MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple Ajukan Paten Teknologi Pencegah Kecelakaan untuk Airpods

JUL 11, 2022@11:00 WIB | 215 Views

Akhir-akhir ini, banyak yang berspekulasi terkait earbud nirkabel Apple terbaru yang akan diluncurkan berikutnya, yaitu AirPods Pro 2, yang diperkirakan akan diluncurkan akhir tahun ini. 

Apple dikabarkan akan meningkatkan AirPods terbarunya dengan fitur yang berhubungan dengan kesehatan, seperti pemantauan detak jantung. Beberapa waktu lalu, Apple kembali mengajukan paten untuk teknologi terbaru, yang memungkinkan AirPods membantu pengguna menghindari kecelakaan di jalan atau di lokasi dengan keadaan suara yang bising.

Apple akan menggunakan "sistem audio kontekstual" yang secara otomatis mengubah volume untuk memastikan pengguna dapat mendengar suara-suara "penting" (sirene atau klakson mobil), seperti yang dituliskan Apple dalam satu set paten yang diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO).

"Sistem suara latar belakang" dapat menentukan arah dan kecepatan perjalanan pengguna menggunakan data GPS dan parameter sensor lainnya yang dikumpulkan dari ponsel pengguna ataupun perangkat seperti Apple Watch, mengubah level headphone kiri atau kanan agar sesuai.

Misalnya, data GPS memberi tahu bahwa pengguna berada di dekat persimpangan jalan yang ramai, tetapi karena pengguna mengenakan AirPods di kedua telinganya, pengguna mungkin tidak mendeteksi dan mendengar lalu lintas di sekitar saat menyeberang jalan.

AirPods akan menurunkan level volume atau mungkin memberikan sedikit "gangguan" pada pemutaran musik atau apapun yang sedang didengarrkan dalam situasi ini, memperingatkan pengguna tentang lalu lintas. Saat data menunjukkan bahwa pengguna sedang berjalan di sepanjang jalan, AirPods hanya akan menurunkan volume headphone sesuai sisi jalan. Misalnya, jika jalan berada di sisi kiri pengguna, AirPods hanya akan menyesuaikan volume earphone bagian kiri.

AirPods memastikan bahwa para pengguna dapat mendengar pengumuman atau pemberitahuan darurat yang terjadi di sekitar mereka dengan menurunkan level volume headphone.

Secara bersamaan, ketika AirPods dan perangkat lain mendeteksi data tertentu, sistem dapat memutar audio alarm yang disimpan di iPhone atau Apple Watch untuk memperingatkan orang agar lebih waspada. Menurut paten yang diajukan,suara AirPods dapat dikurangi atau bahkan dijeda dalam situasi di mana pengguna harus berkonsentrasi, seperti lingkungan berbahaya, lokasi kerja, dan saat melintasi fasilitas yang berhubungan dengan pendidikan.

Paten juga menyebutkan sensor spesifik yang akan bekerja bersama dengan sensor lain di dalam iPhone atau Apple Watch untuk memantau posisi tubuh pengguna dan mengambil tindakan yang sesuai. Perlu dicatat bahwa paten tidak secara khusus menunjukkan bahwa ini untuk AirPods, melainkan mengacu pada perangkat audio yang wearabales.

Apple juga pernah mengajukan paten bernama "Wireless Ear Bud System With Pose Recognition," yang menunjukkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan sistem deteksi postur tubuh untuk AirPods, yang akan memantau sudut kemiringan kepala dan ekstensi anggota badan pengguna secara real-time. [dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
apple,
#
airpods,
#
airpods pro,
#
paten