MENU
icon label
image label
blacklogo

AirPods Pro atau Galaxy Buds Pro yang Lebih Baik? Yuk Lihat Klasifikasinya

FEB 05, 2021@13:00 WIB | 1,052 Views

Earbud wireless yang diproduksi oleh kedua perusahaan smartphone terbaik ini memiliki fitur yang hampir sama, mulai dari kualitas audio hingga baterainya. Walau begitu pasti ada perbedaan yang menunjukkan kekuatan dan kekurangan masing-masing.

AirPods Pro

Sebuah earbud wireless dengan ANC yang bekerja mulus di perangkat iOS dan Apple. Gadget ini mendukung audio secara spesial (virtual surround sound). Kualitas suaranya yang seimbang dan memiliki equalizer universal yang mampu mengubah suara di aplikasi. Profil suaranya lebih netral, berfungsi sesuai keinginan Anda disaat ingin digunakan untuk mendengarkan musik, dalam panggilan ataupun mendengar podcast. AirPods Pro juga lebih efektif dalam menghilangkan suara bising seperti suara kipas atau pesawat.

Dalam hal baterai, AirPods Pro lebih tahan lama. Dengan aktifnya ANC, Anda bisa mendengarkan jenis suara apapun dari aplikasi manapun dengan estimasi waktu lebih dari lima jam. Sedangkan casing-nya sendiri, Apple menawarkan total daya 24 jam yang dapat mengisi daya secara wireless ataupun dicolokkan pada Lighting.

Dilihat dari tampilannya AirPods Pro memiliki batang yang dapat diklik, menonjol keluar dari telinga dan hanya berwarna putih. Terlihat lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan Galaxy Buds Pro. Salah satu kekurangannya earbuds satu ini sensitive, jadi jika bergerak sedikit akan mengganggu. Tips yang bisa Anda gunakan apalagi saat berolahraga adalah menggunakan busa sehingga AirPods dapat terpasang dengan baik di telinga.

AirPods Pro sudah tersedia di perangkat Apple manapun dengan iOS 14. Anda bisa menggunakanannya dengan memanggil Siri untuk membantu mengontrol volume suara. AirPods juga bisa digunakan untuk Android, meskipun akan kehilangan beberapa fitur seperti spatial audio dan quick switching.

Galaxy Buds Pro

Earbud dengan suara yang bagus dan bass yang kuat ini memiliki beberapa varian warna, silver, hitam dan ungu. Kualitas profil suaranya lebih hangat. Anda bisa menyesuaikan equalizer secara manual di aplikasi Galaxy Wearable ke sejumlah preset berbeda, mulai dari bass yang kuat hingga lembut dan juga menyesuaikan ANC dari tinggi ke rendah. Audio spasial pada Buds Pro disebut Audio 360 untuk pengalaman simulated surround sound saat mendengarkan film atau acara TV. Pendukung ini hanya bisa didapatkan pada perangkat Samsung yang menjalankan One U! 3.1, seperti Samsung Galaxy S21. Salah satu kelebihan Galaxy Buds Pro yang tidak ada di AirPods Pro adalah fitur deteksi suara. Secara otomatis Buds Pro dapat menurunkan volume media Anda ketika dideteksi Anda sedang berbicara dan akan kembali ke pengaturan awal 10 detik setelah Anda berhenti.

Galaxy Buds Pro lebih unggul dalam hal daya tahan terhadap air dan keringat, dengan IPX7 yang lebih tinggi dibandingkan dengan AirPods Pro. Artinya, earbud ini dapat terendam di air tawar setinggi 1 meter selama 30 menit. Sayangnya Buds Pro hanya bisa digunakan kurang dari empat jam dengan casing yang memberikan daya selama 18 jam.

Ini adalah generasi pertama earbud Samsung yang tidak kompatibel dengan aplikasi Galaxy Wearable iOS. Sehingga pengguna selain Samsung tidak akan bisa menggunakannya. Melalui Galaxy Buds Pro Anda juga bisa mengaktifkan Google Assistant jika menekan lama pada panel.

Kedua earbud wireless ini memiliki kekuatan masing-masing, tetapi earbud terbaik untuk Anda pada akhirnya bergantung pada ponsel yang Anda gunakan. Jika Anda pengguna Android, Galaxy Buds Pro pilihannya. Sedangkan pengguna iPhone adalah AirPods Pro. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
airpods pro,
#
galaxy buds pro,
#
earbud wireless