MENU
icon label
image label
blacklogo

AMD Luncurkan Prosesor Gaming 16 Core Pertama di Dunia

JUN 11, 2019@13:10 WIB | 111 Views

AMD terus membuat berbagai kemajuan akhir-akhir ini. Terbaru adalah pengumuman terobosan terakhir mereka di E3 kemarin. Perusahaan tersebut secara mengejutkan mengavbarkan bahwa mereka akan segera meluncurkan prosesor gaming 16-core pertama di dunia, yang dikenal sebagai Ryzen 9 3950X.

AMD belum mengungkapkan semua spesifik, tapi inilah yang sementara dapat kita ketahui. Prosesor tersebut memiliki 16 core, 32 thread, boost speed 4.6GHz, dan clockspeed dasar 3.5GHz. Paling signifikan, ia memiliki cache 72MB dan hanya mengambil daya 105 watt.

Sejak dulu efisiensi selalu menjadi rintangan terbesar AMD. Tetapi 3950X membuktikan bahwa mereka dapat meningkatkan kecepatan clock dan jumlah core tanpa perlu menambah daya dari generasi ke-2 Ryzen 7. Di sisi lain, pesaing utama Ryzen 9, Intel Core i9-9900K, masih mencapai kecepatan clock yang lebih cepat pada tingkat TDP 95 watt.

3950X adalah entri terbaru dalam seri baru chip Ryzen 3000, berdasarkan arsitektur 7nm Zen 2 yang didesain ulang. Melintasi arsitektur Zen 2 yang baru, AMD membanggakan pencapaian kinerja yang mengesankan, baik dalam game maupun aplikasi kreatif. Dari ukuran cache L3 yang meningkat, hingga kecepatan clock yang lebih cepat di Windows 10, hingga 2nd-gen Infinity Fabric, 3950X mendapatkan manfaat dari kemajuan arsitektur dalam desain 7nm-nya. 3950X adalah kelanjutan dari Ryzen 9 3900X yang diumumkan sebelumnya, yang merupakan chip 12-core seharga 499 dolar.

“Apakah kita menunggu pesaing kita mengungkap sesuatu? Beberapa dari Anda mengajukan pertanyaan itu,” kata Dr Lisa Su, CEO AMD, pada acara pers jelang siaran langsung E3-nya. "Jawabannya adalah tidak. Sebenarnya kami memiliki niat sejak hari pertama untuk melepaskan hingga 16 core karena kami selalu ingin menjadi yang terdepan.”

AMD telah menghasilkan chip dengan lebih banyak core di jalur Threadripper, yang menawarkan hingga 32 core dan 64 thread. Namun itu bukan apa yang AMD sebut sebagai prosesor "gaming". Itu mungkin tampak sebagai sesuatu yang aneh untuk digambarkan, tetapi AMD tidak bercanda. Pada banyak pengujian menunjukkan bahwa prosesor Threadripper tidak berkinerja sebaik yang Anda harapkan dalam game karena base dan boost clockspeed-nya yang rendah dibandingkan dengan prosesor Ryzen, serta jalur Intel Core i7 dan i9.

Dibandingkan dengan prosesor Threadripper Zen +, Ryzen 9 3950X baru AMD memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi dan TDP yang jauh lebih rendah. Ciri-ciri tersebut membuatnya lebih cocok untuk bermain game, di mana kecepatan clock yang tinggi seringkali diperlukan untuk menjaga kinerja yang lancar.

Sayangnya AMD belum memberikan tanggal rilis yang tepat untuk 3950X, tetapi saat ini dijadwalkan untuk diluncurkan sekitar bulan September. Harga juga belum diumumkan.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
amd,
#
amd ryzen,
#
ryzen 3950x