MENU
icon label
image label
blacklogo

Aerones AD28, Drone Yang Mampu Membersihkan Gedung Pencakar Langit

JUN 17, 2021@11:00 WIB | 1,288 Views

Membersihkan jendela termasuk pekerjaan yang membosankan, apalagi jika anda bekerja sebagai pembersih jendela gedung pencakar langit, sudah pasti membosankan dan juga cukup berbahaya, kecuali jika anda memiliki drone ini.

Drone yang dimaksud adalah drone yang dikembangkan oleh Aerones, sebuah perusahaan berbasis di Latvia yang menyediakan berbagai jenis layanan menggunakan teknologi otomatis. Dron ini berjenis heavy duty drone bernama AD28, yang dirancang untuk membersihkan gedung-gedung tinggi pencakar langit. Drone ini memiliki kapasitas muatan 440 lbs. (kurang lebih 200kg). Karena dikembangkan untuk pembersihan industri, alat ini dapat beroperasi hingga dengan ketinggian lebih dari 1.100 kaki (hingga 350 meter).

Drone AD28 memiliki box frame dengan ukuran 3 X 3 meter (9,8 X 9,8 in) dan 14 rotor. Drone pembersih ini ditenagai dari darat, menggunakan air dan listrik melalui selang dan kabel. Drone ini dapat menyuntikkan air bertekanan tinggi dan sangat cocok untuk membersihkan gedung pencakar langit, memiliki tekanan yang dapat disesuaikan dari 10 hingga 500 bar untuk menyemprotkan larutan pembersih, selain itu drone ini menggunakan selang yang diperpanjang dari tanah. Drone memiliki rollers di depan yang dapat digunakan sebagai penekan jendela.

Kendaraan dikendalikan dari darat dan pilotnya dapat melihat video HD menggunakan koneksi 5G di drone. Aerones mengklaim drone lebih praktis dan lebih aman daripada menggunakan tenaga kerja manual untuk jenis layanan pembersihan jendela gedung pencakar langit ini, karena lebih cepat dan tidak ada manusia yang berisiko mengalami kecelakaan kerja. Jenis kendaraan tak berawak ini juga dapat digunakan dalam kegiatan pemadam kebakaran dan untuk aplikasi industri lainnya.

Sayangnya, perusahaan saat ini telah menghentikan semua proyek terkait drone. Proyek berbasis drone tersebut akan ditangguhkan untuk waktu yang tidak ditentukan, seperti yang dinyatakan di situs web Aerones. Perusahaan mengalihkan perhatiannya ke teknologi robot yang dirancang untuk perawatan bilah turbin angin, inspeksi, dan banyak lagi.

Kami masih berharap Aerones berubah pikiran dan kembali ke ide revolusioner pembersihan menggunakan teknologi drone, karena itu akan sangat memudahkan pekerjaan. Di New York saja ada ratusan gedung pencakar langit yang dapat memanfaatkan teknologi ini, belum lagi di seluruh dunia. [era/asl/timBX]

Tags :

#
aerones ad28,
#
drone,
#
heavy duty drone,
#
ad28,
#
teknologi inovatif