MENU
icon label
image label
blacklogo

Dibandingkan Xbox Series X, PS5 Lebih Unggul

DEC 01, 2020@09:30 WIB | 406 Views

Microsoft dengan bangga mendiskusikan seberapa kuat konsol mereka, Xbox Series X, selama berbulan-bulan. Harus diakui bahwa di atas kertas, Xbox Series X memang terlihat lebih bertenaga dibandingkan PS5. Namun dalam praktik yang dilakukan oleh Digital Foundry, dilaporkan bahwa PS5 mengungguli konsol Microsoft.

Ketika diuji coba pada game Devil May Cry 5, Xbox Series X sedikit memimpin dalam mode kinerja 4K dan penelurusan sinar. Sementara mode laju bingkai tinggi berjalan jauh lebih baik pada PS5, dengan celah laju bingkai antara kedua sistem pada lebih dari 40fps di beberapa adegan.

'

“Penurunan terlihat sangat aneh bagi saya, dan ini menunjukkan kepada saya semacam batasan API di sisi Xbox di mana GPU ditahan oleh sesuatu,” saran editor Digital Foundry, Richard Leadbetter. Penurunan ini penting, karena penurunan tiba-tiba berarti pemain yang jatuh lebih jelas. Tampilan kecepatan refresh variabel dapat membantu merapikan hal ini, tetapi jika penurunannya signifikan, Anda masih akan merasakan perubahan dalam frekuensi gambar.

Devil May Cry 5 juga menawarkan mode kualitas pelacakan sinar, di mana Xbox Series X tidak menunjukkan keunggulan yang signifikan. “Saya tidak benar-benar memiliki penjelasan teknis untuk itu, kecuali pengertian yang Anda dapatkan di sini adalah bahwa spesifikasi PlayStation 5 melebihi bobotnya, dan ada sesuatu dengan Xbox – yang di atas kertas setidaknya harus jauh di depan,” tambah Leadbetter.

Di tempat lain, Microsoft memiliki kesepakatan pemasaran untuk Assasin’s Creed Valhalla sehingga tak heran bila Anda beranggapan Xbox Series X adalah tempat terbaik memainkan game itu. Namun PS5 kembali mengungguli. Digital Foundry menemukan bahwa Valhalla versi Xbox Series X memiliki banyak screen tearing dan penurunan reguler di bawah 60fps, sementara di PS5 berjalan jauh lebih lancar.

Xbox juga tertinggal dari PS5 dalam hal kualitas gambar dan resolusi di Dirt 5. Versi PS5 mendapatkan penyaringan tekstur yang lebih baik dan resolusi rata-rata sedikit lebih tinggi.

Call of Duty : Black Ops Cold War juga menunjukkan perbedaan antara konsol. Ini menunjukkan keunggulan untuk Xbox dalam kinerja pelacakan sinar dengan memegang 60fps, sedangkan PS5 turun ke 40fps.

Semua perbandingan ini menunjukkan bahwa Xbox Series X tidak mengungguli PS5 dalam banyak skenariom dan seringkali konsol Sony ini justru memimpin. Beberapa dari perbedaan ini mungkin disebabkan oleh bug, namun tentu saja ada hal yang lebih rumit. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
microsoft,
#
xbox series x,
#
ps5