MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Ajukan Paten Fitur Kamera untuk Apple Watch

DEC 23, 2020@10:30 WIB | 186 Views

Jajaran Apple Watch bisa dikatakan sebagai salah satu jam tangan pintar terbaik di dunia. Baru-baru ni, perusahaan menambahkan dua model lagi ke jajaran, itu adalah Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE.

Harus diakui, perusahaan memang telah menambahkan lebih banyak fitur ke jam tangan pintar untuk memastikan mereka tetap memimpin pasar. Namun, jika ada satu fitur yang hilang dari Apple Watch, maka jawabannya adalah kamera.

Saat ini memang ada alternatif dari pihak ketiga, tetapi mereka menambahkan cukup banyak beban dan bobot ke jam tangan. Namun tampaknya, Apple telah menemukan jalan keluarnya.

Dilansir AppleInsider, mereka menemukan paten yang diajukan oleh Apple, yang mungkin telah menemukan cara untuk memasukkan kamera ke Apple Watch. Menariknya, kamera itu tersembunyi di layar jam. Paten yang diajukan itu disebut dengan ‘perangkat elektronik yang memiliki sistem penginderaan biometrik tombol tertutup’.

Paten menjelaskan sistem tampilan di mana satu lapisan dapat digunakan untuk menampilkan konten layar yang sebenarnya. Sedangkan lapisan lainnya dapat bertindak sebagai pemblokir untuk menyembunyikan komponen lain, seperti kamera, saat tidak digunakan.

Menurut deskripsi paten dikatakan, ‘perangkat elektronik dapat dilengkapi dengan tampilan dua tahap’. Layar mungkin memiliki lapisan dalam dengan larik piksel untuk menampilkan gambar. Juga terdapat lapisan luar yang dibentuk dari modulator cahaya dengan larik sel, yang masing-masing dapat ditempatkan dalam mode transparan atau mode pemblokiran cahaya.

Selain itu, paten yang diajukan juga mengarah pada keberadaan Touch ID. Pada dasarnya, ini adalah istilah Apple untuk sensor sidik jari, yang dapat disematkan ke tombol samping pada jam.

Ini memungkinkan pengguna memiliki otentikasi biometrik untuk membuka kunci perangkat serta untuk melakukan pembelian. Ini dapat digunakan untuk menampung kamera depan dan sensor lainnya, sambil menyembunyikannya dan menghilangkan takik.

Teknologi yang diusulkan Apple untuk kamera di bawah layar juga harusnya berfungsi untuk perangkat lain, termasuk iPhone dan iPad. Namun uniknya, paten ini hanya berfokus pada Apple Watch.

Perlu diperhatikan bahwa pengajuan paten oleh Apple ini, bukan berarti perusahaan benar-benar memiliki perangkat seperti itu dalam pengembangan. Namun hal ini mengungkapkan bahwa Apple tertarik untuk mengeksplorasi teknologi ini dan ada kemungkinan besar bahwa fitur tersebut benar-benar tersedia di Apple Watch di tahun-tahun mendatang. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
apple watch,
#
paten fitur kamera apple,
#
apple,
#
apple watch se