MENU
icon label
image label
blacklogo

Dengan Parallels Desktop, Windows Apps Bisa Jalan di Chromebook

OCT 21, 2020@14:00 WIB | 105 Views

Mungkin ini kabar gembira buat kalangan bisnis karena hal ini bisa memudahkan atau bahkan meningkatkan perfoma kinerja mereka. Ya, sekarang ini sudah ada akses ke aplikasi Windows di Chrome OS sebab Google telah menghadirkan dukungan aplikasi Windows ke Chromebook melalui kemitraan dengan Parallels. Pertama kali diumumkan pada awal tahun ini, Chrome OS sekarang akan mem-boot Windows versi lengkap di dalam mesin virtual untuk mendapatkan akses ke aplikasi desktop yang ada. Dirancang untuk bisnis, yang berarti hanya pelanggan perusahaan yang dapat membeli aplikasi dengan harga USD$ 69,99 (sekitar 1 jutaan Rupiah) per pengguna.

Parallels Desktop for Chromebook Enterprise ini akan meluncurkan salinan penuh Windows, yang memungkinkan sistem operasi Microsoft untuk duduk berdampingan dengan Chrome OS dan aplikasi Android. Chrome OS bahkan mengalihkan jenis file Windows tertentu langsung ke instance Parallels untuk mempermudah peluncuran file yang biasanya Anda gunakan untuk aplikasi desktop.

Integrasinya tidak semulus mode Koherensi yang biasanya ditemukan di Parallels Desktop, yang memungkinkan Anda menyematkan aplikasi Windows ke dok macOS dan menjalankannya tanpa melihat desktop dan taskbar Windows penuh. Ini merupakan versi rilis awal 1.0, dan beberapa dari Chrome OS yang lebih dalam lagi dan integrasi aplikasi Windows akan datang seiring waktu.

Di sini Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi Windows lengkap di dalam mesin virtual Parallels Desktop ini saat Anda offline. Baik Parallels dan Google telah bekerja sama untuk mengaktifkan fitur seperti papan klip bersama, profil pengguna bersama, dan folder khusus. Ini memungkinkan Anda berbagi file antara instance Windows dan Chrome OS dan bahkan mengizinkan link web dalam instance Windows untuk membuka browser Chrome yang merupakan bagian utama dari Chrome OS.

Berbagai jenis printer yang didukung di Chrome OS juga akan tersedia di Windows, tetapi untuk kamera web, mikrofon, dan perangkat USB lainnya masih belum didukung di dalam Windows. Parallels bekerja untuk mengaktifkan periferal USB dan webcam di pembaruan mendatang.

Parallels Desktop for Chromebook Enterprise akan terbatas pada apa yang disebut Google sebagai Chromebook "untuk penggunaan daya". Ini biasanya dikirimkan dengan prosesor Intel Core i5 atau Core i7 dan 8GB RAM untuk perangkat dengan kipas atau 16GB RAM untuk model tanpa kipas. Kebanyakan Chromebook modern akan mendukung Parallels.

Dan para Admin IT akan dapat menggunakan konsol Admin Google untuk mengaktifkan Parallels pada perangkat yang kompatibel dan akan membutuhkan lisensi Windows 10 untuk mengonfigurasi perangkat. Google juga meningkatkan bagaimana kalangan bisnis dapat menggunakan Chromebook, memungkinkan perangkat dibeli dari pengecer dan dikirim langsung ke karyawan. Chromebook ini akan secara otomatis dan aman dikonfigurasi untuk bergabung dengan domain saat pengguna terhubung ke Wi-Fi.

Bersamaan dengan penambahan Parallels, Google baru-baru ini juga telah melakukan beberapa perbaikan pada cara kita menggunakan Chrome OS. Diantaranya adalah fitur Virtual Desks hingga bisa mempermudah dalam menyeret aplikasi dan jendela individual ke desktop virtual tempat kita dapat beralih. Tampilan layar terpisah, yang sangat mirip dengan Windows 10, juga memungkinkan kita mengatur aplikasi secara berdampingan atau memindahkannya di antara tampilan eksternal sekarang. Kini Google tengah bersiap untuk event Chrome Dev Summit pada bulan Desember, dan khususnya Hari Demo Chrome OS pada 3 Desember, yang mana di sana kita mungkin bisa mendengar lebih banyak tentang fitur baru Chrome OS dan browser Chrome lebih detail. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
parallels desktop,
#
windows apps,
#
chromebook,
#
chromebook enterprise,
#
chrome os,
#
teknologi inovatif