MENU
icon label
image label
blacklogo

Deretan Penghargaan Teknologi Forbes 2020

JAN 06, 2021@14:30 WIB | 229 Views

Tahun ini, Forbes secara perdana mengumumkan pilihannya untuk Penghargaan Teknologi Forbes 2020. Mereka mengakui produk terbaik, orang-orang paling menarik di industri, dan perusahaan paling inovatif dari tahun yang bergejolak.

Produk Terbaik: Ring Light

Pandemi Covid-19 yang terjadi di sepanjang 2020 menyebabkan aktivitas dari rumah merajalela. Koneksi via zoom pun menjadi tempat yang dibutuhkan untuk tampil rapi dihadapan para kolega, rekan, murid, keluarga, atau siapa saja. Berkat kedatangan ring light, siapapun dapat terlihat segar dalam rapat pagi hanya dengan harga sekitar $15 dolar AS atau kurang dari Rp200 ribu rupiah.

Pendatang Baru Paling Menarik: Setelan antitrust Facebook

Delapan tahun setelah Facebook mengakuisisi Instagram seharga $1 miliar (Rp13,9 trilyun), media sosial tersebut menghadapi tuntutan hukum federal dan negara bagian. Mereka menuduh perusahaan tersebut menghancurkan persaingan, membatasi pilihan konsumen dan menguangkan data pribadi.

Inovator Paling Mengganggu: Makers

“Awal tahun 2020 belum ada APD; tidak ada masker, tidak ada pelindung wajah, atau perangkat / sensor medis jalur cepat, yang diperlukan saat pandemi mulai dan melonjak, "kata Limor Fried, CEO Adafruit.

Perusahaan percetakan 3D independen pun mengatur pasokan pekerja garis depan covid-19 di komunitas di seluruh Amerika Serikat, yang menghadapi persediaan yang semakin menipis. “Dengan printer 3D, desain dan manufaktur open source di AS, jutaan APD dikirimkan ke staf medis,” kata Fried.

Perusahaan Luar Biasa: Zoom

Dalam waktu kurang dari setahun, Zoom beralih dari alat konferensi video khusus menjadi aplikasi pilihan dunia kerja. 10 juta pengguna pada Desember 2019 meningkat pesat jadi 200 juta di bulan Maret 2020. Pada bulan November, Zoom melaporkan pendapatan $780 juta dolar AS atau Rp10,8 trilyun rupiah, dengan perusahaan melipatgandakan penjualannya dari tahun ke tahun.

Annus Horibilis: Aplikasi Peringatan Kontak Covid-19

Pada bulan Desember, California, menjadi negara bagian ke-21, bersama Jerman, Inggris Raya, dan Kanada, memperkenalkan aplikasi ponsel cerdas peringatan kontak Covid-19. Aplikasi ini menggunakan Bluetooth dan data yang dianonimkan, untuk mendeteksi dan menyimpan sementara kedekatan pengguna. Data ini dibagikan dengan pejabat perawatan kesehatan masyarakat jika pengguna dinyatakan positif Covid-19. Meski terdengar inovatif, namun cukuplah untuk mengatakan, bahwa ini belum sepenuhnya berhasil.

Forbes Forecast: New Normal

Kebiasaan yang tumbuh selama karantina ternyata tidak mudah ditinggalkan. Mulai dari kenyamanan belanja online hingga keajaiban TikTok membunuh waktu. Begitu pula dengan nasib rapat online versus kembali ke kantor. Tampaknya 2021 bukan tahun yang tepat untuk sepenuhnya kembali normal.

Tokoh Teknologi Forbes Tahun Ini: Rebekah Jones

Ilmuwan data yang bertanggung jawab atas dasbor pelacakan Covid-19 menjadi perhatian nasional pada bulan Desember. Rebekah Jones disorot setelah polisi menggerebek rumahnya dengan senjata terhunus dan menyita komputer serta ponsel cerdasnya.

Rebekah Jones meluncurkan dasbor pelacakan Covid-19 independen dan dasbor yang melacak kasus di sekolah. Terlepas dari tindakan ilegal yang dianggap menyalah privasi, dia adalah teknolog terbaru pengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh pemerintah selama Covid-19. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
penghargaan teknologi forbes 2020,
#
teknologi inovatif,
#
ring light,
#
zoom