MENU
icon label
image label
blacklogo

Daftar Inovasi Gadget Terbaik 2020

DEC 08, 2020@08:30 WIB | 303 Views

Setiap tahunnya kita cukup banyak dihadirkan dengan produk gadget yang inovatif. Bahkan beberapa diantaranya hadir dengan peningkatan tenaga, peningkatan efisiensi, dan sederet fitur-fitur baru yang terlihat bagus pada lembar spesifikasi. Peningkatan tersebut biasanya disertai dengan kenaikan harga, tetapi beberapanya layak dijadikan yang terbaik pada tahun ini karena berhasil menawarkan peningkatan teknologi menarik dengan biaya yang jauh lebih murah daripada pendahulunya atau pesaing.

Berikut ini daftar inovasi gadget terbaik 2020 :

GeForce RTX 3080 - NVIDIA

Ini merupakan kartu grafis yang inovatif, terutama untuk permainan game. Ya, september lalu  NVIDIA menyelesaikan siklus dengan kartu grafis RTX 3080-nya. Dengan harga $ 699, 3080 lebih murah 30 persen dari pendahulunya yang seharga $ 999, namun menghasilkan lebih dari dua kali lipat daya. Itu diterjemahkan ke dalam game 4K dengan frekuensi gambar tinggi. Kartu baru ini cukup kokoh untuk memungkinkan kinerja 120 frame per detik di headset VR seperti Valve Index untuk gerakan yang sangat mulus selama menjalankan tugas apa pun. Ini juga mengurangi waktu rendering pada pemodelan 3D atau proyek video hingga 20 persen atau lebih. Nvidia menjejalkan semua kecepatan itu dengan mendesain ulang arsitektur GPU sepenuhnya dan mengecilkan inti komputasi agar sesuai dengan lebih dari dua kali lipat jumlahnya juga dengan desain sistem pedingin baru.

Magic Keyboard - Apple

Apple merancang lengan kantilever pada Magic Keyboard-nya yang dapat dengan kuat menahan iPad Pro atau iPad Air di segala sudut, dari tegak hingga bersandar, tergantung pada tugas atau pengaturan tempat duduk Anda. Mekanisme gunting baru di bawah setiap tombol dengan lampu latar juga memberikan kenyamanan perjalanan 1mm untuk penekanan tombol yang memuaskan. Ini juga memiliki port USB-C internal yang melalui pengisi daya ke iPad Anda segera setelah Anda menghubungkannya melalui dudukan magnet.

Blackmagic Ursa Mini Pro 12k

Kamera bioskop yang tahan masa depan.

Meskipun TV kelas atas baru saja mulai beralih ke dunia pemutaran ultra-HD 8K, kamera bioskop Blackmagic telah memberikan video 12K, dimana setiap framenya hampir 80 megapiksel dengan resolusi 12.288 x 6.480. Kejernihan itu ada gunanya bahkan saat cinephiles menunggu layar menyusul. Misalnya, penembak dapat menggunakan semua piksel tersebut untuk merekam rekaman 4K atau 8K yang lebih detail, atau merekam dalam resolusi penuh dan memotong selama pascaproduksi tanpa mengorbankan kualitas gambar. Dan karena algoritme kompresi hiper-efisien baru Blackmagic, Anda tidak memerlukan desktop yang harganya jauh lebih mahal.

ROG Zephyrus 14 - Asus

Ini merupakan laptop super portabel yang sangat kuat. Asus bekerja sama dengan AMD untuk membuat laptop pertama dengan chip 4900HS super cepat tahun ini. Ini juga dibekali dengan kartu grafis RTX 2060 Nvidia, Zephyrus 3,5 pon menghasilkan tingkat daya komputasi yang setara dengan desktop game. Layar 14 inci tampilan 120 Hz dan NVMe solid-state drive memindahkan data tanpa jeda. Dan terlepas dari semua kekuatannya, Zephyrus masih mampu memberikan masa pakai baterai lebih dari sembilan jam untuk tugas sehari-hari, yang menempatkannya di kelasnya sendiri dalam hal menyeimbangkan daya dengan kegunaan keseluruhan.

MagSafe - Apple

Ini adalah alat kecil pengisian daya nirkabel berfungsi paling baik saat Anda menempatkan perangkat langsung di atas koil induksi. Apple memastikan bahwa iPhone 12 baru dan konektor MagSafe-nya akan mencapai sweet spot setiap saat dengan menggunakan cincin magnet yang kuat untuk menyejajarkan pengisi daya dan perangkat seluler dengan sempurna. Anda pun tidak perlu melepas aksesori laiinya, seperti casing. Bahkan ini mengurangi pembentukan panas, dan waktu pengisian daya hingga 50 persen lebih cepat dibandingkan dengan alas nirkabel pada umumnya.

