MENU
icon label
image label
blacklogo

Bahan Cetak 3D Bisa Bikin Pakaian Satu Ukuran Cocok untuk Semua

SEP 08, 2020@17:00 WIB | 128 Views

Bersyukurlah jika Anda diberkati karena memiliki tubuh yang dirancang dengan berbagai jenis ukuran pakaian. Karena seringkali kita menemukan di pasaran dua toko menjual pakaian berukuran yang sama, namun ketika dikenakan bisa menjadi berbeda. Selain itu, seiring bertambah atau berkurangnya berat badan, hal itu semakin memperumit masalah saat berbelanja pakaian.

Namun, mungkin sekarang sudah ada jawaban untuk masalah itu. Karena berkat para peneliti dari Sekolah Teknik dan Ilmu Terapan (SEAS) John A. Paulson di Harvard di masa depan akan ada jawabannya. Mereka telah menciptakan bahan cetak 3D yang terbuat dari keratin (protein yang sama yang ditemukan di rambut) yang menghasilkan bahan seperti wol.

Menurut para peneliti, mereka percaya bahwa teknologi ini dapat membantu industri mode dengan mengurangi limbah, dan menciptakan pakaian yang dapat menyesuaikan dengan pemakainya. Dalam kata lain menciptakan pakaian satu ukuran untuk semua orang. Ini berarti bahwa ukuran pakaian yang lebih sedikit perlu dibuat, sehingga dapat mengurangi pemborosan bahan.

Mereka juga percaya bahwa metode ini juga dapat membantu pengguna mengganti pakaian lebih jarang. Karena secara teori, itu akan menghasilkan pakaian yang tidak terlalu melar, yang biasanya menjadi salah satu alasan mengapa pakaian perlu diganti setiap saat.  [eli/asl/timBX]

Tags :

#
bahan cetak 3d,
#
inovasi teknologi,
#
teknologi inovatif