauan oksigen darah dan pelacakan tidur yang lebih baik.

Apple mengatakan Seri 6 dapat mengukur kadar oksigen darah dalam waktu sekitar 15 detik, menggunakan cahaya merah dan inframerah. Perusahaan mengatakan bermitra dengan jaringan kesehatan untuk memulai studi skala besar pada fitur pengukuran oksigen darah, termasuk pengujian deteksi jika seseorang terinfeksi COVID-19.

Seri 6 dapat mengukur kadar oksigen darah dalam waktu sekitar 15 detik.

Seri 6 juga hadir dengan prosesor S6 baru, yang menjanjikan kinerja hingga 20 persen lebih cepat. Ini didasarkan pada chip A13 internal Apple dan membawa pembaruan besar pertama untuk kinerja Apple Watch sejak Seri 4. Perlu diingat model Seri 5 (2019) menggunakan CPU S4 yang sama (diganti merek menjadi S5 dengan tambahan lain seperti kompas dan pengontrol tampilan baru). Apple mengatakan memberikan peningkatan kinerja ini dengan tetap mempertahankan masa pakai baterai 18 jam dari model sebelumnya. Seri 6 dapat mengisi ulang lebih cepat, dari nol hingga penuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Layar yang selalu menyala dikatakan 2,5 kali lebih terang daripada yang ada di Seri 5, jadi lebih mudah dibaca saat lengan Anda di atas meja atau saat di luar ruangan. Sekarang juga memungkinkan untuk mengakses notifikasi, Pusat Kontrol, mengubah tampilan jam, atau mengetuk komplikasi tanpa membangunkan layar sepenuhnya.

Sensor baru lainnya adalah altimeter selalu aktif, yang memberikan informasi ketinggian waktu nyata. Apple mengatakan itu akurat hingga satu kaki pengukuran. Terakhir, Apple mengatakan bahwa Seri 6 memiliki chip ultrawideband U1 yang sama dengan yang pertama kali memulai debutnya di lini iPhone 11. Meski demikian mereka tidak menjelaskan bagaimana akan digunakan oleh Apple Watch, selain untuk "mendukung pengalaman baru, seperti fungsi kunci mobil digital."

Anda bisa mendapatkan Seri 6 dengan lapisan warna abu-abu, perak, emas, atau biru aluminium atau versi Produk (RED) baru yang memiliki lapisan merah yang mencolok. Model baja tahan karat tersedia dalam grafit, emas kuning, atau perak. Model Edisi paling atas tersedia dalam titanium alami atau hitam, tetapi tidak ada opsi keramik tahun ini.

Apple mengatakan model aluminium terbuat dari 100 persen aluminium daur ulang, sama seperti model MacBook Pro terbaru. Selain itu, Apple mengumumkan tali baru yang disebut "Solo Loop" yang terbuat dari satu bagian silikon, tanpa gesper atau penyesuaian. Ini tersedia dalam berbagai gaya dan tujuh warna berbeda. Ada juga Solo Loop yang dikepang dari bahan benang yang tersedia dalam lima warna. Pada akhirnya, Apple merilis tali pengikat kulit baru.

Seri 6 akan dioperasikan watchOS 7, yang diungkapkan Apple di WWDC awal tahun ini. Pembaruan perangkat lunak - tersedia untuk semua model yang berasal dari Seri 3  ditambah fitur pelacakan tidur asli, tetapi Seri 6 akan menggunakan fitur itu lebih jauh lagi berkat sensor khusus. Pembaruan besar lainnya yang datang di watchOS 7 termasuk aplikasi Kebugaran bermerek dengan latihan baru, fitur cuci tangan yang disesuaikan untuk pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, komplikasi yang lebih kaya, dan kemampuan untuk berbagi tampilan jam dengan orang lain.

Selain itu, Apple meluncurkan fitur baru yang disebut Pengaturan Keluarga, yang memungkinkan orang tua menyiapkan Jam Tangan Apple terkelola untuk anak-anak mereka yang tidak memiliki iPhone sendiri. Orang tua akan dapat mengatur siapa yang dapat dikirimi pesan atau panggilan oleh anak dari jam tangan, mengatur peringatan lokasi, dan menambahkan mode jangan ganggu untuk waktu sekolah. Tampilan jam baru akan memberi tahu guru bahwa jam tangan dalam mode DND. Pengaturan Keluarga memerlukan model Apple Watch seluler dan akan tersedia melalui beberapa operator.

Apple juga meluncurkan layanan baru untuk Apple Watch yang disebut Fitness Plus, layanan berlangganan untuk latihan virtual dan fitur pelacakan kebugaran. Biayanya $ 9,99 (150 Ribu Rupiah) per bulan atau $ 79,99 (1,2 Juta Rupiah) per tahun. Fitness Plus juga dapat dibeli dalam satu paket, yang disebut Apple One, dengan layanan langganan Apple lainnya, seperti Apple Music, News Plus, dan TV Plus.

Apple Watch Series 6 akan tersedia dalam harga mulai dari $ 399 (6 Jut Rupiah) untuk model 40mm, harga yang sama dengan Seri 5. Model seluler mulai dari $ 499 (7,5 Juta Rupiah) . Seri 6 tersedia untuk dipesan mulai hari ini, 15 September, dan akan mulai dikirim pada hari Jumat, 18 September. Sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi pemborosan, Apple mengatakan tidak akan menyertakan adaptor daya USB di dalam kotak dengan jam tangan Seri 6, hanya kabel pengisi daya.

Bersamaan dengan Seri 6, Apple juga mengumumkan Apple Watch SE, model berbiaya rendah yang memiliki fitur Seri 5 tahun lalu. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
apple watch series 6,
#
apple