MENU
icon label
image label
blacklogo

Akhir 2021 Kamera Mirrorless Canon EOS M Bisa Dihilangkan

JAN 10, 2021@11:00 WIB | 121 Views

Berdasarkan komentar resmi yang diterima dari Canon beberapa hari yang lalu, kamera mirrorless Canon EOS M diperkirakan akan dihilangkan pada akhir tahun ini. Ya, Canon EOS M series, jajaran populer kamera mirrorless APS-C kecilnya, dapat dihapus pada akhir 2021.

Rumor Canon yang dapat diandalkan tersebut mengklaim bahwa dua sumber independen "keduanya menyatakan bahwa 2021 akan menjadi tahun terakhir dari jajaran EOS M". Menurut sumber situs tersebut, Canon malah mengembangkan "beberapa kamera APS-C RF mount masa depan" untuk mengisi celah dalam jajaran kameranya. Ini bukan pertama kalinya kami mendengar desas-desus tentang kemungkinan berakhirnya seri EOS M. Spekulasi serupa muncul pada Agustus 2020, meski itu dibarengi dengan rumor tentang Canon EOS M7 baru, yang belum tiba.

Jadi mengapa rumor terus berkembang? Mungkin bukti paling jelas bahwa mereka bisa benar adalah kedatangan Canon EOS M50 Mark II baru-baru ini. Kamera tersebut tidak hanya merupakan penyegaran kecil untuk Canon EOS M50, bahkan tidak tersedia di seluruh dunia, dengan kamera saat ini tidak dijual di Eropa atau Timur Tengah.

Ada juga spekulasi yang berkembang tentang kedatangan Canon EOS R7, yang diharapkan menjadi kamera dudukan RF dengan sensor APS-C. Seri Canon EOS M saat ini semuanya memiliki sensor APS-C, tetapi dihadapkan pada dudukan EF-M yang merupakan turunan dari dudukan EF lama yang terlihat pada DSLR Canon. Semua dudukan lawas ini menambah kerumitan dan biaya bagi Canon dan pembeli kamera, jadi tentunya mungkin Canon berencana untuk meletakkan semua chipnya pada Dudukan RF, untuk kamera APS-C full-frame dan yang lebih kecil. Untuk membantu kesederhanaan ini, Canon Rumours juga mengatakan bahwa "tidak akan ada lensa RF-S untuk kamera EOS R APS-C", dengan lensa RF masa depan seperti RF 18-45mm f / 4-5.6 IS STM tampaknya menutupi kekurangan lensa APS-C khusus.

Dan pihak Canon seakan menegaskan bahwa mereka tidak akan mengomentari rumor atau spekulasi mengenai produk masa depan saat ini. Namun, Canon tetap berdedikasi untuk menyediakan fotografer, pembuat film dan pembuat konten dengan produk industri terkemuka melalui ambisi menyeluruh meeka untuk memungkinkan penceritaan yang hebat.

Bagaimana nasib pemilik EOS M?

Pertanyaan besar lainnya yang muncul dari rumor ini adalah bagaimana pemilik kamera Canon EOS M yang ada mungkin terpengaruh. Meskipun spekulasi menunjukkan bahwa Canon mungkin akan segera berhenti meluncurkan bodi seri EOS M dan lensa EF-M baru, itu tidak berarti Anda tidak akan dapat membeli dan menikmati model yang ada setelah tahun 2021.

Canon Rumors berspekulasi bahwa "EOS M akan bertahan sedikit setelah tahun 2021, karena inventaris akan tetap ada", dan itu tampaknya sangat mungkin mengingat betapa populernya beberapa model, khususnya di Jepang. Misalnya, Canon EOS M50 (atau EOS Kiss M, seperti yang dikenal di Asia) adalah kamera mirrorless terlaris ketiga di Jepang pada paruh pertama tahun 2020, menurut analis Jepang BCN Retail.

Canon juga kemungkinan akan terus mendukung kamera seri EOS M dan lensa EF-M, bahkan jika itu menghentikan R&D untuk penambahan baru pada jajarannya. Kali ini tahun lalu, Canon membuat suara yang sama tentang lensa EF selama wawancara dengan Digital Camera World, di mana Richard Shepherd (manajer senior pemasaran produk di Canon Eropa) mengatakan "fokus kami adalah pada RF" dan bahwa rencana Canon adalah "meluncurkan lebih banyak lensa RF , sambil tetap mendukung penuh sistem lensa EF ".

Mengingat rumor baru ini dan peluncuran Canon baru-baru ini, tentu tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa ini akan segera menjadi kasus serupa untuk seri EOS M. Jika Anda sudah memiliki salah satu kamera tersebut, Anda kemungkinan akan terus menerima dukungan apa pun arah seri di masa depan. Dan mengingat kamera seperti Canon EOS M50 masih menawarkan nilai yang tinggi, Anda juga tidak boleh mengesampingkan untuk membeli model yang sudah ada. Misalnya, jika Anda hanya perlu merekam video 1080p daripada 4K, EOS M50 adalah salah satu kamera vlogging terbaik yang dapat Anda beli saat ini. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
kamera mirrorless canon eos m,
#
kamera mirrorless,
#
canon eos m,
#
kamera mirrorless aps-c