Android 11 Voice Access - Google

Beberapa pengguna — terutama mereka yang memiliki gangguan penglihatan atau masalah mobilitas — mengandalkan perintah suara untuk menangani hampir semua tugas di ponsel mereka. Biasanya, ini memerlukan sistem operasi untuk menetapkan nilai numerik ke setiap elemen di layar. Tetapi Android 11 dapat mengurai apa yang terjadi di tampilan, memungkinkan pengguna untuk merujuk ke aplikasi berdasarkan nama daripada harus mengurai angka-angka yang berubah-ubah. Penguraian semantik semacam ini juga memungkinkan perangkat lunak mengidentifikasi dan berinteraksi dengan elemen individual laman web — seperti gambar dan bidang teks — untuk navigasi yang lebih mudah di seluruh web. Ini berfungsi dengan akurasi yang mengesankan di berbagai aplikasi, dan kemampuannya akan bisa berkembang di generasi mendatang.

Adaptive frequency display - Samsung

Semakin sering layar ponsel Anda disegarkan, semakin mulus tampilannya saat Anda menggeser perangkat. Itu enak dipandang, tapi bisa menguras baterai. Masalah itu sukses dipecahkan Samsung melalui fitur Adaptive frequency display. Ini debut dengan Galaxy Note 20, dimana ponsel itu dapat menyegarkan layarnya hingga 120 kali per detik selama aktivitas intensif gerakan seperti menggulir atau bermain game (Itu dua kali frekuensi yang ditemukan di kebanyakan ponsel.). Namun jika Anda melihat gambar statis atau teks bacaan, secara otomatis turun hingga 10 penyegaran per detik untuk mengurangi penggunaan baterai hingga 60 persen. Bahkan tanpa menyesuaikan gerakan halus, layar OLED pintar menjanjikan penghematan daya keseluruhan lebih dari 20 persen dibandingkan dengan layar rata-rata, yang berarti Anda benar-benar dapat menikmati visual yang memukau tanpa terrlalu mencemaskan daya baterainya.

Kaleido - E Ink

Ini merupakan e-reader yang penuh warna. Ya, E Ink berhasil menghasilkan versi e-reader yang jauh baik dari sebelumnya yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan layar biasa. Layar Kaleido menawarkan 4.096 warna berkat rangkaian filter yang berada di atas lapisan tinta biasa dan menciptakan corak yang berbeda — mirip dengan cara kerja HDTV. Konsep dasar ini telah beredar selama lebih dari satu dekade, tetapi ini adalah pertama kalinya pembaca elektronik berwarna siap memasuki pasar sebagai hal lain yang menarik.

Odyssey G9 - Samsung

Jika Anda memperpanjang kurva monitor Samsung G9 selebar 49 inci untuk membuat lingkaran penuh, itu akan memiliki radius tiga kaki — pengukuran yang direpresentasikan sebagai 1.000R. Itu adalah lengkungan yang jauh lebih besar daripada tampilan lengkung biasa (sekitar 1.800R). Desainnya kurang lebih sesuai dengan bentuk mata Anda, sehingga tampilan secara alami memenuhi bidang pandang Anda tanpa membuat Anda tegang untuk melihat tepinya. Di luar bentuknya, G9 juga menjanjikan tingkat respons 1 milidetik yang cepat serta resolusi 5.120 x 1.440 — cukup untuk memuat lusinan kolom TweetDeck untuk scrolling secara maksimum.

ThinkPad X1 Fold - Lenovo

Ini merupakan layar laptop lipat pertama yang melampaui hal-hal baru. Ya, Lenovo menghabiskan lebih dari empat tahun mengembangkan ThinkPad lipatnya ini. Layar OLED telah diuji untuk membuka dan menutup dengan aman lebih dari 30.000 kali. Terbuka sepenuhnya, ini berfungsi sebagai tablet HD 13,3 inci. Atau ciutkan menjadi dua dan pasang di keyboard magnetis — yang tersimpan di layar terlipat selama pemindahan — dan Anda mendapatkan laptop lengkap yang didukung Intel. X1 Fold menjanjikan hingga 8,5 jam atau penggunaan reguler dengan sekali pengisian daya, dan telah diuji dengan standar ketangguhan yang sama seperti mesin ThinkPad Lenovo lainnya.

One R - Insta360

Kebanyakan orang mungkin tidak memerlukan kamera 360 derajat bonafide — tetapi sistem modular Insta360 menawarkan gadget yang lebih masuk akal untuk semua orang dengan melakukan tugas ganda. Dengan mod kamera aksi yang terpasang, ini adalah rig 4K dengan fitur lengkap yang tahan air hingga 15 kaki. Tukar dalam mod 360 derajat dengan sepasang lensa yang merekam rekaman surround 5,7K yang dapat Anda tonton nanti dengan headset VR atau di aplikasi VR seperti YouTube. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
rekomendasi gadget,
#
inovasi gadget terbaik 2020,
#
gadget inovatif,
#
gadget terbaik 2020

RELATED ARTICLE